Tampil Cantik Tanpa Makeup Bukan Hal Mustahil, Intip 6 Tips Ini

Ada banyak wanita setelah mengenal makeup atau riasan wajah, lalu seperti tak bisa hidup tanpanya. Makeup selalu menjadi solusi jika ingin menutupi segala kekurangan pada wajah, seperti jerawat, flek hitam, bekas jerawat, mata panda, kulit pucat dan sebagainya. Namun sebenarnya, wanita juga bisa tampil segar dan cantik kok tanpa makeup, tentunya dengan cara alami ini.

1. Pakai Toner

Memakai toner tiap sehabis mencuci wajah adalah salah satu kunci agar keseimbangan kadar pH kulit selalu terjaga dengan baik serta membantu agar kulit wajah merata sempurna. Toner yang dipakai dianjurkan untuk yang bebas alkohol supaya kulit nantinya tidak kering. Ketika kulit sehat dan warnanya merata, kebutuhan penggunakan kosmetik pun bisa berkurang.

2. Pakai Tabir Surya

Walau cuaca tak sepanas biasanya, tetaplah terapkan tabir surya ke manapun hendak pergi. Bahaya sinar ultraviolet salah satunya adalah merusak kulit lho, bahkan tanpa kita sadari. Paparan matahari mampu menimbulkan flek hitam, keriput dini, dan juga warna kulit wajah yang tak merata hingga kekusaman. Tabir surya ber-SPF tinggi diperlukan juga agar menurunkan risiko kena kanker kulit akibat paparan sinar matahari terlalu sering.

3. Konsumsi Vitamin C

Entah itu dari suplemen atau langsung dari sumber makanan yang mengandung vitamin C, penuhi asupan vitamin satu ini agar kulit wajah senantiasa terhindar dari efek radikal bebas. Antioksidannya siap untuk melindungi kulit dari berbagai macam kerusakan. Bahkan krim wajah berkandungan vitamin C layak dicoba supaya kadar kolagen meningkat dan risiko peradangan berkurang.

4. Tidak Merokok

Beberapa wanita yang memiliki kebiasaan merokok lebih berisiko memiliki kulit yang cenderung kering dan mengalami penuaan dini. Bahkan aktivitas merokok pun akan membuat pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit sehingga kulit jadi kekurangan oksigen.

Ingat juga, merokok adalah salah satu penyebab kerusakan elastin dan kolagen yang merupakan serat-serat elastisitas pada kulit. Mulailah batasi merokok apabila ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan; sedikit demi sedikit lama-kelamaan pasti mampu untuk benar-benar berhenti.

5. Tidak Menyentuh Kulit Terlalu Sering

Ada banyak wanita yang suka sekali menyentuh wajah menggunakan jari tangannya ataupun dengan kuku, khususnya di saat berjerawat atau baru saja muncul bekas jerawat. Jari dan kuku tangan kita rentan penuh bakteri yang kalau kita gunakan untuk terus-menerus menyentuh wajah, dapat meningkatkan risiko perpindahan bakteri ke wajah.

6. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pembersihan pori-pori kulit yang tersumbat serta pengangkatan sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga mendukung regenerasi sel kulit baru yang membuat kulit yang tadinya kusam menjadi lebih bercahaya dan segar. Kulit wajah jadi nampak tak sehat dan lebih gelap ketika kita jarang melakukan ini.

Hanya saja dalam proses eksfoliasi sendiri, pastikan untuk tidak terlalu kasar saat menggosok kulit wajah. Gunakan saja air dicampur baking soda dengan perbandingan 1:1, usapkan pada wajah dan gosok serta pijatlah dengan lembut beberapa menit. Gunakan air dingin biasa setelahnya sebagai pembilas; lakukan perawatan ini seminggu 2 kali secara rutin.

Tampil cantik tanpa makeup itu bukan sesuatu yang tak mungkin kok, asalkah kulit wajah kita senantiasa dirawat dengan baik secara alami. Dan lebih dari itu, percayalah bahwa wajah Anda cantik, baik itu saat sedang menggunakan makeup maupun tidak pakai makeup dan banggalah untuk itu.