Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak pada Baju Paling Cepat 

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak pada Baju Paling Cepat

by Tri Astuti

Semua manusia tentu akan berkeringat dan ini adalah hal yang sangat normal. Keringat tentu saja berbau kurang sedap karena itu juga hasil dari racun tubuh. Kita mengeluarkan keringat untuk membuang zat dan racun yang berbahaya bagi tubuh dari kelenjar keringat. Kemudian beberapa bagian yang paling sering berkeringat adalah termasuk seperti ketiak. Ketiak menghasilkan keringat yang lebih banyak karena ini termasuk daerah lipatan tubuh. Keringat pada bagian ketiak sering menyebabkan bekas pada baju. Bekas bisa disebabkan karena penggunaan deodoran yang menggunakan bahan kimia. Kemudian juga bisa menyebabkan bau pada baju yang sulit untuk dihilangkan.

Baca: cara menghilangkan bau ketiak – cara mengurangi keringat berlebih

Berikut ini adalah beberapa  cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang paling efektif.

  1. Bersihkan dengan baking soda

Apakah Anda tahu tentang baking soda untuk kue? Anda bisa menggunakan bahan ini untuk membersihkan keringat berbau pada bagian ketiak. Baking soda juga sangat baik untuk menghilangkan bekas pada baju agar tidak meninggalkan noda tidak menyenangkan dibagian ketiak. Berikut ini langkah untuk membersihkan bau ketiak pada baju.

  • Rendam baju selama kurang lebih dua atau kurang sesuai dengan kondisi baju Anda.
  • Buat pasta baking soda dengan menggunakan beberapa sendok baking soda dan air biasa. Campur hingga membantu pasta baking soda. Lebih baik jika Anda menggunakan air hangat agar baking soda cepat menjadi pasta.
  • Lalu oleskan pasta baking soda pada bagian ketiak baju dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Jika noda dan bau sangat membandel maka Anda bisa mencoba meninggalkan lebih lama sehingga noda bisa cepat hilang.
  • Lalu sikat atau gosok lembut dengan tangan pada bagian ketiak tersebut. Dan cuci seperti biasa baik secara manual atau dengan mesin cuci.

Baca: bahaya baking soda – obat kaki kapalan – cara memutihkan mata kaki dengan cepat – cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas

  1. Rendam pakaian dengan air garam yang hangat

Garam memiliki sifat alkali yang bisa mengatur pH akibat keringat yang berbau pada ketiak. Anda bisa mencoba menggunakan garam untuk menghilangkan bau pada baju terutama pada bagian ketiak atau daerah lipatan yang lain. Berikut cara untuk membersihkan baju dengan garam yang paling aman.

  • Pilih jenis garam yang lebih kasar atau garam meja yang tidak terlalu lembut.
  • Rendam pakaian dengan air hangat agar semua kuman dan bakteri yang menyebabkan bau pada ketiak juga bisa mati.
  • Campurkan beberapa sendok garam ke dalam air rendaman baju hingga merata. Biarkan selama beberapa saat.
  • Kemudian bilas selama beberapa kali dengan air biasa lalu cuci biasa dengan detergen sesuai yang Anda sukai.

Baca: cara mencegah eksim – penyebab eksim – salep untuk eksim

  1. Rendam pakaian dengan air cuka

Jika Anda memiliki cuka maka bahan ini juga sangat baik untuk membantu menghilangkan bau ketiak pada baju. Cuka bisa menghilangkan bau dengan cepat sehingga sangat baik untuk membuat bau  baju tidak terkena aroma keringat. Bahkan cuka juga bisa membantu membersihkan bekas keringat pada ketiak. Anda bisa mencoba untuk menggunakan cara ini, seperti tips dibawah ini:

  • Campurkan beberapa sendok cuka dengan beberapa bagian air yang akan digunakan untuk merendam baju.
  • Masukkan baju yang akan dicuci dan biarkan selama beberapa waktu.
  • Jangan mencampur air dengan detergen karena bisa merusak baju dan memberi dampak panas pada baju.
  • Setelah setengah jam atau lebih maka angkat baju dan bersihkan dengan air biasa selama beberapa kali.
  • Setelah bersih maka cuci baju secara manual atau dengan mesin cuci dan gunakan detergen. Cara ini tidak perlu dilakukan secara terus menerus karena bisa merusak baju Anda.

