Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 18 Obat Kaki Kapalan Alami

18 Obat Kaki Kapalan Alami

by Erlita

Kapalan adalah sebuah istilah yang tentunya sudah sangat populer di mana sebagian besar orang pasti pernah mengalami yang namanya kapalan ini. Kapalan bisa cukup mengganggu karena ini adalah sebuah kondisi penebalan atau pengerasan di bagian lapisan kulit yang disebabkan oleh pertahanan kulit terhadap tekanan maupun gesekan yang berkelanjutan.

Biasanya, area kaki dan tanganlah yang paling sering mengalami kapalan karena memang paling kerap juga memiliki kontak dengan benda sekitar. Kapalan yang ada pada kulit otomatis sebenarnya memberikan perlindungan supaya terhindar dari lecet atau luka sewaktu bergesekan lagi dengan beberapa benda yang jauh lebih kasar dan keras. Lalu bila kapalan terjadi pada kaki, adakah obat kaki kapalan yang bisa dimanfaatkan?

(Baca juga: penyebab mata ikan)

1. Lemon

Lemon yang kaya akan vitamin C dapat digunakan sebagai obat kapalan yang ampuh dan bahkan mampu menyembuhkan dengan cepat. Untuk mengobati kapalan, Anda bisa menggunakan kulit jeruk lemon yang Anda tempelkan pada kapalan. Gunakan kain kasa atau perban untuk mengikatnya sehingga tak lepas; biarkan semalaman dan esoknya ganti dengan kulit lemon baru.

Atau, Anda juga bisa mencelup kapas pada air perasan lemon yang kemudian diaplikasikan ke area kapalan. Setelahnya, perban dan biarkan semalaman; esok paginya gantilah bola kapas dengan yang baru di mana juga sudah dicelup di dalam jus lemon. Teruskan pengobatan hingga tak ada kapalan pada kaki lagi.

2. Cuka dan Roti

Mungkin terdengar aneh dan kurang begitu pas untuk mengatasi masalah kapalan, namun kedua bahan ini sebenarnya sangat baik untuk dikombinasikan menjadi obat. Cukup dengan merendamkan kaki yang terkena kapalan di air hangat, Anda kemudian bisa menggosok-gosok bagian yang kapalan itu dengan batu apung.

Bersihkan, lalu keringkan sebelum Anda bisa merendam setengah lembar roti pada setengah cangkir cuka murni. Setelah itu letakkan roti yang sudah dicelup tadi ke area kapalan di kulit kaki Anda dan balutlah menggunakan kain kasa. Tinggalkan semalaman dan baru esok paginya Anda bisa lepas kain perbannya; ulangi pengobatan ini setiap malam.

(Baca juga: bahaya menyetir tanpa alas kaki)

3. Baking Soda

Sebagai eksfoliator, baking soda adalah bahan yang bisa Anda jadikan obat ampuh bagi kondisi kapalan pada kaki Anda. Dengan mencampurkan 3 sendok makan baking soda ke dalam ember berisi air hangat, aduk rata, kaki Anda bisa langsung direndam di sana sekitar 10 menit. Gosok-gosoklah juga secara perlahan menggunakan batu apung.

Alternatifnya, Anda bisa mencoba mencampurkan baking soda dan air biasa dengan perbandingan 3:1 untuk membuat pasta kental. Pasta tersebut perlu dibalurkan pada area kapalan sambil digosok-gosokkan supaya kulit mati terkelupas. Meski ada bahaya baking soda, takaran yang tepat tak akan berisiko buruk bagi kesehatan kulit Anda.

4. Cuka Sari Apel

Apabila sebelumnya sudah disebutkan cuka dan roti sebagai obat kapalan pada kaki, cuka sari apel pun menjadi pilihan obat yang tepat. Cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam larutan cuka sari apel, Anda bisa menempelkannya ke area kaki yang kapalan lalu diperban tepat sebelum tidur.

Biarkan semalaman dan keesokan paginya barulah Anda lepas kapas tersebut dan gosoklah daerah kapalan dengan menggunakan batu apung. Untuk menjadikan area kulit tetap terlembabkan, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk dioles ke kulit kaki Anda. Ulangi metode pengobatan ini sehari sekali setiap hari sampai kapalan hilang.

