20 Cara Mengobati Bercak Putih Pada Kulit Paling Alami Perlu Dicoba

2047

Bercak putih yang muncul pada kulit namun bukanlah panu kemungkinan besar adalah suatu kondisi yang disebut dengan vitiligo. Bila Anda bingung bagaimana cara mengobati bercak putih pada kulit tersebut secara alami dan aman, maka berikut adalah beberapa rekomendasi cara pengobatan dan perawatan yang layak untuk dicoba di rumah.

  1. Menggunakan Jahe

Untuk pengobatan dari luar, Anda bisa menggunakan jus jahe segar yang dioles dan dipijatkan pada area kulit dengan bercak putih. Tinggalkan kira-kira 15 menit sebelum menggunakan air dingin bersih untuk membilasnya. Pengulangan perawatan sehari 2 kali selama beberapa minggu bisa memberikan hasil terbaik.

  1. Memakai Minyak Pohon Teh

Mencoba menggunakan minyak pohon teh pun tak ada salahnya, yakni dengan mengambil sekitar 5 tetes yang dicampurkan lebih dulu dengan minyak zaitun 1 sendok makan. Usapkan merata pada kulit berbercak putih menggunakan kapas bersih, tunggu kering, lalu bilas bersih menggunakan air hangat. Sehari 2 kali adalah perawatan yang lebih dianjurkan.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Sama halnya dengan minyak pohon teh, Anda bia menggunakannya dengan mengambil beberapa tetes pada sebuah kapas dan usapkan ke bagian kulit dengan bercak putih. Dengan jari-jari Anda, pijatlah area tersebut; lakukan setiap hari 2 kali dalam sehari di mana pada malam hari penggunaannya bisa dibiarkan sampai pagi.

  1. Memakai Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit yang diserang bercak putih semacam vitiligo pun cukup tinggi. Jadi, ambil daun tanaman lidah buaya, potonglah untuk mendapatkan ekstrak gel-nya, aplikasikan ke bagian kulit tersebut dan biarkan beberapa jam sampai mengering sendiri. Sehari sebaiknya Anda melakukan pengobatan ini 2-3 kali.

  1. Memanfaatkan Ekstrak Ginkgo Biloba

Anda bisa menggunakan ekstrak ginkgo biloba dalam bentuk suplemen sehari 2 kali yang terus berlanjut pemakaiannya sampai kurang lebih 12 minggu lamanya. Karena mengandung antioksidan, ekstrak ginkgo biloba terpercaya dalam hal mengobati gejala vitiligo sehingga akan ada kemajuan dalam menghilangkan bercak putih di kulit Anda.

  1. Minum Jus Wortel

Jus wortel setiap hari bukan hanya dapat diminum sebagai cara menjaga kesehatan mata, melainkan juga mengobati bercak putih yang cukup mengganggu pada kulit. Konsumsilah jus wortel segelas setiap hari selama kurang lebih 6 minggu sampai hasil terbaik terlihat. Karena kaya akan pigmen, tentu wortel yang dijus adalah salah satu pilihan alami dalam mengobati vitiligo.

  1. Menggunakan Teh Hijau

Anda bisa menggunakan air teh hijau untuk pengobatan luar dengan mengoleskannya ke area kulit dengan bercak putih sekaligus juga meminum teh tersebut setiap hari 2 kali. Ekstrak dari teh hijau itulah yang berkandungan antioksidan sehingga diyakini ampuh mengobati bercak putih.

  1. Mengombinasikan Bubuk Kunyit dan Minyak Mustard

Campurkanlah bubuk kunyit 5 sendok teh bersama dengan minyak mustard sebanyak 250 ml yang kemudian hasil larutan dapat Anda balurkan pada bagian kulit dengan bercak putih. Tinggalkan beberapa jam sebelum akhirnya boleh dibersihkan. Pemakaian sehari 2 kali lebih baik supaya hasil maksimal bisa Anda peroleh.

  1. Menggunakan Tanah Liat Merah

Tanah liat yang sudah Anda sediakan sebanyak 1 sendok makan pada sebuah mangkok bisa Anda tambahkan dengan ekstrak jus jahe dengan takaran yang sama. Pasta yang sudah jadi langsung saja oleskan pada kulit, tunggu kering, lalu bilas hingga bersih sesudahnya. Mengulangi setiap hari akan pengobatan ini hingga beberapa bulan akan memberi hasil memuaskan.

  1. Memakai Madu

Madu murni pun bisa Anda pergunakan sebagai obat bagi kondisi vitiligo, tentu pastikan Anda tahu ciri-ciri madu asli lebih dulu. Pijatlah setelah mengoleskannya ke kulit, tunggu 15 menit, gunakan air hangat/dingin untuk membilas bersih sesudahnya. Sehari Anda perlu menggunakannya 3 kali untuk hasil maksimal.

Cara Lain Mengobati Bercak Putih di Kulit

Selain dari cara-cara yang sudah disebutkan tersebut, Anda pun perlu mengetahui beberapa alternatif lain dalam mengobati dan menghilangkan bercak putih vitiligo.

Demikianlah cara-cara mengobati bercak putih pada kulit yang dinamakan dengan vitiligo secara alami tanpa efek samping berbahaya bagi kesehatan. Bahkan sejumlah rekomendasi pengobatan tersebut sangat sederhana untuk Anda coba sendiri di rumah. Jadi, selamat mencoba dan semoga benar-benar bermanfaat.