Baca: bahaya cuka makan – cara menghilangkan kurap – cara mencegah kurap di kepala

  1. Selalu menjemur baju dibawah panas sinar matahari

Jika Anda mencuci dengan mesin cuci atau secara manual maka harus dilakukan dengan cara yang benar. Umumnya beberapa bahan detergen juga mengandung bahan kimia khusus yang bisa menghilangkan bau keringat pada ketiak. Berikut ini cara untuk menghilangkan bau ketiak dengan petunjuk mencuci yang benar, terutama dengan mesin cuci.

  • Usahakan untuk selalu memisahkan baju yang memiliki bagian keringat berlebihan pada ketiak. Anda bisa mencampur dengan baju yang sejenis agar baunya tidak menyebar ke semua bagian baju yang lain.
  • Lakukan perendaman selama beberapa saat. Anda bisa mencoba untuk tidak memberikan detergen terlebih dahulu.
  • Cuci dengan pengaturan yang sesuai dengan jenis baju dan tambahkan detergen.
  • Ketika sudah selesai maka cobalah untuk membilas sekali lagi dan Anda bisa menggunakan fungsi ini pada mesin cuci.
  • Setelah selesai maka segera angkat dan keringkan di bawah sinar matahari.
  • Pastikan bagian ketiak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari sangat baik untuk menghilangkan bau pada baju karena bisa mematikan bakteri atau jamur yang tumbuh pada baju.

Baca : penyebab kulit gatal – obat alergi gatal – macam-macam penyakit kulit

  1. Bersihkan dengan aspirin dan cream of tartar

Jika Anda memiliki noda dan bau yang sangat parah pada bagian ketiak di baju maka Anda bisa menggunakan aspirin dan cream of tartar. Aspirin dan krim ini sangat baik untuk menghilangkan noda dan bau karena mengandung bahan kimia yang bisa menghapus semua bau di baju Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

  • Campurkan beberapa butir aspirin dan cream of tartar. Anda bisa menghancurkan bahan hingga menjadi lebih lembut. Lakukan secara hati-hati sehingga Anda tidak terkena bau dan dampak yang tidak nyaman untuk kulit Anda.
  • Campurkan kedua bahan ini dengan air hangat hingga menjadi seperti pasta.
  • Ambil sedikit bagian bahan ini kemudian gunakan secara langsung pada bagian ketiak di baju. Sikat dengan sikat baju atau sikat gigi sehingga semua noda terhapus dan bau keringat bisa hilang.
  • Jika noda dan bau sangat bandel maka terapkan bahan dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu baru disikat.
  • Bilas dengan air bersih selama beberapa kali dan cuci secara manual atau dengan mesin cuci hingga baju Anda bersih. Jika kedua bahan ini masih meninggalkan aroma tidak sedap pada baju maka ulangi cara mencuci hingga baju menjadi bersih.

Baca: obat kaki kapalan – cara menghilangkan kapalan di tangan

  1. Bersihkan dengan cuka sari apel

Cuka sari apel biasanya banyak digunakan untuk menghilangkan bekas pada baju termasuk bekas makana dan juga bekas keringat. Kemudian cuka sari apel juga sangat baik untuk menghilangkan bau ketiak pada baju. Bau ketika pada baju yang tidak bisa hilang biasanya disebabkan karena banyaknya bakteri yang memang sudah melekat pada baju. Jika terus dibiarkan terkadang juga bisa menyebabkan bekas kuning pada baju. Berikut ini cara untuk menghilangkan bau ketiak pada baju dengan cuka sari apel. (baca: cara meningkatkan daya tahan tubuh – cara mengobati luka memar)

  • Pilih baju berdasarkan ketebalan bekas pada ketiak atau apakah baju itu sudah lama berbau.
  • Kemudian basahi baju dengan air hingga merata.
  • Rendam baju dengan air biasa hingga semua bagian baju basah. Biarkan selama beberapa saat.
  • Lalu tuang beberapa sendok cuka sari apel pada baju yang sudah direndam tersebut dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian Anda bisa mencuci baju seperti biasa.
  • Jika Anda memiliki bau ketiak dengan skala yang ringan atau tidak terlalu berbau maka Anda bisa menerapkan cuka sari apel langsung pada baju. Lalu cuci atau sikat hingga baju pada ketiak lebih bersih. Selanjutnya Anda bisa mencuci baju seperti biasa.
  1. Bersihkan bekas ketiak dengan shampoo

Shampoo yang mengandung minyak juga sangat baik untuk mencuci baju yang berbekas pada ketiak dan juga bau ketiak yang menyengat. Anda bisa memilih jenis shampoo yang mengandung bahan khusus untuk rambut berminyak dan rambut rusak. Biasanya shampoo ini bisa membuat keringat pada baju bisa hilang lebih cepat. Berikut petunjuk untuk mencuci baju yang berbekas keringat pada ketiak dengan shampoo.

