17 Cara Mengatasi Keringat Dingin Saat Tidur Malam Paling Mudah

806

Keringat dingin yang muncul saat tidur dapat dialami siapa saja dan tidak sepenuhnya berbahaya tetapi bukan berarti tidak perlu diwaspadai.

Keluarnya keringat dingin bisa dijadikan indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan atau bisa juga sebagai tanda bahwa tubuh sedang dalam proses penyembuhan terhadap penyakit yang sedang diderita.

Cara mengatasi

1.Latihan pernafasan

Sebelum tidur lakukan latihan pernafasan sederhana jika rutin dilakukan maka masalah keringat dingin akan cepat teratasi. Berdiri senyaman mungkin. Ambillah nafas atau hiruplan udara dalam dalam dari rongga hidung kemudian hembuska udara melalui mulut perlahan lahan pula, Ulangi beberapa lagi. Latihan pernafasan dapat menstabilkan suhu tubuh, Aliran darah lebih lancar dan detak jantung menjadi normal. Kondisi tubuh yang tenang akan mempengaruhi pola tidur seseorang bahkan bisa menetralisir keringat dingin yang keluar saat tertidur.

2. Kurangi pencahayaan

Cara mengatasi keringat dingin saat tidur yang paling sederhana adalah mengatur tingkat pencahayaan lampu. Cahaya lampu ruangan kamar yang terlalu terang bukan hanya akan menyebabkan detak jantung lebih cepat atau memicu munculnya sakit kepala tetapi juga mempengaruhi kinerja kelenjar keringat menjadi lebih aktif. Untuk kelenjar keringat lebih tenang maka ketika hendak tidur sebaiknya kurangi pencahayaan menjadi sedikit redup .

3. Hindari suara gaduh

Salah satu cara mengatasi keringat dingin saat tidur paling manjur agar keringat dingin tidak banyak yang keluar adalah hindari suara gaduh atau bising. Suara atau bunyi bunyian dapatb mempengaruhi otak. Telinga yang mendengar bunyi bunyian  akan mengirimkan sinyal melalui jaringan otak kemudian Otak akan terus meresponnya sehingga menyebabkan kesulitan tidur, Kondisi inilah yang menyebabkan rasa gelisah mengganggu  tidur anda. Rasa gelisah dapat menyebabkan kerlenjar keringat bekerja lebih aktif untuk memproduksi keringat.

4. Ventilasi yang baik

Memiliki ruangan kamar tiur dengan ventilasi yang baik dapat dijadikan salah satu cara mengatasi keringat dingin saat tidur. Kondisi udara yang sejuk menjadikan aliran angin menyejukkan ruangan sehingga menyebabkan kualitas tidur semakin baik dan menstabilkan kinerja kelenjar keringat dalam waktu yang cukup lama.

5. Mengganti pakaian

Ketika keringat dingin membasahi tubuh saat tidur maka akan menyebabkan seseorang sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna. Keringat dingin menyebabkan tubuh menjadi basah, Risih dan merasa tidak nyaman, Akibatnya tidur selalu terjaga setiap beberapa jam bahkan beberapa menit. Cara mengatasi keringat dingin saat tidur adalah menganti pakaiann anda dengan pakaian yang berbahan dasar katun

6. Mengganti alas tidur

Kertika berkeringat dingin selain tubuh dan pakian akan basah ternyata alas tidur menjadi lembab juga. Kelembaban yang tinggi pada alas tidur dapat membuat seseorang tidak bisa tidur dengan tenang, Kondidsi inlah yang memicu munculnya keringat lebih banyak. Cara mengatasi keringat dingin saat tidur adalah mengganti alas tidur dengan bahan lembut yang kering dan Bersih.

7. Basuh dan kompres hangat

Salah satu cara mengatasi keringat dingin saat tidur ada;ah membasuh keringat dingin dengan kain yang kering kemudian kompreslah perlahan lahan dengan kain baru yang sebelumnya telah direndam dalam baskom yang berisi air hangat. Cara ini efektif untuk kelenjar keringat lebih tenang.

