Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 5 Penyebab Benjolan di Ketiak

5 Penyebab Benjolan di Ketiak

by Ana Rohma

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang mungkin cukup sering diperhatikan, terutama pada para wanita, dimana ketika yang bersih dan juga sehat merupakan salah satu daya tarik tersendiri. Ketiak sendiri merupakan bagian lipatan yang berada antara lengan dan juga bagian rongga dada. Ketiak membutuhkan perawatan yang khusus, karena bagian lipatan ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap apabila tidak diperhatikan dengan baik. Cara paling sederhana untuk memperhatikan perawatan dari ketiak ini adalah dengan cara memberikan deodorant pada ketiak, sehingga ketiak akan terhindar dari kuman dan tidak menyebabkan bau yang tidak sedap.

Masalah pada Ketiak

Ketiak sendiri merupakan bagian tubuh yang tidak luput dari masalah. Ada banyak gangguan yang dapat anda temukan pada bagian ketiak seperti :

  • bau badan
  • ketiak yang lengket dan berminyak
  • kulit ketiak yang infeksi dan berbintik merah
  • kulit ketiak yang selalu berkeringat
  • bulu ketiak yang terlalu lebat
  • ketiak menguning
  • benjolan pada ketiak

Semua gangguan ketiak tersebut bisa saja muncul pada siapapun, tergantung bagaimana cara dia merawat kesehatan ketiaknya. Namun demikian, ada beberapa gangguan ketiak, yang ternyata cukup mengkhawatirkan, karena memiliki ciri-ciri dan mengindikasikan gejala kesehatan yang cenderung buruk, yaitu benjolan pada ketiak.

Benjolan di ketiak merupakan salah satu gejala yang jarang terjadi, namun hai  inmerupakan salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan. Kondisi ini merupakan salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan tubuh. Apa saja sih yang dapat menyebabkan munculnya benjolan pada ketiak? Berikut ini adalah beberapa penyebab utamanya :

1. Alergi terhadap bahan tertentu

Penyebab pertama dari munculnya benjolan di ketiak adalah merupakan salah satu respon tubuh terhadap suatu bahan-bahan tertentu. Biasanya kondisi ini, terjadi karena tubuh alergi terhadap bahan seperti yodium, penisilin, dan juga jenis obat lainnya yang memiliki efek memperbesar kelenjar getah bening. Namun demikian, hal ini tidak berbahaya bagi tubuh, karena merupakan suatu respon alami yang akan hilang dalam beberapa waktu.

Mengapa hal ini merupakan suatu respon yang alami dan wajar?? karena bahan-bahan tersebut memiliki kemungkinan untuk memperbesar kelenjar getah bening, yang notabene salah satunya adalah berada pada bagian ketiak. Untuk mencegah hal ini, maka yang pasti harus lakukan adalah menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan di atas.

Bagi yang sering mengalami alergi makanan banyak hal yang bisa terjadi, berikut ini beberapa diantaranya :

2. Efek samping mencukur bulu ketiak

Ini dia penyebab lainnya dari kemunculan benjolan pada bagian ketiak. Ya, benjolan di ketiak bisa saja disebabkan oleh kebiasaan anda yang sering mencabuti bulu ketiak. Mencabuti bulu ketiak sering dianggap salah satu cara menjaga ketiak agar tidak hitam untuk memperoleh kecantikan dan meningkatkan daya tarik anda dengan ketiak yang mulus dan juga bersih. Namun demikian, ternyata mencabut bulu ketiak merupakan sesuatu yang sebenarnya dilarang, karena dapa menimbulkan efek buruk.

Bahaya mencabut bulu ketiak disebabkan oleh kondisi dimana bulu ketiak yang dicabut tidak dapat tumbuh lagi dengan sempurna, dan menyebabkan bulu ketiak tersebut malahan tumbuh ke dalam, yang akan menimbulkan benjolan di area ketiak. seram sekali bukan? Karena itu, jangan pernah untuk mencabuti bulu ketiak. Apabila anda ingin menghaluskan ketiak, cobalah untuk mengguntingnya saja agar tidak tercabut hingga ke akarnya.

3. Alergi terhadap bahan kimia deodorant

Ternyata salah satu barang yang sering kita gunakan untuk menjaga dan juga merawat ketiak kita, bisa juga menimbulkan reaksi alergi. Ya, beberapa bahan deodorant mungkin saja tidak cocok dengan kondisi kulit kita, karena itu, dapat menyebabkan kelenjar getah bening beraksi terhadap bahan kimia yang terdapat di dalam deodorant tersebut hingga menyebabkan munculnya benjolan disekitar ketiak.

Hal ini hanya akan terdeteksi apabila anda merasakan gejala tersebut setelah menggunakan deodorant merk tertentu. saran terbaik adalah coba mengganti deodorant lainnya yang memiliki kandungan bahan alami.

Masalah alergi bahan kimia ini juga bisa terjadi karena :

4. Kanker kelenjar getah bening

Merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan benjolan di ketiak sangat berbahaya. Ya, kanker kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening ini sebenarnya merupakan pembesaran dari kelenjar getah bening biasa, atau sering juga dikenal dengan istilah limfoma, yang terjadi karena adanya benda saing, seperti bakteri dan juga virus yang masuk ke dalam kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma sendiri memiliki dua bentuk, yaitu :

Hodgkin’s Limfoma

Sel kanker yang menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening berasal dari sel darah putih. Hodgkin’s Limfoma hanya berjumlah 10% dari kasus kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang ada di dunia.

Non – Hodgkin’s Limfoma

Bentuk kedua dari kanker limfoma adalah non – Hodgkin’s Limfoma. Non – Hodgkin’s Limfoma merupakan bentuk kanker limfoma yang asal pertumbuhan sel kankernya bukan berasal dari bagian sel darah putih. kanker jenis ini biasanya berasal dari infeksi kanker yang terjadi pada organ lainnya, yang menyebar ke kelenjar getah bening. Non – hodgkin’s limfoma merupakan kasus kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang banyak terjadi.

Bukan tidak mungkin, benjolan di ketiak yang muncul adalah merupakan kanker limfoma, yang mungkin saja muncul karena infeksi dari kanker lainnya yang sudah muncul pada tubuh. Kemudian hal ini berdampak pada kelenjar getah bening di ketiak anda.

Kanker kelenjar getah bening sangatlah berbahaya, berikut berbagai macam yang mampu meningkatkan resikonya seperti :

5. Kanker Payudara

Bahaya lainnya yang dapat menyebabkan benjolan di ketiak adalah kanker payudara. Ya, salah satu gejala umum yang muncul pada kanker payudara adalah terdapat benjolan di ketiak, yang terasa sangat sakit apabila disentuh. Peningkatan resiko kanker payudara, dapat ter jadi karena pemicunya seperti :

Khusus untuk kedua penyebab terakhir yaitu kanker limfoma dan juga kanker payudara, butuh pemeriksaan medis lebih lanjut. Terutama ketika benjolan di ketiak muncul disertai gejala sakit lainnya, seperti tubuh terasa sangat lemas, nafsu makan tinggi, berat badan turun secara drastis dan berbagai gejala umum dari kanker lainnya. Pemeriksaan secara medis amad sangat dibutuhkan, karena benjolan di ketiak dapat muncul pada kanker stadium berapapun, yang tentu saja berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik dan benar.

Itulah beberapa penyebab dari benjolan di ketiak, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

You may also like