12 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Tawas Paling Ampuh

9180

Apakah Anda pernah mengetahui tentang tawas? Tawas berbentuk seperti bongkahan kristal yang terlihat seperti hiasan atau batu hiasan. Tawas sering digunakan untuk berbagai jenis perawatan tradisional. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bau badan terutama di sekitar ketiak. Tawas termasuk jenis bahan kimia yang mengandung asam sulfat. Memiliki sifat alkali dan mudah larut dalam air. Penggunaan tawas sering dilakukan dalam industri untuk memurnikan air dan juga meningkatkan beberapa respon imun dalam pembuatan vaksin. Bahkan juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat pasta gigi. Tawas mengandung sifat antiseptik dan antibakteri sehingga sering digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Baca: cara menghilangkan bau ketiak – cara mengurangi keringat berlebih

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bau ketiak dengan tawas.

  1. Pilih jenis tawas

Ada berbagai jenis tawas yang dijual secara bebas. Untuk tawas yang akan digunakan sebagai deodorant maka Anda bisa memilih tawas yang mengandung sulfat atau asam sulfat. Ini jenis asam yang bisa membersihkan bakteri dan kuman di bawah ketiak. Kemudian jenis tawas yang mengandung amonia dan kalium juga bisa digunakan sebagai bahan deodorant secara alami. Untuk membeli tawas yang tepat sebaiknya Anda mengatakan tujuan penggunaan kepada petugas apotik atau toko, agar bisa mendapatkan jenis tawas yang tepat.

(Baca juga: cara menghilangkan bau badan)

  1. Siapkan tawas yang akan digunakan

Kemudian Anda bisa menyiapkan tawas sebelum benar-benar akan digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Pertama Anda bisa menggunakan bongkahan tawas. Namun Anda tidak bisa menggunakan bongkahan tawas secara langsung. Berikut beberapa urutan untuk membuat tawas nyaman digunakan sebagai deodoran alami.

  • Rendam tawas dalam air bening secukupnya, usahakan masih dalam bentuk bongkahan.
  • Biarkan tawas terendam selama beberapa waktu sehingga tawas sedikit larut dalam air.
  • Pilih bagian tawas yang tumpul sehingga tidak akan melukai bagian ketiak Anda.

Baca:  bahaya keluar keringat berlebihan – keringat di telapak tangan dan kaki

  1. Persiapan membersihkan ketiak yang akan diberi tawas

Pertama ketiak harus dibersihkan dengan baik sehingga sangat nyaman ketika akan diberi tawas. Anda bisa membasahi dengan air kemudian lap dengan handuk bersih. Setelah itu cobalah untuk menerapkan tawas yang tumpul secara langsung. Anda bisa menggunakan tawas seperti ketika akan menggunakan deodoran namun lakukan hati-hati. Usahakan pelan saja sehingga bagian ketiak Anda tidak terluka dengan permukaan tawas yang tidak rata. Lalu setelah itu jangan mengeringkan bagian yang sudah diberi tawas karena airnya lebih baik kering sendiri.

Baca: berkeringat saat tidur –  penyebab tubuh sering berkeringat

  1. Persiapan menggunakan tawas bubuk

Jika Anda tidak suka dengan jenis tawas balok atau blok maka Anda juga bisa menggunakan tawas bubuk. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menggunakan tawas bubuk

  • Hancurkan tawas hingga benar-benar menjadi halus atau dengan bentuk blok yang kecil-kecil.
  • Masukkan dalam mangkuk kecil lalu berikan air secukupnya.
  • Tunggu hingga semua bagian tawas larut dalam air.
  • Masukkan handuk kecil untuk menyerap air dan semua tawas yang sudah larut.
  • Kompres bagian ketiak Anda selama beberapa saat dengan handuk ini. Ulangi selama beberapa kali ketika sudah kering.
  • Perawatan ini lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih banyak maka Anda bisa melakukan perawatan ketika malam hari menjelang tidur.

Baca: penyebab biang keringat di punggung –  bahaya tubuh tidak berkeringat 

Menggunakan tawas dengan bahan campuran lain untuk menghilangkan bau ketiak

Tawas untuk menghilangkan bau ketiak selama ini masih sering digunakan sendiri atau tanpa bahan campuran lain. Tapi ternyata sebenarnya tawas bisa digunakan dengan beberapa bahan pilihan tanpa menyebabkan efek samping. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas yang dicampur dengan bahan lain.

  1. Tawas dan cuka sari apel

Cuka sari apel bisa membuat tawas semakin ampuh untuk menghilangkan bau badan. Selama ini cuka sari apel juga sering digunakan sebagai bahan deodoran alami. Cuka sari apel juga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau keringat pada ketiak. Selain itu cuka sari apel dan tawas bisa bekerja untuk mengurangi nilai pH kulit sehingga bisa menghilangkan bau ketiak dengan cepat. Selain itu cuka sari apel dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh dan cara mengobati luka memar.

