Home Penyakit dan KelainanBisul Bisul di Ketiak Wanita : Penyebab dan Perawatan

Bisul di Ketiak Wanita : Penyebab dan Perawatan

by Tri Astuti

Bagian ketika wanita memang selalu menjadi perhatian untuk semua wanita. Ketika terkadang menjadi bagian yang memalukan ketika menggunakan pakaian terbuka. Namun beberapa wanita bisa memiliki ketiak yang indah, putih dan sangat bersih. Salah satu masalah yang sering terjadi pada ketiak wanita adalah munculnya bisul. Bisul biasanya muncul di berbagai bagian tubuh yang terbuka seperti tangan atau kaki. Namun juga bisa muncul di ketiak yang memang membuat semua penderitanya merasa khawatir. Bisul menandakan adanya infeksi pada bagian ketiak yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit. Terkadang awal bisul di ketiak juga tidak menunjukkan gejala apapun. Berikut ini beberapa informasi tentang bisul di ketiak wanita, termasuk penyebab dan kemungkinan penyakit yang terjadi.

Informasi tentang bisul:

Penyebab bisul di ketiak wanita

  1. Kebersihan yang tidak baik

Ketika Anda memiliki kebiasaan buruk seperti jarang mandi maka ketiak bisa muncul dengan cepat. Ketiak menjadi bagian tubuh yang memiliki banyak kotoran. Ada kelenjar keringat pada bagian ini sehingga terkadang ketika tidak bersih, maka kotoran terperangkap dalam pori-pori kulit ketiak. Sementara ketiak juga memiliki banyak folikel rambut. Kotoran yang terperangkap pada bagian ini bisa berkembang dengan cepat termasuk resiko infeksi bakteri. Sel-sel kulit mati pada ketiak juga bisa menyebabkan tumbuhnya bisul. Awalnya akan terlihat bintik merah kecil, kemudian menjadi lebih besar dan merah. Lalu bisa mengeluarkan nanah dan membuat Anda merasa sakit ketika mengangkat lengan.

Baca: akibat jarang mandi – akibat tidak mandi wajib seharian – bahaya mandi saat masih berkeringat

  1. Infeksi bakteri Staphylococcus

Semua orang memiliki bakteri Staphylococcus yang tumbuh di semua permukaan kulit. Bagian yang paling banyak ditemukan pada hidung, ketiak dan semua lipatan bagian tubuh. Awalnya infeksi terjadi ketika ada luka pada ketiak yang kemudian bakteri masuk ke dalamnya. Lalu bakteri berkembang dengan cepat dan menjadi bisul. Ketiak menjadi bagian yang paling sering diinfeksi oleh bakteri karena bakteri bisa tertutupi oleh rambut ketiak.

Baca: infeksi kulit karena bakteri – macam-macam penyakit kulit – jenis-jenis penyakit kulit

  1. Pertumbuhan rambut ke dalam

Wanita memang selalu ingin terlihat percaya diri sehingga tidak ingin terlihat ketiak dengan banyak rambut. Salah satu cara untuk menghilangkan rambut ketiak adalah dengan mencukurnya. Namun kebiasaan ini bisa menyebabkan bisul di ketiak wanita. Rambut yang terlalu sering dicukur justru bisa membuat rambut tumbuh ke dalam. Awalnya akan terlihat seperti bagian ketiak yang lebih hitam lalu ujung rambut tidak akan keluar. Rambut yang tumbuh ke dalam bisa membuat bisul lalu menjadi nanah. Ketika tidak segera dirawat maka bisul bisa menjadi besar dan menyebabkan demam. (baca: bahaya akibat mencabut bulu ketiak)

  1. Kebiasaan menggunakan deodoran

Deodoran merupakan salah satu bahan pewangi yang sering digunakan oleh wanita. Deodoran bisa membuat aroma keringat menjadi tidak berbau, namun sebenarnya tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Bahan deodoran mengandung senyawa antiprespirant yang bisa menyebabkan penyumbatan kelenjar keringat di ketiak. Akibatnya bagian kelenjar yang tersumbat menjadi bisul dan mengembangkan nanah. Deodoran juga bisa menyebabkan pertumbuhan rambut ketiak menjadi lebih cepat.

