11 Kebiasaan yang Merusak Rambut Tapi Sering Tak Disadari

105

Hampir setiap wanita pastinya mendambakan rambut indah, sehat dan mudah diatur. Sayangnya, tak semua orang punya jenis rambut demikian dan bahkan beberapa orang tanpa menyadarinya memiliki kebiasaan yang merusak rambut sehingga penampilan rambut jadi kurang menarik dan bikin rasa percaya diri turun. Supaya mampu merawat dengan baik, kenali dulu apa saja kebiasaan yang merusak rambut ini.

  1. Menggunakan Hairspray Sebelum Menata Rambut

Hairspray dianggap membantu penataan rambut agar lebih sempurna, itulah kenapa beberapa orang terbiasa menyemprotkan hairspray justru sebelum mengeriting atau mencatok lurus rambutnya. Padahal justru kebiasaan ini dapat membuat rambut mudah terbakar; jadi lebih dianjurkan pemakaian hairspray adalah usai rambut selesai ditata saja.

  1. Menata Rambut saat Masih Basah dengan Alat Penata Rambut

Suhu alat penata rambut itu tinggi, seperti halnya pemakaian catok. Bila diterapkan pada rambut yang basah maka justru ini merupakan tindakan merusak rambut dan melemahkannya. Pastikan rambut sudah kering sebelum menerapkan alat penata rambut yang panas.

  1. Mencabut Ujung Rambut Bercabang

Rambut bercabang memang paling bikin gemas dan bikin kita ingin cabut saja bagian ujungnya. Padahal, rambut bercabang malah bertambah parah lho ketika kita cabut ujungnya. Bukan hanya rusak, rambut bisa juga merenggang karenanya.

  1. Menggunakan Air Panas untuk Mencuci Rambut

Kerusakan pada poros rambut sebenarnya dapat juga terjadi karena menggunakan air panas sebagai air pencuci rambut. Selain bisa menjadi penyebab rambut bercabang, air panas malah memicu pelepasan rambut dari kelembaban alaminya dan membuatnya dehidrasi sehingga tampak begitu kering.

  1. Menyisir Rambut yang Masih Basah

Usai keramas, mungkin sudah jadi kebiasaan lama langsung menyisirnya tanpa menunggu rambut kering. Padahal, rambut disisir dalam kondisi masih basah hanya memicu pada kerusakan dan bahkan mampu membuatnya rontok lebih parah.

  1. Mencuci Rambut Terlalu Sering

Selain penggunaan air panas dalam mencuci rambut, aktivitas mencuci rambut sendiri juga cukup perlu dihindari terlalu sering. Minyak alami yang diproduksi bisa hilang dan rambut nantinya malah nampak kusam sekaligus kering. Dua hari sekali adalah waktu keramas yang lebih dianjurkan agar minyak alami dari kulit kepala tidak mudah hilang.

  1. Malas Menyisir/Merapikan Rambut

Jarang dan malas menyisir rambut mampu membuat rambut justru lebih gampang rusak. Biasakan menyisir rambut khususnya sebelum tidur karena ada minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala sehingga saat kita menyisir rambut dalam kondisi kering, minyak tersebut terdistribusikan merata dan menjadikan rambut lebih lembut serta sehat.

  1. Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat rambut sepanjang hari, apalagi terlalu kencang bisa malah membuatnya gampang patah apalagi semakin rapuh lho. Daripada mengikat rambut menggunakan ikat rambut, justru demi kesehatan rambut bisa gunakan jepit rambut karena dianggap lebih aman.

  1. Tidur dengan Kondisi Rambut Masih Basah

Usai keramas, selain jangan langsung disisir, pastikan juga jangan berbaring apalagi tidur. Kebiasaan ini lama-kelamaan bisa memicu kerusakan rambut dan membuat rambut mudah bercabang. Keringkan dulu rambut dengan benar sebelum tidur ya.

  1. Menggosok Rambut secara Kasar Menggunakan Handuk

Rambut kasar, kusam, tak bercahaya, pecah-pecah? Coba deh ingat-ingat lagi apakah punya kebiasaan menggosok-gosok rambut usai keramas dengan terlalu kasar memakai handuk? Kutikula bisa jadi lemah karena hal ini, malah justru lebih dianjurkan membiarkan rambut kering sendiri.

  1. Menyisir Rambut Terlalu Sering

Jarang atau malas menyisir rambut adalah kebiasaan buruk, namun menyisir terlalu sering dan berlebihan pun tidak dianjurkan. Poros rambut bisa jadi lebih lemah dan rambut berisiko pecah-pecah gara-gara kebiasaan tersebut, maka dari itu sehari 2 kali sebenarnya cukup atau lebih pun tentu sesuai kebutuhan dan kondisi saja.

Kebiasaan-kebiasaan yang merusak rambut tersebut merupakan kebiasaan Anda? Supaya rambut tak gampang rusak dan selalu sehat, pastikan deh selain merawatnya dari luar dan melalui asupan nutrisi cukup, kebiasaan-kebiasaan tak sehat tersebut juga dihindari ya.