8 Tanda Rambut Ada Kutu yang Perlu Cepat Dihilangkan

Ciri rambut sehat salah satunya adalah bebas kutu selain nampak bersih, bebas ketombe, kuat dan bercahaya. Namun ketika seseorang kurang memerhatikan kebersihan rambutnya, terkadang tanpa disadari rambut jadi sarang kutu karena kurangnya perawatan. Berikut adalah tanda rambut ada kutu yang bisa dikenali dan diatasi segera agar tak makin banyak.

  1. Belakang Telinga Nampak Merah

Kutu rambut tak hanya ada menyerang kulit kepala atau berada di rambut, sebab nyatanya kutu rambut dapat pula membuat belakang telinga kemerahan. Bila bagian belakang telinga terlihat ada tanda bercak merah, inilah salah satu tanda kalau di rambut kita ada kutu; pada umumnya, tanda ini ada pada seseorang dengan rambut panjang yang telinganya kerap tertutupi rambut.

  1. Kepala Terasa Panas

Ketika rambut ada kutu, biasanya kutu akan menggigit atau mengisap darah dari kulit kepala. Hal ini kemudian dapat menimbulkan efek panas pada kepala sebagai tanda bahwa iritasi pada kulit kepala dan rambut telah terjadi.

  1. Kulit Kepala Gatal-gatal

Selain kulit kepala terasa panas, gigitan kutu rambut dapat menyebabkan rasa gatal berlebih sehingga kita cenderung lebih sering menggaruk kepala. Bila sudah yakin kalau rasa gatal ini datang akibat keberadaan kutu rambut, segera pakai cairan penghilang kutu yang ampuh dan aman bagi kulit kepala dan rambut.

  1. Terasa Ada yang Bergerak Kecil di Kulit Kepala

Tanda lainnya bahwa di rambut ada kutu adalah sering rasanya ada yang bergerak kecil pada kulit kepala kita. Pergerakan kecil yang dirasakan ini dapat menjadi pertanda kalau kutu rambut sedang berjalan di kulit kepala kita, atau bisa jadi kutu rambut justru sedang melakukan aksinya menggigit kulit kepala.

  1. Bercak Merah di Kulit Kepala

Selain kemerahan di belakang telinga, bercak merah bisa juga ditemukan di kulit kepala bila kita mengeceknya dengan seksama. Ketika terdapat bercak-bercak berwarna merah di sana, hal ini menandakan kalau daerah bercak itu adalah hasil gigitan kutu rambut di mana warna merahnya lebih merah ketimbang akibat bahan kimia tertentu.

  1. Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok memang beragam, bisa mulai dari ketidakcocokan dengan produk perawatan rambut tertentu hingga faktor stres berkepanjangan. Namun satu hal perlu diketahui juga, rambut rontok dapat pula menjadi tanda kalau kutu sedang menginvasi rambut dan kulit kepala kita karena kutu-kutu ini menjadi alasan dibalik kurangnya nutrisi yang diperoleh kulit kepala.

  1. Ada Hewan Kecil pada Sisir

Saat menggunakan sisir untuk menyisir rambut, cobalah perhatikan bagian sisir. Apakah di sana ada telur kutu rambut yang menempel? Atau adakah hewan berukuran sangat kecil yang menempel di sisir? Jika ya, maka kutu rambut sudah pasti ada di rambut dan bahkan telah mendiami kulit kepala kita.

  1. Timbul Luka Kering/Koreng di Kulit Kepala

Kutu yang menggigit kulit kepala pastinya menimbulkan rasa gatal dan memicu diri kita untuk terus menggaruk-garuk bagian yang gatal itu. Jika garukan terlalu kuat, biasanya akan menimbulkan luka atau bahkan koreng sebagai efek iritasi. Segatal apapun, cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala berlebihan supaya tak timbul koreng.

Ketika mulai muncul tanda rambut ada kutu seperti yang telah disebutkan di atas, mencuci rambut secara teratur dan menggunakan obat pembasmi kutu adalah yang paling bisa dilakukan. Namun, carilah cara-cara menghilangkan kutu rambut lainnya dengan memanfaatkan bahan alami seperti jus lemon, bawang merah, minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa.