Home ReviewKesehatan 13 Cara Mengatasi Ketiak Basah Super Ampuh

13 Cara Mengatasi Ketiak Basah Super Ampuh

by Lia Yuliana

Ketiak basah bagi seorang aktivis pasti akan mengganggu aktivitasnya, bagaimana tidak mengaggu, ketiak yang basah pasti akan membuat pemilik ketiak itu merasa tidak Percaya diri lagi. meskipun tidak terlalu kelihatan, pasti akan terasa lengket ketika ketiak itu basah. Apalagi basahnya benar-benar kebangetan. Ketiak basah biasa disebut burket. Kadang burket itu pula tak hanya membuat tidak Percaya diri tetapi juga membuat bau badan. Jadi untuk para aktivis, yang tidak aktivis juga perlu simak hal ini. Baik untuk menjaga agar ketiak tidak terllau basah adalah dengan menggunakan deodorant.

Biasanya hal itu yang dilakukan. Tetapi ada pula yang tidak cocok menggunakan deodoran. Maka dapat menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga keringat yang dikeluarkan pada ketiak itupun akan hilang secara alami. Karena jika bahan yang digunakan bahan kimia dapat membuat ketiak malah menjadi iritasi. Sebelum membahas mengenai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi ketiak basah maka akan dibahas dulu mengenai faktor penyebab ketiak basah

Faktor penyebab ketiak menjadi basah

  1. Banyak beraktivitas

Aktivitas yang banyak membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, terkdang keringat yang keluar tidak hanya pada bagian yang terlihat saja, tetapi pada bagian yang tersembunyi pun akan mengeluarkan keringat seperti salah satunya adalah bagian ketiak. Untuk dapat diakukan berbagai macam cara menghilangkan bau ketiak sehingga ketika banyak beraktivitas ketiak tidak basah dan juga tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan tidak hanya itu ketiak yang basah dan tidak terawat membuat ketiak menjadi hitam, jadi ketahui pula cara menjaga ketiak agar tidak hitam yang paling ampuh.

  1. Faktor keturunan

Ada beberapa orang yang memang keturunan konsumsi minyak pada tubuh terlalu banyak, itu sebabnya ketiak mudah basah

  1. Cuaca

Cuaca akan membuat ketiak menjadi basah, apalagi cuaca yang sangat panas

  1. Pakaian

Terkadang pakaian yang digunakan pun membuat ketiak mudah basah, itu sebabnya ketika akan beaktivitas yang sangat padat, maka gunakanlah pakaian yang tepat agar ketiak tak mudah basah

Itulah faktor yang dapat menyebabkan ketiak menjadi basah, maka dari itu ketahuilah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi ketiak basah itu. Bahan-bahan alami itu diantaranya adalah buah-buahan dan tumbuhan dari alam

  1. Menggunakan lidah buaya

Pada dasarnya lidah buaya memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk membersihkan keringat, sehingga lidah buaya juga mampu untuk membersihkan ketiak yang basah. Karena dengan menggunakan lidah buaya ini keringat akan berkurang sehingga ketiak juga akan bersih. Bahkan tidak hanya keringat saja khasiat lidah buaya untuk kulit itu sangat banyak sekali. Bahkan lidah buaya dapat digunakan sebagai obat alergi gatal pada kulit, jadi memang banyak sekali khasiat lidah buaya itu.

Cara menggunakan lidah buaya

Cara menggunakan lidah buaya

Ambil beerapa lidah buaya yang tidak terlalu tua tetapi juga tidak terlalu muda, kemudian masak lidah buaya itu sampai mendidih, konsumsilah paling tidak ½ cangkir untuk menghilangkan bau badan dan juga untuk menghilangkan produksi minyak pada badan sehingga ketiakpun juga akan berkurang dalam memproduksi minyaknya. Jadi ketiak tidak terlalu basah

  1. Dengan tomat

Kandungan gizi tomat salah satunya vitamin yaitu mengandung vitamin C bahkan tidak hanya vitamin c namun vitamin A yang cukup banyak ini juga dapat menghilangkan produksi minyak yang berlebih sehingga dapat digunakan untuk menghindari ketiak dari keringat jadi ketiak tidak basah lagi. dalam perawatan wajah vitamin c ini diperkaya untuk mengambil minyak pada wajah sehingga wajah menjadi bersih.