Baca: bahaya deodorant – cara mengatasi ketiak basah

  1. Terlalu banyak makan karbohidrat

Beberapa orang yang memiliki masalah metabolisme tubuh juga sering mengalami bisul pada ketiak. Wanita yang memiliki masalah metabolisme dan hormon biasanya sangat sensitif terhadap karbohidrat. Karbohidrat menyumbang kalori yang sangat tinggi. Nutrisi ini juga sulit diterima oleh tubuh sehingga bisa menganggu fungsi kelenjar. Efek utama dari karbohidrat adalah menumbuhkan bisul sebagai dampak kadar gula yang tinggi.

Baca: akibat kelebihan karbohidrat – bahaya sering makan nasi

  1. Menderita penyakit diabetes

Penyakit diabetes baik itu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 juga bisa menjadi penyebab bisul di ketiak wanita. Bisul pada ketiak termasuk dalam gejala awal yang terkadang juga tidak sering disadari. Diabetes menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi. Tubuh tidak cukup memiliki insulin untuk mengolah kadar gula sehingga menumpuk dalam darah. Kemudian ini memberikan efek pada kelenjar keringat di ketiak. Semua efek kadar gula ini juga akan membuat tumbuhnya bintik kecil yang kemudian menjadi bisul di ketiak.

Baca: Penyebab Diabetes – gejala yang dialami oleh penderita diabetes melitus – ciri-ciri diabetes kering dan basah

  1. Menderita penyakit ginjal kronis

Penyakit ginjal kronis akan membuat penderita tidak bisa memiliki ginjal yang berfungsi dengan baik. Ada berbagai jenis penyakit ginjal kronis namun yang paling parah adalah ketika ginjal tidak bisa berguna sebesar seratus persen. Ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh melalui sistem sekresi. Fungsi ini akan bekerjasama dengan hati kemudian racun keluar dalam bentuk air seni. Namun ketika racun tidak bisa keluar dari tubuh maka keringat juga mengandung racun. Ini menyebabkan pertumbuhan bakteri di ketiak menjadi sangat tinggi sehingga bisa memicu bisul.

Baca: Pengobatan gagal ginjalTanda tanda gagal ginjal – pantangan gagal ginjal kronik

  1. Stres dan kurang gizi

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan maka ini bisa meningkatkan resiko bisul di ketiak wanita. Banyak wanita yang merasa sangat tertekan akibat pekerjaan atau kondisi pekerjaan yang berat. Kemudian mereka tidak memperhatikan pola makan yang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Stres bisa merusak sistem hormon dalam tubuh dan ini juga mempengaruhi kelenjar di ketiak. Akibatnya banyak racun yang menumpuk di ketiak dan bisa membuat bisul. Kondisi ini bisa menjadi lebih berat ketika semua sistem hormon terganggu dan memicu penyakit lain termasuk dalam sistem reproduksi.

Baca: akibat kekurangan gizi – gizi buruk pada anak dan orang dewasa

  1. Produksi minyak dan keringat yang berlebihan

Beberapa wanita bisa memiliki ketiak yang kering dan sangat bersih. Namun beberapa wanita juga bisa memiliki ketiak yang mudah berkeringat. Minyak dan keringat yang berlebihan dalam ketiak bisa membuat kelenjar keringat bekerja berlebihan. Hal ini bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Lalu tidak semua rambut bisa keluar dengan baik akibat sumbatan kotoran dari keringat pada saluran. Setelah beberapa lama maka bagian ini akan tumbuh menjadi bisul.

