Home Featured 7 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah Sehat, Berseri dan Awet Muda

7 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah Sehat, Berseri dan Awet Muda

by Erlita

Bagi pecinta lalapan, tentunya sudah tak asing lagi dengan daun kemangi. Selain menjadi lalapan nikmat, daun kemangi pun sering digunakan sebagai penyedap masakan. Tapi kali ini, kita perlu tahu apa saja manfaat daun kemangi untuk wajah sehat, berseri dan jauh dari masalah kulit. Kandungan protein, vitamin dan nutrisi lainnya pada daun kemangi akan membantu kesehatan kulit wajah jauh meningkat lho.

  1. Mencegah Blackhead

Komedo hitam yang cukup bikin tak nyaman seringkali mudah kembali timbul di wajah meski sudah dihilangkan. Untuk pencegahan agar blackhead tak lagi datang, cobalah untuk menggunakan daun kemangi dengan membasahi daunnya lebih dulu lalu tempelkan ke kulit wajah sebagai masker untuk beberapa menit.

Ini adalah cara mudah untuk membuka pori-pori kulit secara alami agar segala sumbatan pori-pori yang memicu blackhead dapat terangkat. Jika sudah beberapa lama, angkat daun kemangi yang menempel di wajah, lalu jangan lupa untuk membasuh wajah dengan memakai air dingin biasa.

  1. Menghilangkan Jerawat

Selain komedo, masalah kulit wajah lainnya adalah jerawat di mana daun kemangi bisa coba digunakan agar segala bentuk racun dapat dibuang dari dalam tubuh sehingga bisa mengatasi dan mencegah jerawat. Daun kemangi yang ditumbuk halus bersama dengan daun neem atau kunyit bisa dijadikan masker. Perawatan rutin satu ini bisa benar-benar menjadi solusi untuk kulit bebas jerawat.

  1. Mencerahkan Wajah

Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi sangat besar sehingga tak salah menjadikan daun ini sebagai bahan perawatan kulit wajah. Cukup beberapa daun kemang bisa disiapkan, masukkan gliserin sebanyak satu sendok lalu campur sampai rata dan terapkan pada wajah sebagai masker secara rutin. Bahkan jika sempat, perawatan sehari dua kali lebih dianjurkan.

  1. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Daun kemangi juga bermanfaat dalam mencegah tanda penuaan dini yang muncul di wajah karena kandungan sifat anti-agingnya. Cukup daun kemangi ditumbuk secukupnya sampai halus, tambahkan dan campurkan dengan minyak kelapa, barulah jadikan masker dengan membalurkannya di wajah. Sehari dua kali setiap hari merupakan cara perawatan untuk memperoleh hasil optimal, yakni kulit awet muda dan senantiasa kencang.

  1. Menghilangkan Bekas Luka

Entah itu bekas luka atau bekas jerawat yang membuat kulit wajah ternoda, cobalah gunakan daun kemangi yang ditumbuk atau dihaluskan sampai berbentuk pasta; boleh tambahkan sesendok lemon atau sesendok madu. Balurkan pada wajah secara rutin sebagai masker dan lakukan rutin agar bekas luka kembali cerah bertahap.

  1. Mengobati Infeksi Kulit

Ketika wajah terkena infeksi kulit, maka daun kemangi bisa diandalkan sebagai obat alaminya, yakni dengan mengambil beberapa daun kemangi yang sudah dibersihkan dan ditumbuk halus. Masukkan ½ cangkir yogurt, campurkan, lalu balurkan pada area wajah yang terkena infeksi dan tunggu kering sebelum dibilas bersih.

  1. Merawat Kulit dan Meningkatkan Kesehatannya

Sebagai perawatan sehari-hari agar segala bentuk masalah kulit wajah dapat terhindarkan, cobalah daun kemangi yang ditumbuk halus dan balurkan pada wajah setiap hari. Pasta dari daun kemangi dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah dan menutrisinya lebih lagi.

Manfaat daun kemangi untuk wajah lebih sehat, cantik hingga awet muda tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin C, vitamin yang mampu menjadi pencerah kulit pun ada pada daun ini, jadi perawatan kulit wajah tak perlu terlalu mahal dan sulit lho, selamat mencoba.

You may also like