15 Obat Radang Gusi Alami dan Apotik

7182

Obat radang gusi merupakan media penyembuh yang bersifat kimia dan alamiah yang bisa diracik sendiri dirumah karena memiliki kemampuan menyembuhkan. Radang gusi adalah peradangan yang menyerang daerah gusi yang bisa menyebabkan munculnya berbagai keluhan kesehatan lain yang disebabkan karena rongga mulut telah dikendalikan oleh pertumbuhan bakteri akibat kondisi mulut yang tidak terjamin kebersihannya.

Gejala
Tanda tanda umum jika seseorang sedang terserang radang gusi

• Gusi mengalami pembengkakan
• Warna daerah gusi lebih merah dari biasanya
• Mudah terjadi pendarahan dan luka
• Akar gigi menue=run kekuatannya sehingga gigi mudah goyang
• Bau mulut yang menyengat
• Kondisi rongga mulut terasa kering
• Produksi air liur berkurang
• Mudah terserang flu
• Sakit pada daerah rahang
• Salah satu atau kedua pipi muncul pembesaran
• Tubuh terasa lemas dan sering haus
• Belakang atau bawah telinga tersa nyeri
• Mengalami sakit kepala yang datang dan timbul

Penyebab
Penyebab Gusi meradang banyak faktor pemicunya, Diantaranya:

• Adanya pengendapan dan penumpukan plak hasil dari penguraian bakteri dari sisa makanan yang sebelumnya melekat dan tinggal disela sela gigi dan tidak dibersihkan selama lebih dari 48 jam atau karena kebiasaan tidak menggosok gigi pada malam hari sebelum berangkat tidur.

• Kebiasaan merokok yang menyebabkan gusi mudah iritasi karena terkontiminasi racun tar, Nikoton dan timbal yang bersifat panas dan menggerus lapisan dinding gusi secara bertahap sehingga kesulitan untuk regenerasi .

• Akibat memasang gigi palsu yang kutrang tepat dalam pemilihan bentuk dan ukuran dengan akar atau cangkang gigi yang ada pada gusi sehingga menyebabkan gusu terluka dan timbul peradangan dari dalam.

• Kurangnya asupan gizi seimbang daalaam tubuh sehingga imunitas tubuh tidak stabil yang memungkinakn serangan jamur dan virus mudah masuk melalui makanan yang dijual bebas dan mengiritasi lapisan gusi.

• Karena hormon tubuh mengalami perubahan yang disebabkan karena usia, Kehamilan, Pemakaian alat kontrasepsi dan akibat munculnya penyakit lain yang memicu kerusakan gusi.

• Karena mengkonsumsi obat obatan medis jenis antibiotik berlebihan dan jenis ciclosporiapasca operasi jantung yang dapat memicu kelainan pada gusi

• Penggunaan obat obatan terlarang, Alkohol dan minuman bersoda yang mampu mengurangi produksi air ludah dan menpengaruhi kesehatan gusi dari dalam.

• Mengkonsumsi obat anti kejang jenis fenitonin, Obat jenis calsium channel blokers dan nifedipeni yang digunakan untuk penyembuhan tekanan darah dan gangguan jantung secara sembarangan yang memicu kelaian dan kerusakan jaringan gusi.

Obat radang gusi
Jenis obat yang bersifat kimia dan alami yang ampuh mengatasi radang gusi

Obat radang gusi bersifat kimiawi

1. Obat kumur
Menggunakan obat kumur bagi seseorang yang baru mengalami radang gusi sangat penting untuk memblokir pergerakan bakteri didalam rongga mulut agar radang gusi tidak semakin parah atau mengalami gusi bernanah.

2. Antibiotik
Menggunakan antibiotik tertentu rekomendasi dokter terkait yang dapat langsung diminum atau yang berbentuk puyer halus yang kemudian dioleskan pada dinding gusi yang menderita peradangan agar mudah dikempiskan dan meredakan rasa nyeri diarea gusi.
(Baca juga : Jenis jenis antibiotik dan manfaatnya)

3. Obat bersifat analgesik
Mengkonsumsi obat yang bersifat analgesik yang bertujuan untuk menyembuhkan pembengkakn dan menyembuhkan iritasi sertra menghentikan pendarahan, Yaitu anti inflamasi non-steroid jenis asam mefenamat, Ibuprofen dan metampiron.
(Baca juga : Jenis obat analgesik)

4. Suplemen makanan
Mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dosis tinggi, Pellagra (niasin) dan asam folat diman ketiga bahan tersebut dapat menghentikan pendarahan gusi penyebab gusi bengkak.