Baca: bahaya keluar keringat berlebihan – penyebab tubuh sering berkeringat – cara mengatasi keringat berlebih – cara mengurangi keringat berlebih

  1. Kebiasaan menggunakan pakaian ketat di area ketiak

Wanita memang selalu memperhatikan penampilan. Salah satu kebiasaan yang buruk adalah menggunakan pakaian ketat. Pakaian ketat akan menyebabkan area ketiak memiliki keringat yang berlebihan. Sementara keringat yang terus keluar akan membuat banyak kotoran menumpuk di ketiak. Karena bagian ini juga tidak terkena udara yang cukup maka banyak bakteri yang berkembang. Awalnya tidak akan membuat bisul namun ketika bakteri sudah menyebabkan infeksi maka bisa menjadi bisul di ketiak wanita. (baca: bahaya menggunakan bra berkawat)

Indikasi penyakit akibat bisul di ketiak wanita  dan perawatan

Ketika bisul kecil tumbuh di ketiak dan bisa disembuhkan dengan cepat, maka itu tidak perlu dikhawatirkan. Namun saat bisul membesar, menyebabkan rasa sakit dan terus berkembang maka Anda harus waspada. Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan bisul di ketiak wanita.

  1. Hidradenitis suppurativa

Hidradenitis suppurativa akan menyebabkan bisul berulang yang  terus muncul lalu sembuh. Bisul bahkan bisa berulang hingga lebih dari lima kali dan bisul bertahan dalam waktu dua bulan. Bisul ini juga akan sangat menyakitkan dan terkadang jika sudah berat maka bisul bisa selalu muncul. Jenis bisul ini tidak disebabkan oleh infeksi sehingga memang tidak akan menular.

Penyebab: kondisi ini disebabkan oleh sumbatan pada folikel rambut. Ketika rambut tidak bisa keluar maka terjadi peradangan dan bisa membengkak. Bakteri bisa tumbuh dengan cepat dan membuat bisul menjadi lebih buruk. Salah satu bakteri penyebab kondisi ini adalah staphylococcus. Penyakit ini tidak dipengaruhi oleh kondisi kebersihan tapi bisa dipengaruhi oleh riwayat genetik dalam keluarga dan paling sering terjadi pada wanita. Pengaruh hormon sebelum menopause pada wanita juga bisa mendukung penyakit berkembang cepat.

Baca: gejala benjolan di ketiak – benjolan di ketiak – penyebab benjolan sakit di ketiak

Perawatan yang diperlukan

  • Hindari stres berlebihan dan rasa cemas yang terjadi sepanjang hari. (baca: penyebab stress)
  • Hindari kebiasaan merokok yang bisa menyebabkan bisul lebih parah. (baca: bahaya merokok bagi kesehatan)
  • Hindarin kebiasaan menggunakan deodoran karena bisa membuat kondisi lebih parah.
  • Kompres dengan air hangat pada area ketiak lebih sering.
  • Menggunakan obat pengatur hormon jika kondisi ini disebabkan oleh hormon.
  • Penggunaan obat jangka panjang seperti salep antibiotik (krim klindamisin).
  • Penggunaan obat retinoid yang digunakan sesuai resep dokter.
  • Tindakan operasi bedah atau laser jika bisul sudah parah dan harus diangkat dengan prosedur medis ini. Tindakan ini harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari dokter.
  1. Kista ketiak

Kista ketiak bisa diawali dengan terbentuknya bisul kecil, lalu berubah menjadi lebih besar dalam bertahan dalam waktu yang lebih lama. Kista ketiak merupakan salah satu jenis pertumbuhan jaringan di ketiak yang mulai membentu kantung kecil berisi cairan dan nanah namun bukan termasuk kanker. Jika sudah berukuran lebih besar maka bagian kista akan dibungkus oleh kapsul kecil dan bisa digerakkan. Ada tiga jenis kista ketiak yang sering terjadi pada wanita yaitu:

  • Kista sebaceous.
  • Kista pilonidal
  • Kista epidermal inklusi.

