Wow! Ini Penyebab Bau Ketiak yang Sangat Berbahaya

213

Masalah bau badan sering menjadi masalah semua orang. Tapi sayangnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa sumber dari bau badan berasal dari bau ketiak yang tidak sedap. Namun tubuh perlu untuk mengeluarkan keringat dan bau sebagai cara untuk melepaskan racun dan bahan berbahaya dari tubuh. Sayangnya hal ini dianggap biasa sehingga sulit untuk merawat atau menghilangkan bau badan dengan tepat. Nah agar bisa mengetahui cara menghilangkan bau badan maka lihat dulu penyebab bau ketiak yang sangat berbahaya. Berikut informasinya.

  1. Keringat Berlebihan

Keringat berlebih dianggap sebagai penyebab bau ketiak yang paling umum. Seperti yang dijelaskan oleh Mayo Clinic bahwa tubuh memiliki dua jenis kelenjar di kulit yaitu ekrin dan aporkin. Kelenjar ekrin terdapat di semua bagian tubuh di permukaan kulit. Ketika suhu tubuh naik maka kelenjar ekrin akan bekerja mengeluarkan cairan. Terutama bahan air dan garam ke permukaan kulit.

Sementara kelenjar apokrin ada di semua bagian tubuh yang berbulu seperti ketiak, kulit kepala, selangkangan dan bagian lain. Kelenjar ini tidak hanya mengeluarkan cairan tapi juga campuran lemak dan kotoran tubuh sehingga baunya tidak enak. Ketika Anda stres dan aktif maka kelenjar ini bekerja maksimal.

  1. Masalah Bromhidrosis Apokrin

Bau ketiak yang sangat menyengat bisa disebabkan oleh masalah bromhidrosis apokrin. Kondisi ini terjadi ketika bakteri dikelenjar apokrin bercampur yang menyebabkan campuran amoniak dan lemak. Baunya bahkan sangat pengap, busuk dan tengik. Biasanya masalah ini terjadi pada usia dewasa dan kelenjar menjadi sangat aktif.

Orang yang menderita obesitas dan diabetes rentan dengan kondisi ini. Untuk mengatasinya maka disarankan mandi setidaknya dua kali sehari. Kemudian jaga agar ketiak kering dan bersih, serta menggunakan sabun germicidal untuk mengatasi bau yang menyengat.

  1. Trimethylaminuria

Kondisi medis ini disebabkan karena kelainan genetik yang sangat langka dimana tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memecah trimethylamine. Trimethylamine adalah senyawa yang berbau sangat busuk. Senyawa ini bisa dihasilkan karena diet yang tidak tepat, bercampur dengan sistem pernafasan, urin dan keringat dari kulit. Namun penyebab yang paling sering adalah karena mutasi genetik yang membuat tubuh kelebihan protein tertentu. Terkadang kondisi ini juga terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan penyebab bau badan yang kemudian bercampur dengan trimethylamine dalam saluran pencernaan. Kondisi ini juga terjadi pada penderita penyakit hati dan gangguan ginjal.

  1. Tubuh Tidak Bersih dan Gaya Hidup Buruk

Orang yang memiliki kebiasaan tidak menjaga kebersihan tubuh dan memiliki gaya hidup yang buruk juga bisa mengeluarkan keringat yang sangat bau. Kondisi ini terjadi ketika tidak pernah mandi atau jarang mandi, tidak berganti pakaian secara rutin dan tubuh terlalu aktif. Kemudian kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan juga menyebabkan keringat banyak serta barbau apek.

Cara Mengatasi

Pada dasarnya untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat maka harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Namun pilihan gaya hidup yang sehat seperti mandi secara teratur, menggunakan pakaian yang menyerap keringat, menggunakan sabun anti bakteri dan menjaga pola makan bisa membantu mengatasi bau badan. Kemudian jika kondisi bau badan semakin memburuk maka lakukan pemeriksaan ke dokter Anda.

Itulah daftart penyebab bau ketiak yang sangat berbahaya. Karena itu ketika memiliki bau ketiak yang bisa membuat tidak percaya diri maka lakukan perawatan tubuh yang tepat sesuai kondisi. Termasuk jika menderita penyakit yang menyebabkan bau ketiak.