7 Penyebab Penyakit Kista Ovarium Pada Rahim

145

Kista merupakan sebuah penyakit dimana terbentuk kantong pada organ tertentu di dalam tubuh dan biasanya berisi cairan. Kista bisa muncul dimana saja, baik organ penting dalam tubuh maupun anggota tubuh yang terlihat dari luar. Meski begitu, kista lebih banyak dijumpai di ovarium wanita, dan penyakit ini sering mengakibatkan gangguan kesehatan terutama saat wanita sedang mengalami menstruasi.

Sebenarnya, kista tidak terlalu berbahaya, bahkan terkadang tidak membutuhkan operasi untuk mengatasinya. Beberapa kasus ditemukan penderita kista dapat sembuh dengan sendirinya tanpa tindakan medis yang intens, namun tetap saja kista wajib diwaspadai karena dapat mempengaruhi kesehatan jika kondisinya berkembang menjadi lebih serius. Jika kista semakin membesar, maka akan menimbulkan nyeri hingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab Penyakit Kista

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kista tumbuh baik pada jaringan otot maupun organ reproduksi. Penyebab kista yang umumnya terjadi yaitu sebagai berikut.

  1. Peradangan yang sangat parah sehingga memicu terbentuknya gelembung pada organ tertentu.
  2. Terjadi infeksi bakteri yang mengakibatkan sel dan jaringan sekitarnya membengkak, berisi cairan atau nanah dan dapat membesar.
  3. Terbentuknya tumor akibat aktivitas sel yang tidak normal, hal ini dikarenakan berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, makanan, dan sifat genetik seseorang.
  4. Meski jarang terjadi, kista juga dapat terbentuk karena kesalahan perkembangan embrio, saat seseorang masih dalam kandungan.
  5. Adanya parasit di dalam tubuh dan membentuk kantong-kantong berisi cairan. Jumlahnya bisa saja satu namun bisa juga bisa muncul banyak sekaligus.
  6. Terdapat sel yang mengalami kecacatan sehingga rentan mengalami kelainan dan terbentuk kista yang bisa muncul dimana saja.
  7. Seseorang yang mengalami cedera juga sangat rentan mengalami kista karena luka atau peradangan yang dialaminya. Karena itu, jangan pernah sekalipun mengabaikan cedera yang terjadi baik besar maupun kecil agar tidak muncul dampak yang lebih buruk.

Kista ovarium yang kondisinya cukup serius dapat menjadi penyebab menstruasi terlalu lama bagi wanita, juga penyebab pembesaran rahim walaupun sedang tidak hamil. Karena itu, meski tidak begitu mengkhawatirkan, kita perlu waspada terhadap bahaya penyakit kista. Diperlukan tindakan medis yang tepat untuk mengatasi penyakit ini, baik dengan tindakan operasi maupun dengan pemberian obat-obatan.

Penyakit kista merupakan penyakit yang jinak, namun dapat berkembang dengan sangat cepat bila kita mengabaikannya dan terus menerapkan pola hidup yang buruk. Kista yang muncul di ovarium atau rahim juga dapat menghambat kehamilan di usia subur, karena itu penyakit ini perlu segera diatasi. Selalu perhatikan perubahan pada tubuh terutama jika perut semakin membesar. Jika dirasakan gejala yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter. kista yang masih kecil dan segera ditangani akan lebih mudah untuk disembuhkan.