Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit 16 Bahaya Menggunakan Bra Berkawat yang Ketat

16 Bahaya Menggunakan Bra Berkawat yang Ketat

by Ana Rohma

Memiliki bentuk payudara yang indah memang menjadi kebanggaan dan kepuasan bagi wanita sendiri. Mereka akan terlihat lebih cantik, lebih menantang, serta lebih seksi. Wanita yang memiliki payudara besar, memang di nilai lebih menantang dan bergairah. Dari segi kenyamanan, ia memiliki tingkat kenyamanan yang cukup ‘empuk’.

Bra menjadi bagian yang krusial bagi kalangan wanita. Keberadaanya mampu menjaga keindahan mahkota emas wanita. Banyak kalangan wanita yang menyukai bra berkawat untuk mengangkat dan membentuk payudara yang membahana. Dalam dunia industri bra sekarang ini, hampir semua bra sudah di lengkapi kawat. Karena memang para wanita banyak yang menyukai bra dengan kawat untuk menopang payudaranya. Mungkin hanya tinggal bra sport saja yang tidak menggunakan kawat.

Namun sebenarnya yang menjadi pertanyaan disini adalah, apakah baik menggunakan bra yang memiliki model berkawat? Berikut efek bahaya menggunakan bra berkawat yang sering ditemui :

1. Membuat tubuh anda menjadi mudah lelah

Bra yang di lengkapi kawat akan menjadikan tubuh anda mudah lelah. Sebab terjadi keterbatasan gerakan pada tubuh dan bagian tulang belakang. Sehingga anda kurang merasa bebas, dan menjadi cepat mudah lelah.

2. Mengurangi effisiensi jantung

Bra yang di lengkapi kawat mampu mengurangi efisiensi kinerja jantung dan paru paru. Sebab dengan menggunakan kawat, permukaan bra akan cenderung lebih ketat dan membuat jantung serta paru paru anda di tekan dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Buruk untuk sistem pencernaan

Bahaya menggunakan bra berkawat lebih terasa ketat dan sesak. Hal ini sangat mempengaruhi bagian kerongkongan dan sistem pencernaan anda. Bahkan dampaknya akan lebih terasa ketika makanan yang di cerna adalah makanan yang mengandung karbohidrat.

4. Tidak baik untuk sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang baik harusnya menggunakan bagian tubuh yang longgar. Sehingga tubuh anda menjadi rileks. Dengan menggunakan bra berkawat, maka tekanan yang diberikan cukup besar. Akibatnya mengganggu sistem sirkulasi darah anda, seperti bahaya memakai celana ketat.

5. Menjadi trauma di bagian tengah dada

Bra berkawat memiliki letak kawat berada di bagian dada. Jika di biarkan dalam waktu yang cukup lama, akan menjadi trauma yang cukup serius di bagian tengah dada anda. Hal ini bisa menjadi penyebab dada sakit dan sesak yang buruk untuk kondisi jantung anda.

6. Menimbulkan listrik tubuh yang berlebih

Bahaya menggunakan bra berkawat merupakan salah satu bahan yang konduktor terhadap listrik. Tubuh anda sendiri memang mampu menghasilkan listrik melalui elektrolit tubuh. Sebaiknya listrik yang anda hidupkan ini tidak terlalu besar. Sayangnya, penggunaan bra berkawat mampu meningkatkan listrik yang lebih besar dari biasanya.

7. Mengganggu kerja limfa

Kelenjar getah bening sangat berpengaruh untuk menghasilkan yang berguna untuk membantu membasmi kuman yang merusak tubuh. Sayangnya dengan menggunakan bra berkawat, mampu menurunkan dan mengganggu sistem kinerja limfa dalam memproduksi zat tersebut.