Obat radang gusi bersifat alami

1. Daun selada + Wortel + Peterseli
Daun selada, Wortel dan peterseli dikukus terlebih dahulu kemudian blender dan saaringlah sarinya untuk kemudian diminum dua kali sehari setiap hari. Ramuan herbal tersebut memiliki kemampuan untuk menyembuhkan peradngan pada gusi dan mencegah pembengkakan daatng kembali.

2. Daun sirih + Garam
Ambilah daun sirih lalu haluskan bersama garam yang ditambahka sedikit air hangat kemudian oleskan pada gusio yang sakit atau bisa pula ditambahkan dengan air secukuponya untuk obat kumur. Lakuakan setiap haro pagi dan malam hari menjelang tidur.

3. Minyak cengkih + Garam
Minyak cengkih mempunyai zat anti bakteri dan anti radang yang kuat sehingga dapaat melindungi gusi bengkak agar cepat mengalami proses penyembuhan. Oleskan minyak cengkih yang telah ditambahkan garam sedikit pada permukaan gusi yang meradang.

4. Asam kawak (jawa)
Asam kawak dapat disangrai terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan oleskan pada gusi yang sedang mengalami pembengkakn dan iritasi. Lakukan beberapa kali setiap hari sampai peradangan pada area gusi hilang.

5. Bayam duri
Ambilah beberapa lembar daun bayam duri lalu haluskan kemudian oleskan pada gusi yang sakit . Bayam duri mampu meredakan rasa nyeri pada gusi yang sedang mengalami peradngan dan mampu pula mempertyahankan produksi alir liur didalam ronmgga mulut agar tetap stabil.

6.Kulit buah andong + Garam
Tumbuklah kulit andong sampai halus bersamaan dengan garam. Oleskan ramuan sederhana tetapi ampuh dalam mengatasi gusi bengkak ini setiap hari sesering anda bisa. Kulit andong memiliki zat anti peradangan yang kuat yang dapat meredakan rasa nyeri bagian rahang dan belakang telinga akibat peradngan gusi.

7.Kunyit + Gambir
Air kunyit dan gambir dapat direbus secara bersamaan lalu dinginkan airnya untuk kemudian dapat dijadikan obat kumur untuk meredakan pemnenmgkakn dan menghilangkan rasa nyeri pada gusi yang menjalar kebagian pipi sehingga pipi ikut mengalami pembesaran. Obat radang gusi tersebut banyak digunakan oleh orang tua jaman dahulu karena terbukti mampu mengatasi masalah gusi bengkak.

8.Bawang putih + Garam
Obat radang gusi yang sederhana tetapi terbukti manjur adalah dengan mengunyah bawang putih. Walaupun mengunyah bawang putih sangat getir rasanya tetapi mampu menyembuhkan gusi yang sedang mengalami pembengkakan dan iritasi akibat serangan bakteri hasil penguraian sisa makanan yang menyelip dan megendap disela gigi. Zat antibiotiok yang tinggi didalamnya mampu mengikis endapan plak yang melekat pada dinding gusi dan mencegah gusi mengalami pendarahan.

9. Bawang merah + garam
Bawang merah juga memiliki zat yang dapat mengempoiskan pembengkakan pada gusi yang menyebabkan area rahang ikut terasa nyeri. Bawang merah dapat dimakan langsung bersama garam secukupnya. Bawang merah mampu mengembalikan produksi air liur yang hilang menjadi kembali normal sehingga peradangan gusi cepat bisa disembuhkan.

10. Sambiloto + Kunyit + Madu + Air jeruk nipis
Obat radang gusi yang cukup ampuh mengatasi masalah gusi meradang adalah perpaduan antara sambiloto dan air kunyit dapat direbus secara bersamaan lalu saringlah airnya ketika telah mendidih. Setelah dingin tuangkan madu murni secukupnya dan air jeruk nipis secukupnya. Ramuan herbal yang memiliki citarasa pahit asam manis ini mampu menyembuhkan gusi yang sakit akibat terjadi pembengkakan yang telah berlangsung lebih dari 3 hari.

11. Daun krokot
Ambilah beberapa daun krokot lalu rebuslah. Setelah dingin dapat disaring sarinya lalu bisa dikonsumsi dua kali sehari setiap hari sampai peradangan pada gusi semakin berkurang dan cepat mengalami proses penyembuhan. Daun krokot memiliki kemmapuan dalam menyembuhkan sakit gusi dengan cepat dan layak dijadikan sebagai obat radang gusi yang relarif aman dan terbukti ampuh dalam hal menyembuhkan inflamasi yang terjadi pada tenggorokan dan rongga mulut.