5. Garam

Penggunaan garam diketahui sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan secara ampuh dan tanpa efek samping, jadi untuk kapalan pada kaki pun dijamin juga sangat efektif. Campurkan air hangat pada sebuah ember secukupnya, lalu tambahkan segenggam garam yang kemudian diaduk rata. Rendam kaki Anda di sana sekitar 10 menit lamanya.

Gunakanlah batu apung untuk menggosok area yang terkena kapalan dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air bersih untuk membersihkan sel-sel kulit mati, keringkan kaki, dan oleskan krim pelembab pada kaki. Melakukan pengobatan atau perawatan ini serutin mungkin akan mengusir kapalan secepatnya.

(Baca juga: obat tradisional mata ikan)

6. Minyak Kastor

Satu lagi obat tradisional ampuh yang bisa coba Anda gunakan untuk mengatasi kapalan di kaki, yakni minyak kastor. Rendam lebih dulu kaki yang terkena kapalan di dalam air hangat selama 10 menit, gosok area tersebut menggunakan batu apung. Lalu lanjutkan dengan menutup area tersebut menggunakan kapas yang telah dicelup ke dalam minyak kastor.

Atau, bisa juga Anda mencampur cuka sari apel dengan minyak kastor dengan takaran yang sama pada masing-masing bahan. Hangatkan larutan, lalu rendam kaki selama 10 menit di dalam larutan tersebut selama 10 menit lamanya. Sesudah itu barulah Anda membersihkan kaki dengan air hangat dan pakai batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

7. Teh Kamomil

Mungkin sebagian dari Anda jarang mendengarnya, namun sebenarnya teh kamomil adalah salah satu obat alami bagi penderita kapalan. Seduhlah 1-2 cangkir teh kamomil dan tuangkan ke dalam ember yang sudah diisi air. Rendamlah kaki Anda yang kapalan tersebut di sana sekitar 10 menit.

Atau, bisa juga Anda menggunakan kamomil kering sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan sesendok teh jus lemon serta sesiung bawang putih yang sudah dihancurkan. Campurkan sampai rata dan larutan dapat Anda oles atau balurkan pada area yang terinfeksi. Gunakan sebanyak 1-2 kali dalam sehari sampai kapalan hilang.

(Baca juga: bahaya minum teh setiap hari)

8. Bawang Merah

Terlepas dari adanya efek samping bawang merah, bahan ini sangat alami dan ampuh dalam menyembuhkan kapalan di bagian kaki karena mengandung sifat anti-inflamasi serta anti-mikroba. Pada irisan tebal bawang merah, tambahkan beberapa tetes jus lemon dan garam secukupnya. Lalu, letakkan irisan bawang merah pada area yang terkena kapalan untuk ditinggalkan semalaman sebelum esoknya bisa Anda bersihkan.

Atau, iris menjadi 2 bagian bawang merah yang berukuran kecil, rendam di dalam cuka putih selama 3-4 jam. Aplikasikan cuka ini ke area kapalan pada kaki Anda, kemudian gunakan plastik atau perban untuk membalutnya. Tinggalkan selama semalaman dan barulah esok paginya Anda bisa melepas lalu menggosok bagian tersebut dengan batu apung.

9. Nanas

Dalam 1 minggu, buah ini menjanjikan dapat menghilangkan kapalan secara efektif hanya dengan menyediakan 2-3 kulit nanas yang ditempelkan langsung ke area kapalan. Supaya tak mudah lepas, balutlah dengan kain kasa, lalu setiap beberapa jam sekali bisa Anda ganti dengan kulit nanas baru.

10. Minyak Kelapa

Seperti kita ketahui, minyak kelapa adalah pelembab yang luar biasa bagi kulit, jadi ambil sesendok teh minyak kelapa segar untuk diaplikasikan pada area kulit yang kapalan. Gosok perlahan sambil mengoleskannya dan tunggu hingga minyak teresap sempurna. Prosedur bisa Anda ulangi paling tidak 3 kali setiap hari sekitar 4-5 hari untuk hasil maksimal.