Berikut cara penggunaan tawas dan cuka sari apel.

  • Tuang satu gelas air ke dalam mangkuk yang sudah disiapkan.
  • Berikan empat atau lima tetes cuka sari apel ke dalam air tersebut.
  • Masukkan tawas yang berbentuk bongkahan atau tawas bubuk dan biarkan mengendap selama 24 jam.
  • Hari berikutnya Anda bisa mencoba menggunakan tawas secara langsung atau menyerap air campuran tersebut dengan kapas atau handuk.
  • Lalu terapkan langsung pada bagian ketiak yang berbau tidak sedap. Lakukan perawatan selama beberapa kali sehingga bau bisa hilang.

Baca: bahaya tawas – penyebab telapak tangan berkeringat

  1. Baking soda dan tawas

Baking soda sudah sering digunakan untuk menghilangkan bau keringat yang tidak sedap. Baking soda bekerja untuk membunuh semua bakteri yang menyebabkan ketiak berbau. Selain itu baking soda juga bisa menguntungkan karena membuat warna ketiak menjadi lebih rata, baking soda bisa bekerja sebagai agen pemutih alami yang tidak menyebabkan kerusakan untuk kulit. Berikut tips menggunakan tawas dan baking soda.

  • Siapkan satu sendok teh baking soda yang sudah disaring atau dihaluskan kembali.
  • Campurkan dengan satu gelas air tawas, yaitu air yang sudah dicampur dengan rendaman tawas selama beberapa hari.
  • Serap dengan handuk kecil atau kapas lalu bersihkan bagian ketiak Anda. Anda juga bisa menggunakan campuran air ini untuk air mandi sehingga bau badan yang kurang enak bisa hilang.

Baca: bahaya baking soda – obat kaki kapalan – cara memutihkan mata kaki dengan cepat

  1. Tawas dan hidrogen peroksida

Bau ketiak yang tidak enak memang bisa menjadi hal yang sangat memalukan. Bahkan bau ketiak yang dibiarkan bisa menyebabkan infeksi akibat bakteri atau kuman yang masuk ke dalam kelenjar keringat di ketiak. Anda bisa menggunakan bahan campuran tawas dan hidrogen peroksida agar bau ketiak cepat hilang. Berikut ini beberapa cara untuk melakukan tips ini:

  • Buat air rendaman tawas dengan air biasa selama kurang lebih 48 jam. Anda bisa melihat bahwa air sudah berubah menjadi lebih jernih dan bagian tawas sudah berkurang atau lebih mengecil.
  • Ambil air dalam mangkuk lalu campurkan dengan satu sendok teh hidrogen peroksida dan aduk hingga merata.
  • Masukkan handuk kecil dan biarkan terendam selama beberapa saat lalu peras ringan agar tidak terlalu banyak air.
  • Gunakan untuk membersihkan ketiak atau mengelap ketiak sehingga bau ketiak bisa berkurang. Jika dilakukan teratur setelah mandi maka bisa mengurangi bau ketiak dengan cepat.

Baca: bahaya hidrogen peroksida –  gendang telinga pecahobat pembersih telingaefek menaruh bawang putih di telinga

  1. Tawas dan air lemon

Tawas umumnya memang tidak mengandung bau atau aroma. Karena itu tawas bersifat sangat netral dan bisa menghilangkan bau ketiak. Namun jika Anda ingin memberi aroma untuk deodoran alami ini maka bisa menggunakan air lemon. Air lemon juga bisa membantu agar bakteri di ketiak mati dan bau ketiak bisa menjadi lebih sedap. Bahkan air lemon bisa membuat warna ketiak yang tidak rata atau berbelang bisa menjadi lebih rata. Berikut tips untuk menghilangkan bau ketiak dengan tawas dan air lemon.

  • Pilih jenis lemon yang masih segar sehingga mengandung banyak air. Bersihkan lemon lalu peras hingga mengeluarkan air secukupnya.
  • Tempatkan air dalam mangkuk khusus sesuai dengan ukuran tawas bubuk atau tawas yang berbentuk bongkahan.
  • Biarkan tawas terendam dalam air lemon selama kurang lebih 24 jam atau lebih. Tutup wadah agar tidak terkena bahan kontaminasi lain.
  • Gunakan tawas secara langsung pada ketiak atau gunakan kain untuk menyerap airnya.
  • Lakukan perawatan secara teratur setiap hari dan gantikan air lemon dengan air lemon yang baru ketika sudah digunakan.

Baca: cara memutihkan bokong secara alami

  1. Tawas dan air lobak

Lobak biasanya digunakan untuk bahan sayuran dan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi ternyata air yang didapatkan secara alami dari lobak bisa membuat efek tawas untuk menghilangkan bau ketika bisa  bekerja lebih cepat. Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas dan campuran lobak.

