Endrolin – Obat Apa – Fungsi – Dosis Dan Efek Samping

1038

Endrolin merupakan suatu merek obat berbentuk suntik, yang diindikasikan untuk mengobati penyakit kista atau endometriosis dan bahaya endometriosis pada wanita, hingga pengobatan kanker prostat dengan metastasis pada pasien pria. Obat suntik ini digunakan dengan cara disuntikan pada bagian lemak bawah kulit atau di bagian otot. Obat suntik Endrolin ini diproduksi oleh Kalbe Farma.

Kandungan Endrolin

Endrolin yang dikenal sebagai obat yang disuntikan ini, memiliki kandungan zat yang disebut Leuprolide acetate. Merupakan GnRH atau kependekan dari Gonadotropin Releasing Hormone) yang biasanya digunakan pada pasien wanita yang memiliki riwayat penyakit endometriosis. Setelah disuntikan Endrolin, siklus menstruasi akan terangsang. Penggunaan secara terus menerus, dapat menekan produksi hormone wanita dan terjadi umpan balik yang negative serta membuat menstruasi menjadi berhenti.

Fungsi Endrolin

Obat suntik Endrolin ini diproduksi untuk membantu mengobati masalah reproduksi yang terjadi pada pria dan wanita, sehingga tidak diperlukan operasi endometriosis yang membutuhkan cukup banyak biaya. Beberapa masalah dalam organ reproduksi yang dapat diatasi sebagai berikut:

  • Mengobati kanker prostat dengan metastasis
  • Mengobati endometriosis pada genital maupun ekstragenital (stadium 1 hingga IV)

Dosis Endrolin

Obat suntik Endrolin juga harus diberikan pada pasien  pria yang mengalami gejala prostat dan wanita dengan keluhan penyakit reproduksi, sesuai dengan dosis yang berlaku. Adapun dosis yang tepat untuk pemberian Endrolin tersebut sebagai berikut:

  • Penyakit kanker prostat

Dosis yang tepat untuk penyakit ini adalah suntikan yang diulang setiap 4 minggu

  • Penyakit Endometriosis

Dosis yang tepat dimulai selama 5 hari pertama pada siklus menstruasi. Kemudian, diberikan satu suntikan subkutan yang diulang selama 4 minggu. Pengobatan rutin biasanya tidak lebih dari 6 bulan. Agar lebih maksimal, ditambahkan dengan konsumsi makanan untuk endometriosis yang mempercepat proses pemulihan.

Efek Samping Endrolin

Penggunaan obat suntik Endrolin, baik pada pria maupun wanita dewasa dapat menimbulkan beberapa keluhan efek samping yang sering terjadi, seperti :

  • Merasakan sensasi hot flushes atau semburan panas pada tubuh
  • Keadaan penglihatan menjadi kabur
  • Mengalami pusing
  • Mengalami penurunan libido, karena penyebab pembesaran prostat
  • Mengalami sakit kepala
  • Mengalami reaksi mual dan muntah
  • Merasakan nyeri di area payudara
  • Insomnia
  • Pingsan
  • Berat badan menjadi naik

Kontraindikasi Obat Endrolin

Obat suntik Endrolin dapat menimbulkan kontraindikasi, berupa meningkatnya resiko kehilangan densitas dari tulang belakang pasien yang mengkonsumsinya. Pasien dengan riwayat penyakit osteoporosis sebaiknya menghindari obat suntik ini, serta menjalani operasi prostat laser jika diperlukan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan obat suntik Endrolin, ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting ini, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari Endrolin dan menghindari kontraindikasi yang bisa terjadi. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Pasien sebaiknya tidak diberikan suntikan endrolin, jika memiliki riwayat perdarahan melalui vagina yang tidak terdeteksi oleh dokter
  2. Pasien yang memiliki alergi terhadap kandungan zat yang terdapat pada Endrolin, sebaiknya tidak menggunakan obat suntik ini
  3. Pada pasien wanita, menstruasi akan berhenti sesuai dengan dosis endrolin yang efektif

Endrolin Untuk Wanita Hamil

Pemberian obat suntik Endrolin pada wanita hamil serta dalam keadaan menyusui, tidak diperbolehkan. Hal tersebut dapat menimbulkan kontraindikasi yang akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang nyaman. Penggunaan endrolin juga dikhawatirkan akan berisiko terhadap janin dalam kandungan. Penggunaan Endrolin sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.