cara memanfaatkan tomat

Cara menggunakan tomat Tomat dapat digunakan untuk menghilangkan ketiak,

  • cara yang digunakan Dengan jus Tomat dapat dibuat jus
    untuk pembuatan jus ini selera masing-masing sebenarnya, tetapi biasanya 1 buah tomat dan 1 sendok gula (sesuai selera) kemudian di minum setiap hari Konsumsi langsung Bila yang tidak suka dengan jus
  • dapat mengkonsumsi tomat ini dengan langsung. Paling tidak juga sehari sekali.
  • Sebagai olesan
    Buah tomat dapat digunakan sebagai masker, dengan mencampurkan toman dengan mentimun, bisa diblander atau juga ditumbuk, sesukanya saja. setelah masker itu jadi, usapkan pada ketiak. Dengan penggunaan rutin bau keringat dan ketiak basah akan berkurang.
  1. Menggunakan cuka

Cuka memang merupakan cara menghilangkan peluh di ketiak yang paling ampuh. Pada dasarnya cuka dapat menghampat bakteri pada kulit, sehingga cuka ini sangat cocok digunakan untuk pembunuh bakteri pada ketiak yang basah, seperti halnya dapat digunakan untuk deodoran. Cuka yang dapat digunakan untuk membersihkan ketiak biasanya adalah cuka putih dan juga cuka apel. Tergantung mana yang lebih cocok pada ketiak anda. Bahkan tidak hanya itu saja, cuka memiliki beberapa khasiat lainnya seperti dapat digunakan sebagai cara mengobati kurap, cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, dan juga cara menghilangkan kapalan di tangan. Jadi sangat banyak sekali manfaat cuka bagi kehidupan terutama kerbersihan tubuh.

cara menggunakan cukaCara menggunakan cuka ada dua jenis cuka yaitu cuka putih dan cuka asam Untuk cuka putih ataupun cuka asam ini dapat digunakan dengan mengoleskan pada ketiak, oleskan cuka pada ketiak degnan menggunakan kapas, gunakan cuka ini sebelum mandi. Jarak antara pengolesan cuka dengan mandi adalah 30 menit, agar cuka dapat bekerja denga maksimal dan membunuh bakteri yang ada.

  1. Dengan buah lemon

Sama halnya dengan tomat, buah lemon memiliki kandunga vitamin C yang cukup banyak, meskipun tidak sebanyak buah jambu biji, namun buah lemon ini dapat meminimalisir keringat pada ketiak dan juga badan. Selain utuk menghilangkan keringat pada ketiak, buah lemon ini juga bermanfaat untuk mengubah warna hitam pada ketiak menjadi lebih cerah, sehinga yang diperoleh bukan hanya ketiak yang bersih dan tidak basah tetapi juga ketiak yang cerah. Jadi ketika pergi-pergi menggunakan baju yang mini akan lebih percaya diri.

  1. Dengan mentimun

Mentimun dengan getah mentimun ini dapat menghilangkan jumlah produksi minyak. Cara menggunakan mentimun sangatlah mudah. Hanya perlu mengoleskan getah dari irisan mentimun itu keketiak saja, seperti ketika merawat mata dengan mentimun itu sebagai cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

Selain digunakan untuk kecantikan yaitu untk menghilangkan keringat pada ketiak, mentimun juga memiliki banyak khasiat timun untuk kesehatan sehingga bukan merupakan suatu kesalahan bila menanam buah mentimun. Selain rasanya yang segar. Manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatannyapun amat banyak. Mentimun ini selain berkhasiat untuk membersihkan dan menyegarkan ia juga berkhasiat untu memutihkan. Jadi mentimun juga sangat cocok digunakan sebagai cara memutihkan selangkangan secara alami dan permanen.

  1. Dengan buah bit

Buah bit merupakan salah satu makanan yang mengandung asam folat super tinggi, dan juga makanan yang mengandung zat besi. Bahkan buah bit juga merupakan jenis makanan yang cepat membakar lemak. Oleh karena itu buah bit sangat dipercaya untuk membakar dan menghilangkan lemak pada ketiak. Caranyapun sangat mudah, Dengan menggunakan buah bit yang dicampur teh gliserin ini dapat membuat keringat pada ketiak atau burket hilang seketika.