  • Pilih jenis lobak yang masih segar atau belum terlalu lama disimpan.
  • Parut lobak sehingga menjadi lebih halus kemudian peras airnya sehingga Anda bisa bisa mendapatkan air lobak yang bersih.
  • Campurkan air lobak dengan bongkahan tawas atau tawas yang sudah dihancurkan.
  • Gunakan tawas tersebut untuk menggosok bagian ketiak sehingga bau bisa hilang lebih cepat. Biasanya untuk air lobak saja bisa menghilangkan bau badan selama 10 jam, tapi jika dicampur dengan tawas maka bisa lebih efektif.

Baca: makana nyang rendah purin – makanan untuk penderita asam urat

  1. Tawas dan air mawar

Jika Anda memiliki simpanan air mawar maka Anda juga bisa menggunakan bahan ini untuk campuran tawas. Air mawar mengandung aroma yang sangat kuat sehingga bisa menghilangkan bau ketiak. Namun jika Anda hanya menggunakan air mawar saja maka aroma wangi dan bau ketiak justru menjadi semakin tidak enak. Anda bisa menetralkan aroma yang kuat menjadi lebih rendah dengan tawas. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak.

  • Campurkan beberapa tetes air mawar dengan air bersih biasa.
  • Lalu masukkan bongkahan tawas ke dalam air mawar yang sudah disiapkan.
  • Gunakan tawas secara langsung pada ketiak untuk mengurangi aroma ketiak yang tidak sedap.
  • Anda juga bisa menggunakan air ini untuk campuran air mandi sehingga bisa menghilangkan bau keringat yang tidak nyaman.

Manfaat lain air mawar:

  1. Masker tawas bubuk dan tomat

Tawas juga bisa dicampurkan dengan tomat sebagai bahan untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak nyaman. Tomat memiliki sifat untuk membunuh bakteri sehingga sangat ampuh untuk ketiak yang berbau. Anda bisa mencoba untuk menghancurkan tomat hingga lembut kemudian campurkan dengan tawas yang sudah dihancurkan. Lalu terapkan sebagai masker untuk ketiak dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Anda tidak perlu menggosok bagian ketiak dan cukup membiarkan begitu saja. Setelah itu bersihkan ketiak dengan air biasa dan keringkan. Lakukan perawatan ini selama dua kali dalam seminggu agar hasilnya lebih efektif. (baca: Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya)

  1. Tawas dan minyak rosemary

Minyak rosemary menjadi jenis minyak yang sangat baik untuk membunuh bakteri di ketiak. Bahkan minyak rosemary juga bisa membantu merawat ketiak menjadi lebih segar dengan warna yang lebih merata. Anda bisa mencoba untuk meneteskan minyak rosemary ke dalam air yang digunakan untuk merendam tawas yang berbentuk bongkahan. Kemudian gunakan tawas seperti biasa secara langsung pada ketiak. Aroma dari minyak rosemary juga bisa membuat aroma ketiak menjadi lebih wangi dan segar.

Manfaat minyak rosemary lainnya:

Tips saat menghilangkan bau ketiak dengan tawas

  1. Cobalah untuk minum banyak cairan, karena cairan bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sehingga secara alami bisa membuat aroma ketiak menjadi lebih nyaman.
  2. Cobalah untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang termasuk dari sayuran, buah, biji-bijian dan mengurangi makanan yang terbuat dari daging merah.
  3. Anda juga bisa tetap menggunakan sabun anti bakteri atau sabun yang mengandung sulfur khusus untuk kulit sensitif. (baca: infeksi kulit karena bakteri)
  4. Biasakan untuk menggunakan bahan pakaian yang menyerap keringat dan hindari pakaian yang terlalu ketat. Karena pakaian ini bisa menyebabkan kelenjar keringat bekerja secara berlebihan.
  5. Cobalah untuk tidak stres dengan melakukan yoga, olahraga secara teratur dan menghindari terlalu sering mengkonsumsi kafein. (baca: cara mengatasi stress super ampuh – cara menghindari stres)
  6. Bersihkan ketiak secara teratur dan cukur bulu ketiak dengan alat yang steril secara berkala agar ketiak tetap bersih. (baca: bisul di ketiak wanita – bahaya akibat mencabut bulu ketiak bagi kesehatan)
  7. Jaga suhu ruangan tempat Anda tinggal sehingga Anda tidak terlalu berkeringat dan tetap bersih dari kuman atau bakteri.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas memag sudah sejak lama dipraktekkan. Tawas sangat aman dan tidak menyebabkan resiko apapun. Anda bisa mencoba beberapa cara yang paling efektif untuk Anda sendiri.