8. Kendalikan stres

Stres merupakan penyebab keringat dingin muncul saat tidur karena stres mengaktifkan kelnjar keriingat menjadi lebih banyak memproduksi keringat, Hal ini berhubungan dengan perasaan cemas atau gelisah yang dapat menyumbat aliran darah dan berdampak pada kinerja kelenjar keringat.

9. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dan bahaya tar pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah, Mengganggu fungsi kelenjar keringat, Menekan rongga dada  dan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan. Keadaan inilah yang menyebabkan mengapa keringat dingin selalu keluar di malam hari

10.Hindari makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, Asam lambung meningkat dan menyebabkan kelenjar tiroid mengalami gangguan, Akibatnya keringat dingin tak bisa dihindari. Satu satunya cara mengatasi keringat dingin saat tidur adalah  hindari makanan yang bercita rasa pedas.

11.Perbaiki jadwal makan

Cara mengatasi keringat dingin saat tidur adalah hindari mengkonsumsi makanan satu jam sebelum berangkat tidur agar sistem pencernaan memiliki peluang untuk beristirahat. Lambung yang masih terisi makanan tetapi bersamaan dengan waktu tidur anda maka dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih ekstra untuk menggiling dan mencerna makanan, Akibatnya muncul keringat dingin saat anda tertidur.

12.Jus lidah buaya

Selain khasiat lidah buaya untuk kulit ternyata lidah buaya bermanfaat untuk mengendalikan produksi keringat dari dalam tubuh. Lidah buaya merupakan tanaman herbal terbaik didunia yang terbukti mampu mengatasi masalah munculnya keringat dingin saat tidur. Didalam lendir lidah buaya terdapat senyawa fitonutrien dan fitoestrogen yang ampuh menstabilkan hormon, Suhu tubuh, Melancarkan pembuluh darah dan dapat mengendalikan kelenjar keringat agar keringat yang keluar tidak berlebihan. Memanfaatkan lidah buaya untuk jus sehat harian adalah cara mengatasi keringat dingin saat tidur yang aman tanpa efek sampoing.

13, Jus delima

Delima mengandung vitamin dan mineral yang secara klinis mampu menetralkan keringat berlebih termasuk pada keringat dingin yang keluar malam hari saat anda tidur. Minumlah jus delima secara teratur setiap hari yaitu satu jam sebelum tidur maka khasiatnya akan secerpatnya bisa dirasakan. Namun disarankan tidak mengkonsunsi buah delima secara berlebihan, Hal itudilakukan untuk menghindari efek samping buah delima yang penting anda ketahui mulai dari sekarang.

14.Teh ginseng dan madu

Teh ginseng dapat diperoleh dibwrbagai toko obat atau swalayan  dan bisa dijadukan alternatif atau cara mengatasi keringat dingin saat tidur yang terbukti ampuh. Minumlah 2 kali sehari teh gingseng yang sebelumnya sudah ditambahkan madu asli.

15.Obat dan injeksi

Cara mengatasi keringat dingin saat tidur yang direkomendasikan para dokter adalah menjalami injeksi atau mengkonsumsi obat tertentu yang diformulasikan untuk mengurangi produksi keringat saat malam hari atau ketika anda tertidur. Obat yang dianjurkan adalah obat anti perspiran dan Injeksi yang disarankan adalah suntikan botulinum tipe A.   Dokter juga memperbolehkan anda menggunakan obat jenis Glycopyrrolate atau propantheline bromide.

16.Kunyit asam jahe

Minuman yang dibuat dari rimpang jahe dan kunyit lalu ditambahkan asam jawa dan perasan jeruk lemon merupakan ramuan herbal yang nikmat untuk dikonsumsi 2 kali sehari sebagai metode perawatan dari dalam tubuh untuk cara mengatasi keringat dingin saat tidur.

17. Minum air putih

Membiasakan diri minum air putih secara berkala diantara aktivitas, Kesibukan rutin atau sesaat sebelum anda pergi tidur adalah kebiasaan yang baik untuk menghindari bahaya akibat kurang minum air putih, Salah satunya adalah terserang dehidrasi. Dehidrasi bisa mengganggu  jaringan karena pada dasarnya tubuh selalu  akan membutuhkan pasokan air setiap detiknya untuk melancarkan kinerja semua organ tubuh termasuk kelenjar keringat.