8. Prooduksi anti bodi dalam tubuh menurun

Di dalam tubuh, ada sistem yang bekerja untuk membuat antibodi tubuh sendiri. Letaknya di dekat diafragma tubuh. Ketika anda menggunakan bra berkawat, maka tekanan kawat tersebut mengenai rumah produksi anti body tersebut. Hal ini membuat produksi anti bodi tubuh berjalan tidak sesuai dengan yang di harapkan. Bahkan jika terjadi penumpukan racun di bagian tersebut, akan berpotensi menjadi ladangnya penyakit.

9. Menyebabkan nyeri di bagian vertebrae

Penggunaan bra yang berkawat akan sangat mempengaruhi posisi tubuh anda. Banyak wanita yang sudah mengeluhkan bagian tulang belakang (punggung) yang terasa sakit. Hal ini terjadi karena pemakaian bra yang berkawat dalam jangka waktu lama

10. Peningkatan resiko kanker payudara

Menurut peneitian yang dilakukan oleh Sydney Ross Singer dan Soma Grismaijer di Amerika Serikat menyebutkan bahwa pemakaian bra yang memakai kawat lebih meningatkan resiko kanker payudara. Sayangnya pernyataan masih mendapatkan pertentangan dari berbagai pihak. Benarkah mampu meningkatkan kanker payudara?

11. Membuat anda lebih sulit bernapas

Bra yang menggunakan kawat, cenderung memiliki tekanan lebih kuat dan ketat. Hal ini sangat tidak baik untuk proses pernapasan anda, sehingga menjadi penyebab dada sesak dan membuat diri anda lebih sulit untuk bernapas.

12. Gangguan ketika anda sedang buang air besar (BAB)

Tentu saja hal ini bisa terjadi. Sebab bahaya menggunakan bra berkawat dengan bentuk ketat dan pas di badan anda. Hal ini mampu menekan dan mengapit tulang iga yang mengganggu proses anda saat melakukan buang air besar atau BAB

13. Iritasi pada bagian kulit sensitif

Bra yang di pakai terlalu kencang juga mampu membuat kulit anda terluka lalu iritasi dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kulit. Biasanya terletak di bagian tubuh anda, sebagai pengait itulah yang lebih rentan.

14. Rusak pada jaringan payudara

Inilah kekhawatiran para wanita yang memiliki bentuk payudara besar. Memakai bra berkawat yang ketat akan menyebabkan gangguan di otot otot areal dada anda. Bahkan mungkin anda pernah merasa tertusuk dan terjepit. Sehingga sangat rentan sekali terjadi gangguan sirkulasi bahkan sampai rusaknya jaringan yang berada di daerah daad.

15. Nyeri di bagian bahu dan leher

Bukan hanya pada bagian tulang belakang saja imbas menggunakan bra yang ketat. Namun juga di bagian bahu dan leher. Menggunakan bra yang ketat dan berkawat memang membuat payudara anda terangkat ke atas dan nampak indah. Hal ini membuat otot trapezius yang menjadi jembatan antara leher dan bahu menjadi tertekan lebih kuat. Dari sinilah akar masalah mengapa bagian bahu dan leher anda menjadi sakit dan nyeri.

16. Iritasi di bagian kulit payudara

Kulit pembungkus indah payudara anda juga mampu mengalami iritasi jika selalu terbungkus oleh bra yang ketat. Meskipun masalah bukan hanya pada bra berkawat saja. Namun bagi semua pengguna bra yang menggunakan busa. Ternyata busa tersebut menyebabkan kulit payudara anda tidak bisa bernapas. Sehingga menimbulkan iritasi.  

Video Medis Penjelasan Bahaya Bra

Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk tetap memilih bra berkawat atau tidak. Anda sendiri yang memutuskan gaya hidup yang akan di jalani. Apakah anda tetap memikirkan bentuk tubuh yang indah dan menarik, namun mengesampingkan kesehatan diri? Ataukah anda mencintai dan menerima diri anda seutuhnya, tanpa terlalu memandang kaca mata orang lain yang selalu menuntut diri anda untuk tampil cantik.

You may also like