Gejala kista ketiak

  • Tumbuhnya bisul kecil yang tidak terlihat seperti jaringan normal.
  • Kista bisa tumbuh disemua bagian ketiak.
  • Muncul struktur seperti benjolan yang tidak normal ketika disentuh.
  • Ada rasa sakit ketika lengan diangkat
  • Terjadi peradangan pada bagian bisul
  • Bisul tumbuh lebih lambat dan terkadang seperti hilang.

Penyebab kista ketiak

  • Kebiasaan sering mencukur rambut ketiak yang menyebabkan luka atau penularan infeksi akibat alat cukur yang tidak steril.
  • Kebiasaan penggunaan deodoran yang bisa menyumbat folikel rambut.
  • Infeksi bakteri staphylococcus yang tidak dirawat atau tidak diobati.
  • Infeksi dari bakteri streptococcus yang bisa menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening.
  • Penggunaan obat antibiotik tertentu yang menyebabkan pertumbuhan bakteri dari dalam tubuh termasuk untuk bagian ketiak.
  • Infeksi akibat jamur dan virus seperti sporotrichosis yang sering terjadi pada penderita HIV dan AIDS
  • Adanya pertumbuhan kista yang menjadi kanker lengan. Kondisi ini bisa menjadi kanker limfoma yang disebabkan karena kerusakan limfosit. Gejala kondisi ini bisa menyebabkan cepat lelah, berkeringat saat tidur, demam, berat badan menurun cepat, tidak nafsu makan, dan benjolan pada kelenjar getah bening.
  • Adanya perubahan fibrokistik payudara. Wanita yang sering memiliki payudara keras atau kental menjelang menstruasi bisa menderita kista pada ketiak. Kondisi ini berhubungan dengan pertumbuhan jaringan yang memanjang dari payudara sampai ketiak.
  • Efek vaksinasi seperti vaksin gondok, rubella, campak dan cacar. Namun biasanya kista akibat vaksin akan hilang sendiri setelah beberapa hari.
  • Penumpukan keratin yang bisa menyebabkan kista epidermoid. Kista ini akan menyebabkan tumbuhnya benjolan di ketiak yang diawali dengan bisul kecil. Namun jenis kista ini bisa sembuh sendiri sehingga sering tidak membutuhkan perawatan seperti prosedur bedah.

Informasi HIV/AIDS

Cara perawatan bisul di ketiak wanita

  1. Gunakan pasta kunyit dengan cara menghancurkan kunyit hingga menjadi lembut, lalu terapkan pada bagian bisul di ketiak. Cara ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan bisul yang meradang di ketiak.
  2. Campurkan bubuk kunyit dengan madu hingga menjadi pasta, lalu oleskan secara langsung di ketiak.
  3. Ambil bawang putih dan bersihkan. Potong menjadi beberapa bagian lalu terapkan langsung di bisul selama beberapa saat. Cara ini bisa membantu membuat bisul mengecil atau pecah. (Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah)
  4. Oleskan madu pada bagian bisul secara rutin untuk membantu mengatasi infeksi pada bisul. Anda juga bisa mengkonsumsi air madu hangat untuk menyembuhkan bisul di ketiak dari dalam tubuh. (baca: ciri ciri madu asli)
  5. Kompres bagian bisul di ketiak dengan botol hangat. Cara ini bisa membuat bagian bisul lebih cepat pecah sehingga semua nanah akan keluar dengan cepat.
  6. Anda juga bisa membuat pasta dari tepung jagung yang dicampur dengan air hangat. Lalu terapkan secara langsung pada bagian bisul selama beberapa kali hingga bisul sembuh.
  7. Konsumsi makanan yang lebih sehat dan batasi konsumsi karbohidrat dan lemak yang bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih parah.
  8. Hindari bagian ketiak terkena paparan sinar matahari secara langsung sehingga bisa membuat infeksi akibat bakteri tidak berkembang.
  9. Obat bisul di ketiak yang sangat ampuh.

Bisul di ketiak wanita bisa menjadi penyakit yang biasa atau penyakit yang lebih berat. Hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus melihat perkembangan bisul dan waspadai jika berkembang menjadi penyakit yang berbahaya untuk Anda.

You may also like