(Baca juga: efek terlalu banyak makan buah pisang)

11. Pisang

Selain nikmat dikonsumsi, pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kapalan. Siapkan 2 buah pisang yang bisa Anda kupas dan lumatkan dagingnya untuk membentuk pasta. Aplikasikan pasta ke area kapalan, lalu tunggulah 20 menit sebelum dibasuh memakai air hangat. Selama 1 minggu, pastikan cara ini Anda lakukan setiap hari untuk hasil memuaskan.

12. Pepaya

Satu lagi buah berkhasiat bagi yang menderita kapalan, yaitu pepaya yang bisa Anda kupas dan blender, kemudian ambil sari jusnya. Oles jusnya sedikit dan balut dengan kain kasa semalaman sebelum esok paginya Anda lepas. Pastikan Anda melakukan metode pengobatan alami ini setiap malam sebelum tidur sekitar 1 minggu lamanya.

13. Bubuk Licorice

Salah satu cara menghilangkan kapalan di kaki adalah dengan memanfaatkan bubuk licorice sebanyak 1 sendok teh yang dicampurkan dengan minyak mustard dengan takaran yang sama. Setelah membentuk pasta, terapkan pada area kaki yang terkena kapalan. Sesudah 20 menit berlalu, gunakan air hangat untuk membersihkannya.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka knalpot)

14. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa Anda jadikan bentuk pasta dengan mencampurkan sesendok teh bubuk kunyit dan sesendok makan madu. Larutan inilah yang bisa Anda oles pada area yang kapalan dan tunggu sampai 20 menit lamanya sebelum dibersihkan menggunakan air hangat. Ulangi prosesnya sehari sekali setiap hari.

15. Oatmeal

Untuk mengobati kapalan, Anda bisa mencoba menggunakan oatmeal sebanyak 4 sendok makan yang dicampur secangkir air. Rebuslah hingga membentuk pasta kental, lalu dinginkan sejenak sebelum diaplikasikan merata pada daerah kulit kaki yang kapalan. Sesudah 20 menit berlalu, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

(Baca juga: bahaya oatmeal instan)

16. Lidah Buaya

Karena alasan bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar, maka Anda bisa mengambil sekitar sesendok makan gel lidah buaya. Celupkan kapas ke dalamnya untuk kemudian dioles lalu ditempelkan semalaman pada area yang kapalan. Esok paginya baru bisa Anda bersihkan menggunakan air hangat; lakukan sehari 2 kali untuk hasil yang maksimal.

17. Minyak Vitamin E

Untuk kesehatan kulit, minyak vitamin E jelas adalah salah satu yang bisa diandalkan. Oleh karena itu, gunakanlah dengan mengaplikasikannya langsung ke area yang kapalan secara menyeluruh dan tinggalkan selama beberapa menit. Gunakan obat alami ini serutin mungkin untuk hasil kesembuhan optimal.

18. Aspirin

Aspirin merupakan obat yang juga efektif dalam menyembuhkan area kulit yang mengeras dan kapalan. Di saat yang sama, aspirin juga mampu mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman pada kaki yang diakibatkan oleh kapalan tersebut. Cukup dengan menghancurkan 5-6 tablet aspirin hingga menjadi bubuk, Anda bisa mencampurkannya bersama dengan jus lemon ½ sendok dan air ¼ sendok teh.

Pasta yang sudah terbentuk bisa langsung Anda aplikasikan pada area kulit kaki yang terkena kapalan. Balutlah dengan kain kasa atau plastik, lalu tutup dengan handuk hangat selama 10 menit lamanya. Barulah sesudah itu Anda bisa membilas menggunakan air hangat, menggosok bagian kaki dengan batu apung, dan sel-sel kulit mati pun akan terkelupas.

(Baca juga: jenis obat analgesik)

Itulah sejumlah obat kaki kapalan paling ampuh dan alami yang bisa Anda coba ketika kapalan begitu mengganggu keseharian Anda dalam beraktivitas. Karena kapalan di kaki juga bisa menurunkan rasa percaya diri, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa obat di atas.

You may also like