8 Cara Mencegah AIDS Secara Alami

7450

AIDS adalah sebuah penyakit yang masih dilihat membahaykan bagi manusia. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Saat ini ada berbagai peneliti dunia dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan berupaya untuk terus menemukan obat dari penyakit ini. Penyakit ini sangat berbahaya dan hingga sekarang belum di temuka obatnya.

Obat yang banyak dihasilkan oleh peneliti masih bersifat obat pencegahan bagi orang yang sudah terinfeksi HIV agar bisa bertahan dan memiliki waktu yang lebih lama sebelum berkembang menjadi AIDS. Mengingat AIDS sangat berbahaya maka kita harus melakukan berbagai cara untuk mencegah AIDS. Berikut ini adalah berbagai detail tentang pencegahan dan perlindungan penularan AIDS.

Kunci Penyebaran Penyakit AIDS

AIDS adalah jenis penyakit menular yang sangat cepat menyerang penderitanya. Penyakit AIDS tidak bisa menular secara langsung lewat kontak fisik, udara maupun sentuhan lain. Namun masyarakat banyak yang menganggap AIDS bisa menular cepat sehingga penderita AIDS tidak bisa mendapatkan hak yang sama dalam kehidupan. Semua itu ternyata salah, berikut ini adalah beberapa kunci penting penularan penyakit AIDS.

  1. AIDS akan menular lewat infeksi dari HIV. HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Kondisi penularan virus dapat terjadi lewat : cairan sperma, darah dan cairan vagina dan air susu ibu.
  2. AIDS bisa menular lewat kontak fisik yang berhubungan dengan kontak seksual yang menyebabkan distribusi cairan sperma dan cairan vagina.
  3. AIDS bisa menular dari kontak pemakaian jarum suntik yang sama seperti jarum suntik untuk narkoba, tato atau peralatan lain yang berhubungan dengan darah.
  4. AIDS bisa menular dari ibu hamil ke janin lewat kontak prenatal dari plasenta ibu ke janin atau lewat ASI ke bayi yang sudah lahir.

Cara Mencegah Penularan AIDS Secara Alami

Cara mencegah AIDS secara alami sebenarnya dapat dilakukan secara mudah agar tidak tertular dari penderita aids.

cara mencegah aidsPenularan AIDS dari penderita ke orang lain bisa disebabkan karena penularan infeksi HIV. Virus HIV yang sudah masuk ke tubuh membutuhkan jangka waktu yang lama untuk menjadi AIDS. Namun semua proses ini tergantung dari kondisi kesehatan penderita dan perawatan yang dijalani setelah terkena infeksi HIV. Berikut ini adalah berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan HIV.

  1. Setia Pada Pasangan. Salah satu upaya yang sangat umum dilakukan untuk mencegah AIDS adalah setia dengan pasangan. Hubungan seksual yang sudah didasari dengan pernikahan jauh lebih aman daripada seks bebas. Pemeriksaan infeksi HIV perlu dilakukan oleh pasangan yang akan menikah untuk melindungi diri dari infeksi HIV. Hindari semua jenis hubungan seksual yang bebas dan tidak dengan pasangan.
  2. Lakukan Seks Aman. Upaya untuk melakukan seks aman hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah. Namun jika Anda memiliki beberapa pemikiran yang lain mengenai budaya ini misalnya seks bebas, maka tetap harus memakai kondom atau pengaman saat berhubungan seksual.
  3. Kontak Fisik tidak Menyebabkan AIDS. Ciuman dan belaian tangan tidak akan menyebabkan penularan AIDS atau virus HIV. Anda tetap bisa melakukan langkah ini sesuai dengan adat dan budaya yang Anda pahami atau anut.
  4. Hindari Narkoba. Bahaya narkoba memang sudah menjadi rahasia umum sangat mematikan. Narkoba yang dikonsumsi dengan cara suntikan menjadi salah satu penyebab AIDS yang sangat besar. Anda bisa melindungi diri Anda sendiri dengan tidak memakai narkoba. Pemakaian jarum suntik secara bergantian telah meningkatkan angka penularan AIDS.
  5. Mencegah Bayi dari Infeksi HIV/AIDS. Ibu hamil yang dinyatakan positif HIV memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menularkan AIDS pada janin. proses penularan dapat terjadi dari plasenta atau ASI. Bahkan bayi juga bisa terkena AIDS selama proses persalinan. Untuk melindungi bayi dari infeksi AIDS maka ibu hamil tidak boleh memberikan air susu ibu kepada bayi. Konsumsi beberapa jenis obat pencegah HIV juga melindungi janin dari infeksi HIV dan AIDS.
  6. Lindungi AIDS dari Transfusi Darah. Darah adalah salah satu jenis penyebab infeksi HIV dan AIDS yang sangat tinggi. Jika Anda terpaksa harus melakukan transfusi darah karena kondisi kesehatan maka pastikan bahwa darah yang Anda pakai sehat dan telah mendapatkan uji HIV AIDS.
  7. Bimbingan Moral dan Sosialisasi. Salah satu upaya pencegahan AIDS yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan berbagai jenis kegiatan dan kampaye untuk memberikan bimbingan moral kepada remaja dan anak muda. Sosialisasi ini bermanfaat untuk memberikan ilmu-ilmu tentang apa itu AIDS, penularan AIDS dan metode untuk mencegah penularan AIDS.
  8. Jauhi Pergaulan Bebas. Pergaulan bebas yang terjadi pada remaja dan anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun bagian yang lebih penting dari akibat pergaulan bebas seperti seks bebas dan pemakaian narkoba telah meningkatkan jumlah penderita AIDS. Untuk melindungi diri maka sebaiknya jika Anda tidak masuk ke dalam pergaulan bebas dan memakai waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat.

