Home Featured 5 Ciri Jerawat Karena Tidak Cocok Kosmetik yang Perlu Dicermati

5 Ciri Jerawat Karena Tidak Cocok Kosmetik yang Perlu Dicermati

by Erlita

Sebagian wanita mungkin gemar merias wajah, hanya saja bermasalah dengan kulit yang mudah tak cocok dengan kosmetik. Saat kurang tepat dalam menerapkan kosmetik ke wajah, alhasil kulit wajah malah jadi beruntusan dan jerawat di mana-mana. Reaksi alergi bisa jadi sebabnya, namun segera atasi bila terjadi ciri jerawat karena tidak cocok kosmetik seperti ini.

  1. Kemunculan Jerawat saat Kulit Kering

Ketika tidak cocok dengan produk skincare atau kosmetik tertentuk kulit wajah bisa berjerawat ketika kondisi kulit sedang terlalu kering. Saat kulit mulai mengelupas karena saking kering dan dehidrasinya, hal ini kemudian memicu kemunculan jerawat. Jadi, hati-hati terhadap produk kosmetik apalagi skincare yang berkandungan retinol, salicylic acid, atau alphahudroxy acid.

  1. Gatal pada Jerawat

Kosmetik yang tak cocok di kulit dapat menyebabkan iritasi dan radang. Tak hanya masalah kulit wajah yang kemerahan, jerawat pun suka muncul karenanya. Jerawat karena ketidakcocokan dengan kosmetik tertentu bisa picu rasa gatal, hal ini bisa saja terkait dengan reaksi alergi terhadap komposisi bahan tertentu di dalam kosmetik tersebut.

Rasa gatal pada jerawat dapat pula disebabkan khususnya oleh kandungan pewangi di dalamnya, oleh sebab itu pilih saja kosmetik yang berlabelkan fragrance-free atau kosmetik tanpa pewangi supaya menghindari jerawat, radang atau iritasi. Namun, gatal di jerawat juga bisa karena bakteri yang sedang tumbuh.

  1. Jerawat Jenis Pasir

Saat timbul jerawat di kulit karena kotoran, debu ataupun produksi minyak terlalu banyak, biasanya jerawat satu-satu saja yang muncul. Ketika jerawat timbul karena ketidakcocokan dengan kosmetik tertentu, jerawat pasirlah yang dapat timbul.

Jerawat pasir adalah istilah untuk jerawat yang muncul secara bergerombol di kulit wajah di mana salah satu penyebab umumnya adalah pemakaian kosmetik yang kurang tepat. Cobalah untuk berhenti dulu menggunakan kosmetik tersebut sementara waktu, dan carilah cara alami untuk menghilangkan jerawat tersebut lebih dulu sebelum mengenakan riasan wajah kembali.

  1. Tumbuh Jerawat di Kulit yang Kemerahan dan Terbakar

Saat tak cocok dengan kosmetik, kulit dapat mengalami iritasi yang ditandai dengan kemerahan atau kecoklatan dengan timbul sensasi terbakar. Jerawat dapat tumbuh pada kulit yang memerah dan seperti terbakar. Untuk mengatasi dan menenangkannya, terapkan gel lidah buaya supaya radang bisa diredakan.

  1. Jerawat Berukuran Kecil

Jerawat karena kosmetik pun ukurannya tergolong kecil dan seperti disebutkan sebelumnya, jerawat ini tipe yang bergerombol dan dapat disebut dengan istilah bruntusan. Biasanya jerawat kecil-kecil tapi banyak ini timbul di area pipi dan dahi. Jika demikian, hentikan pemakaian produk kosmetik dan ke dokter untuk mengonsultasikannya.

Umumnya, jika memilih memeriksakan ke dokter biasanya dokter memberikan resep obat steroid. Pasien perlu menggunakan obat sesuai resep yang disertai dengan berhenti dari pemakaian kosmetik agar kulit cepat pulih kembali.

You may also like