12 Gejala Awal Bisul Dan Cara Menghindarinya

1822

Gejala awal bisul merupakan proses munculnya benjolan yang tumbuh didalaml kulit berisi cairan nanah hasil infeksi bakteri jenis staphylococcus aureus.

Ciri ciri bisul atau gejala awal bisul mudah muncul pada pria atau wanita yang memiliki kebiasaan buruk tidak menjaga dan merawat kebersihan kulitnya sepanjang hari dimana masuknya bakteri kedalam kulit dapat mudah melalui pori pori lalu menyebar dan menyerang akar rambut hingga akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan kulit. Kondisi inilah yang terjadi jika kebersihan kulit tidak terjaga dengan baik.

Lokasi yang sering ditumbuhi bisul

Bisul hanya bisa tumbuh pada area kulit yang bisa ditumbuhi rambut atau bulu bulu, Sedangkan yang tidak ditumbuhi rambut seperti telapak tangan dan kaki tidak akan diserang oleh bakteri penyebab munculnya gejala awal bisul.

Beberapa bagian tubuh yang paling rentan terserang bisul diantaranya:

  • Pantat atau bokong – Pantat atau bokong merupakan tempat yang mudah mengalami kelembaban yang tinggi saat kulit terbungkus atau tertutupi pakaian dalam. Salah satu Penyebab bisul pada pantat atau bokong adalah karena Kondisi kulit yang lembab sehingga rentan ditunggangi bakteri penyebab gejala awal bisul.
  • Ketiak –  Bisul sangat mudah muncul pada area yang rentan terjadi kelembaban tinggi selain pada bagian bokong yaitu pada bagian dalam lengan atau ketiak. Munculnya bisul seringkali menyerang wanita. Kemunculan bisul di ketiak wanita cenderung dikaitkan dengan hormon dan kondisi jaringan kulit.
  • Punggung – Punggung merupakan bagian yang mudah mengalami gejala awal bisul muncul secara bertahap yang biasanya tidak disadari keberadaannya sampai suatu hari kedapatan punggung mengalami rasa nyeri ketika punggung mendapat gesekan ringan pada sebuah benda misalnya dinding.
  • Dada –Bagian dada adalah tempat yang paling banyak mengeluarkan keringat saat tubuh sedang mengalami pemanfaatan energi selama beraktivitas. Keringat sangat mudah mengikat udara yang kotor atau partikel beracun dari udara yang telah terkontiminasi dengan kuman, bakteri, Parasit atau virus.
  • Betis – Betis merupakan tempat yang bias menjadi lokasi paling terbuka dan sering pula  mendapat penutupan melalui pemakaian rok atau celana panjang. Karena tempatnya yang terbuka itulah mudah menjadi jalan masuk bakteri penyebab munculnya gejala awal bisul .
  • Paha – Paha merupakan salah satu lokasi yang mudah menyebabkan gejala awal bisul muncul. Sedangkan Lipatan paha adalah tempat yang paling disukai  bakteri, Karena disitulah keringat selalu mudah terbentuk dan sebagai tempat yang ideal untuk bakteri berkembang biak. Cara menghilangkan bisul di paha secara alami adalah metode penyembuhan terbaik agar paha tetap dalam kondisi baik dan tidak memiliki bekas bisu yang biasanya meninggalkan jejak berupa parut atau warna kehitaman.

Gejala

1. Tumbuh benjolan

salah satu tanda tanda bisul atau munculnya gejala awal bisul adalah terlihat adanya benjolan kecil yang awalnya kecil dan tidak terlalu berpengaruh pada aktivitas sehari hari karean belum muncul rasa nyeri.

2.Kulit kemerahan

Ketika benjolan semakin membesar maka akan muncul perubahan warna diseputar benjolan yaitu berupa warna kemerahan dan terkadang kehitaman .

3. Timbul rasa nyeri

Setelah benjolan berwana kemerahan jika tidak lekas diobati maka gejala awal bisul benar benar akan berubah menjadi bisul besar ytang nyeri ketika tersentuh atau terjadi gesekan dengan benda  benda yang ada disekitar.

4. Benjolan berdenyut

Benjolan kemerahan yang semakin membesar dan telah muncul rasa nyeri maka akan muncul pula denyutan disekitar benjolan sebagai tanda bahwa jaringan kulit sedang dalam kondisi tidak baik.