  1. Dengan lobak

Lobak dapat digunakan sebagai jus, karena lobak ini sangat enak dibuat jus, pada dasrnya buah lobak memiliki kemampuan untuk membersihkan ketiak yang burket dan juga menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya mengoleskan 1 sedok lobak yang sudah dibuat jus ini ke satu ketiak dan 1 sendok lagi untuk ketiak satunya. Jadi untuk setiap kali penggunaan siapkan 2 sendok jus lobak.

  1. Dengan kemangi

Kemangi yang biasanya dapat ditemukan pada masakanan yang berminyak. Ya memang benar, karena kemangi ini diperkaya dengan kemampuannya untuk mengusir minyak yang ada pada makanan itu. Tetapi ternyata tidak hanya pada makanan saja, tetapi juga dapat mengusir minyak pada ketiak anda. Cara menggunakan kemangi untuk menghilangkan keringat pada ketiak pun sangat mudah. Hanya dengan menjadikan ketiak sebagai lalapan makan siang saja.

Namun yang tidak boleh lepas adalah tidak boleh mengaaikan efek samping daun kemangi bagi wanita dan kesehatan karena apabila hal ini diabaikan akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebenarnya efek itu akan terjadi jika penggunaaan yang berlebihan, namun jika menggunakan sesuai dengan porsinya itu akan membawa dampak baik bagi wanita.

Itulah bahan alami yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan keringat yang banyak pada ketiak sehingga membuah ketiak menjadi basah, namun ternyata tidak hanya bahan alami saja yang dapat menghilangkan keringat pada ketiak, tetapi merawat ketiak juga dapat membuah ketiak lebih bersih dan tidak mudah basah. Cara yang dapat digunakan diantaranya adalah

  1. Mencukur rambuat pada ketiak

Dengan menjaga kebersihan ketiak, terutama pada rambut ketiak agar tidak terlalu banyak ini juga dapat menghambat ketiak agar tidak basah, dengan melakukan cara ini maka ketiak akan lebih bersih lagi. pada dasarnya rambut yang panjang-panjang dan rimbun pada ketiak itu akan membantu keringat semakin cepat dalam proses reproduksi minyaknya sehingga produksi minyak pada ketiak yang banyak rambutnya ini menjadi banyyak dan mudah basah. Bahkan ketiak yang memiliki banyak rambut ketiak ini menyebabkan keringat menjadi bau dan tidak sedap. Maka dari itu bagai anda yang merasa rambut ketiak sudah panjang segera cukur rambut ketiak itu agar tidak terlalu rimbun.

  1. Rajin-rajinlah mandi

Biasanya mandi itu paling tidak 2 kali sehari itu adalah wajarnya, tetapi jika malas untuk mandi paling tidak mandi 1 kali sehari saja, karena kebersihan pada badan akan mempengharuhi keringat pada badan itu, jadi jika badan tidak bersih maka burken akan muncul. Orang yang tidak pernah mandi, produksi keringat akan lebih banyak karena metabolisme bakteri itu akan semakin cepat.

  1. Dengan soda kue

Bahan yang tak kalah baik adalah soda kue, suda kue ternyata juga mampu mengurangi keringat berlebih dan juga dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap pada badan anda, jadi ketika sudah menggunakan soda kue ini, keringat dapat diserap dengan baik oleh soda kue sehingga sepanjang hari akan tetap dapat tampil lebih percaya diri. Karena keringat berkurang dan badan pun tidak menimbulkan bau badan yang sangat menyengat. Bau badan biasanya disebabkan oleh keringat yang banyak pula

  1. Menggunakan deodorant alami

Deodorant alami ini dapat menggunakan minyak rosemary yang dicampurkan dengan air, kemudian dijadikan deodorant dan digunakan seperti biasanyanya. Cara membuatnyapun sangat gampang,  hanya dengan mencampurkan 8 tetes minyak rosemary dengan 100 gram air kemudian diaduk sampai rata.

  1. Dengan tawas

Pada dasarnya tawas ini memiliki fungsi untuk membersihkan. Kadang tawas digunakan untuk membersihkan air sehingga air menjadi lebih jernih. Tetapi ternyata tawas dapat digunakan untuk menutup kelenjar keringat. Kelenjar keringat yang tertutup ini tentu akan mencegah keringat muncul lagi.

Nah, itu dia cara-cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan keringat pada ketiak, jika keringat pada ketiak tidak banyak pasti ketiak tidak akan basah. Jika ketiak tidak basah badan tidak akan bau, selain badan tidak bau dalam beraktivitaspun menjadi lebih percaya diri.

You may also like