  • Basahi semua bagian baju dengan air atau rendam dengan air hangat selama beberapa saat.
  • Terapkan shampoo pada bagian ketiak selama beberapa saat. Lalu sikat atau gosok dengan tangan hingga semua noda pada bekas ketiak tersebut hilang. Biasanya ketika noda pada bekas baju hilang maka keringat yang tertinggal pada baju juga akan hilang.
  • Lalu bilas baju hingga bersih dan jika perlu rendam sekali lagi untuk menghilangkan bekas shampoo pada baju.
  • Setelah bersih maka cuci sekali lagi baju dengan mesin cuci atau cuci secara manual dengan tangan.

Baca: cara menghilangkan kutu rambut – cara mengatasi kulit kepala kering – dermatitis seboroik

  1. Bersihkan dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida telah lama digunakan untuk menghilangkan bekas pada baju terutama noda kuning pada bagian ketiak. Ketika Anda mencium aroma baju pada ketiak dengan warna kuning maka itu akan menjadi sangat berbau. Bahkan mencuci berulang kali dengan detergen sama sekali tidak akan menghilangkan baunya. Jika sudah seperti ini maka Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida yang bisa menghilangkan bau dengan cepat. Berikut instruksi untuk membersihkan bekas bau ketiak pada baju.

  • Pisahkan baju yang sudah memiliki bekas bau keringat pada ketiak dengan baju yang tidak berbau.
  • Basahi baju hingga semua bagian baju basah. Lalu berikan hidrogen peroksida pada bagian ketiak dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Lalu sikat lembut dan pelan dengan sikat gigi atau sikat baju khusus. Jika noda bekas keringat tidak terlalu tebal maka Anda cukup menggosok lembut dengan tangan.
  • Bilas beberapa kali hingga bersih lalu ulangi mencuci dengan tangan atau mesin cuci.

Baca: bahaya hidrogen peroksida – gendang telinga pecahobat pembersih telingaefek menaruh bawang putih di telinga

  1. Bersihkan dengan obat kumur

Obat kumur juga dianggap sebagai bahan yang bisa membantu menghilangkan bau ketiak pada baju. Obat kumur mengandung anti bakteri atau anti kuman yang terbuat dari beberapa senyawa kimia. Jika obat kumur terkena baju maka ini sangat aman dan tidak merusak baju. Anda bisa mencoba untuk menyemprotkan obat kumur ke bagian baju secara langsung. Terutama bagian keringat yang melekat di ketiak. Kemudian biarkan selama beberapa saat lalu bersihkan dengan air. Setelah itu Anda bisa mengulangi mencuci baju dengan mesin cuci atau dengan tangan. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena bisa membuat baju di bagian ketiak lebih mudah cepat sobek. Dan sebaiknya Anda tidak menggunakan cara ini untuk baju yang berbahan lembut.

Baca: obat radang gusi – cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan cepat – pencegahan bau mulut – cara mengatasi bau mulut

  1. Bersihkan dengan pasta gigi

Pasta gigi juga sering digunakan untuk menghilangkan bau ketiak pada baju. Anda bisa mencoba cara ini tanpa harus melakukan cara yang rumit. Pasta gigi bisa dioleskan secara langsung pada bagian ketiak di baju. Kemudian biarkan selama beberapa menit dan ulangi dengan memberi sedikit air. Setelah itu cobalah untuk menggosok dan bilas dengan lembut. Cara ini juga bisa membuat noda bekas di ketiak hilang dan baju Anda bisa lebih bersih. Pastikan sebelum mengulangi mencuci baju maka sebaiknya sudah dibilas sehingga baju tidak terkena efek detergen yang bercampur dengan pasta gigi.

Baca: kandungan pasta gigi – bahaya fluoride pada pasta gigi – bahaya pasta gigi

Berbagai cara menghilangkan bau ketiak pada baju ini memang dilakukan secara manual atau tanpa mesin. Anda bisa memilih dan mencoba sendiri mana yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan. Dan jaga kesehatan tangan Anda saat menggunakan beberapa bahan ini.

You may also like