5. Benjolan berisi cairan

Salah satu gejala awal bisul  adalah benjolan yang mengalami denyutan  dan rasa hangat pada sekitar benjolan, Jika hal itu telah muncul  maka bisa dipastikan didalamnya telah berisikan cairan hasil dari infeksi bakteri yang berkumpoul dan menjadi nanah. Nnah itulah yang menyebabkan denyutan dan rasa nyeri .

6. Terjadi pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi pada gejala awal bisul adalah pembengkakan yang muncul akibat disekitar jaringan kulit yang ditumbuhi benjolan berisi cairan infeksi bakteri telah menyebabkan peradangan.

7. Muncul demam

Demam ringan hingga berat dapat muncul ketika proses pembengkakan akibat inflamasi disekitar bisul sedang terjadi, Tetapi tingginya suhu demam berbeda pada setiap individu.  Pada sebagian orang ada yang hanya mengalami demam ringan saja selama bisul berlangsung tetapi ada pula yang sebaliknya. Segalanya ditentukan dari kekuatan daya tahan tubuh seseorang saat gejala awal bisul terjadi.

8. Tubuh kelelahan

Seseorang yang telah mengalami gejala awal bisul dalam beberapa  hari maka akan muncul keluhan lain berupa tubuh yang selalu mudah terasa lelah atau kecapekan kendati sedang tidak melakukan aktivitas berat. Kondisi ini muncul akibat serangan bakteri penyebab bisul yang mengganggu sistem pertahanan tubuh.

9. Badan pegal pegal

Ketika tubuh mengalami kelelhan maka pada saat yang hampir bersamaan akan muncul badan yang pegal pegal dan akan terjadi selama berhari hari.

10.Ruang gerak terbatas

Benjolan yang berisi cairan akan mempengaruhi ruang gerak disekitar timbulnya bisul, Misalnya jika tumbuh pada area ketiak maka bagian legan bagian atas  dan sekitarnya akan mengalami rasa sakit luar biasa ketika dilakukan pergerakan atau terkena gesekan antara kulit.

11. Ada titik mata pada bagian tengah

Saat benjolan bisul berisi cairan semakin membesar maka akan muncul titik mata pada bagian tengah bisul yang menandakan bahwa cairan sudah waktunya dibuang agar terhindar dari infeksi parah atau masalah lebih serius lagi.

12. Ujung benjolan berubah warna

Gejala awal bisul yang bisa terjadi pada bisul yang telah besar dan matang adalah ujung benjolan akan memiliki warna yang berbeda yaitu bisa berwarna keputihan bahkan pada sebagian orang justru berwarna kekuningan.

Tips mudah cara menghindari munculnya gejala awal bisul

  • Menjaga kebersihan diri – Menjaga kebersihan kulit sebenarnya tidak harus menggunakan sabun atau bahan pembersih kulit yang mahal tetapi cukup dengan Rajin dan konsisten mandi 2 kali sehari dengan air bersih dan sabun yang mengandung antiseptik dan tidak lupa untuk rajin mengganti pakaian 2 hingga 3 kali sehari atau disesuaikan dengan aktivitas sehari hari. Menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu cara mencegah bisul tumbuh kembali.
  • Menjaga kebersihan lingkungan – Lingkungan didalam dan diluar rumah hendaknya dijaga kebersihannya agar terhindar dari perkembangan biakan bakteri penyebab munculnya gejala awal bisul.
  • Menjaga bagian lipatan kulit – Menjaga bagian lipatan kulit seperti lengan, Siku, Pangkal paha dan area jari jari tanagan dan kaki agar tetap dalam kondisi kering dan terhindar dari kubangan keringat. Kerinagt yang berkutat pada area lipatan kulit pada waktu yang cukup lama dapat mempermudah perkembangan bakteri dan kuman penyebab  bisul.
  • Hindari lokasi  yang kotor – Sedapat mungkin hindari lokasi atau tempat tempat yang memiliki tingkat kebersihan yang sangat tidak layak misalnya tempat pembuangan sampah, Selokan atau parit, Kali atau sungai yang kotor, Kubangan bekas hewan atau lumpur yang bercampur dengan kotoran dan lain lain sebagainya.
  • Hindari pemakaian benda bergantian – Kondisi kulit setiap manusia berbeda beda dan memiliki tingkat kebersihan yang berbeda pula, Hal ini ditentukan oleh kebiasaan dan gaya hidup. Sebaiknya hindari pemakaian barang atau benda secara bergantian, Karena hanya akan memindahkan kuman dari satu tempat ketempat yang lain.