Perlindungan Terhadap Diri Sendiri

Penularan AIDS disebabkan pertama kali oleh penularan infeksi virus HIV. Virus HIV akan memakan sistem kekebalan tubuh sebelum menjadi AIDS. Namun melindungi penderita AIDS tidak harus dilakukan dengan menjauhkan diri dari penderita. Anda tetap bisa tinggal dalam satu rumah dengan penderita AIDS. Berikut ini beberapa trik untuk melindungi tubuh dari AIDS ketika Anda hidup dan tinggal dengan penderita AIDS.

  1. Gunakan pelindung tangan jika Anda harus merawat penderita AIDS. Pelindung tangan akan melindungi Anda dari virus yang terdapat pada darah, muntah atau urin.
  2. Jika Anda memiliki luka maka pastikan untuk selalu menutup luka dengan perban atau bahan lain yang aman untuk melindungi dari infeksi HIV.
  3. Jika Anda harus melakukan kontak fisik atau kontak darah dengan penderita maka sebaiknya sesering mungkin mencuci tangan dan memakai produk desinfektan.
  4. Jangan memakai produk-produk yang memungkinkan kontak darah dengan penderita seperti sikat gigi, pisau cukur dan peralatan lain.
  5. Buang semua jenis perlengkapan kesehatan yang digunakan untuk kontak fisik dengan penderita.
    AIDS tidak menular lewat sentuhan tangan, ciuman atau berbagai jenis kontak fisik lain yang tidak melibatkan darah dan beberapa cairan lain penyebab AIDS. Hal inilah yang membuat masyarakat masih sering salah paham dan menganggap bahwa AIDS bisa menular dengan cepat. AIDS tidak menular lewat udara, pakaian yang dipakai bersama atau perlengkapan makan. Menjaga diri dan mencegah dari AIDS dengan memahami semua hal yang berhubungan dengan AIDS akan meningkatkan hubungan sosial dengan penderita.

Bahaya AIDS

AIDS menjadi penyakit paling menakutkan saat ini. Bahkan beberapa negara dengan penderita AIDS yang terus meningkat berupaya untuk mencegah penularan. Namun kesadaran tentang bahaya AIDS bisa menjadi salah satu cara untuk selalu melindungi diri kita dari penyebaran AIDS. Bahaya umum ang disebabkan karena AIDS adalah sebagai berikut:

  1.  AIDS termasuk sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan. Kematian karena AIDS membutuhkan jangka panjang mulai dari terinfeksi HIV hingga terkena AIDS. Namun berbagai penderitaan dan penurunan kehidupan sosial terkadang menjadi penyebab kesulitan bagi semua penderita AIDS.
  2. Penderita AIDS lebih sering ditemukan dengan hubungan sosial yang buruk. Penderita akan mengalami fase kehidupan yang sangat rumit seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan kasih sayang keluarga, teman dan bahkan dijauhi dari lingkungan sosial. Tekanan sosial akan membuat penderita AIDS memiliki kehidupan yang kurang baik dan memberi tekanan khusus kepada penderita.
  3. AIDS menyebabkan komplikasi yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika penderita AIDS tidak bisa memiliki kehidupan yang produktif, namun harus tetap mendapatkan perawatan. Hal inilah yang membuat penderita AIDS akan merasa depresi dan tidak berharga.

Bahaya AIDS menjadi salah satu hal yang paling menakutkan di dunia. Untuk menghindari semua jenis bahaya AIDS maka kita harus menghindari semua jenis faktor penyebab AIDS dan mengerti berbagai jenis upaya pencegahan agar tidak terkena AIDS. AIDS merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia jadi kewaspadaan wajib anda lakukan.