Operasi Prostat Laser – Resiko dan Perawatannya

1556

Sebelum mengetahui apa yang dimaksud dengan operasi prostat laser dan juga resiko serta perawatan prostat laser alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu prostat. Prostat merupakan kelenjar yang berukuran seperti buah prem yang dimana prostat tersebut terletak pada depan anus tepat di bawah kandung kemih pada pria. Kelenjar prostat ini dapat membesar bersamaan dengan ketika tubuh anda bertambah besar dan juga bertambah usia anda. Jika prostat bertambah besar dikarenakan usia dan juga karena tubuh anda semakin besar anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Prostat juga merupakan organ yang sangat rentan terhadap bakteri sehingga perlu dijaga dengan baik.

Operasi prostat laser adalah operasi yang dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan prostat yang terjadi pada pria. Operasi prostat laser lebih aman dan praktis sebab operasi prostat laser dilakukan dengan cara membius bagian yang akan ditemba laser saja. Pada operasi prostat yang dilakukan denga laser biasanya pasien akan tetap sadar bahkan masih dapat melihat operasi tersebut. Namun meskipun demikian ada beberapa Resiko yang dapat dirasakan oleh pasien yang melakukan operasi prostat. Adapun resiko dari operasi prostat laser adalah sebagai berikut

Resiko operasi prostat laser

1. Harga relatif mahal

Meskipun pada umumnya melakukan operasi prostat dengan menggunakan laser tidak memiliki resiko apapun namun kelemahannya hanya pada harga yang relatif mahal. Bahkan operasi prostat dengan laser merupakan operasi prostat yang praktis dan cepat. Teknologi operasi laser ini benar-benar merupakan teknologi yang sangat baik untuk digunakan sebagai pengobatan kanker terutama pengobatan kanker pada prostat.

Meskipun harganya relatif mahal namun operasi prostat dengan laser dipercaya lebih aman dan praktis Selain itu dapat terhindar dari resiko impotensi pendarahan dan juga waktu pemulihan operasi prostat dengan laser lebih cepat daripada operasi prostat lainnya. Untuk itu wajar saja jika operasi prostat dengan laser jauh lebih mahal dari operasi prostat biasa.

2. Laser dapat mengalami kerusakan

Meskipun hal ini jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan bahwa Leicester dapat mengalami kerusakan. Biasanya laser  akan mengalami kerusakan jika dasar tersebut digunakan pada proses yang ukurannya terlalu besar, Untuk itu perlu Penyesuaian dengan benar agar hal tersebut tidak terjadi.

Selain resiko operasi prostat laser, ada beberapa cara perawatan Ketika seseorang pasca operasi prostat laser yang juga perlu Anda ketahui. Adapun perawatan pasca operasi prostat laser adalah sebagai berikut

Perawatan operasi prostat laser

1. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Biasanya Ketika seseorang telah melakukan operasi prostat laser mereka akan dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mempercepat penyembuhan pasca operasi prostat laser. Informasi tambahan yang perlu kamu ketahui adalah, memang air putih baik untuk penyembuhan operasi prostat, tapi taukah kamu, mengkonsumsi air putih atau air mineral tidak boleh sembarangan, karena keracunan air putih bisa terjadi kapan pun ketika tidak memperhatikan hal-hal buruk yang akan terjadi.

2. Tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebih

Ketika seseorang telah melakukan operasi prostat laser maka dianjurkan untuk tidak beraktivitas fisik secara berlebihan. Melakukan aktivitas fisik secara berlebihan setelah melakukan operasi prostat dapat memper buruk keadaan. Untuk itu maka hindarilah melakukan aktivitas fisik yang berlebihan agar operasi prostat yang anda lakukan segera sembuh. Biasanya untuk mempermudah penyembuhan, fisik perlu kesehtan yang baik, salah satunya adalah dengan berolahraga agar menjaga tubuh tetap fit. 

Bagi mereka yang memiliki atau pasca melakukan operasi prostat tentu harus mampu menyeimbangkan kondisi fisiknya dengan aktivitasnya. Tetapi hal demikian tidak menutup kemungkinan untuk mereka tetap beroahraga, cara melakukan olahraga yang baik dan benar inilah yang perlu dipatuhi agar aktivitas tidak berlebihan terutama dalam melakukan olahraga.

3. Tidak mengedan ketika BAB

Ketika anda sedang buang air besar maka usahakan jangan mengedan secara berlebihan. Karena hal tersebut dapat memper buruk keadaan anda. Jika anda benar-benar mengalami kesulitan untuk buang air besar maka konsultasi karena kepada dokter Anda agar dokter anda memberikan solusi yang baik untuk Anda lakukan. Agar saat BAB tidak berlebihan ngedenya maka perlu konsumsi makanan yang mempermudah BAB biasaya konsumsi pepaya akan baik untuk memperlancai buang air besar. tetapi ternyata masih terdapat banyak buah pelancar bab yang dapat dimanfaatkan selain pepaya seperti pisang dan lainnya.

4. Mengkonsumsi buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk membantu proses penyembuhan pasca operasi prostat laser. Konsumsi buah-buahan yang dianjurkan adalah mengkonsumsi buah-buahan yang berserat seperti buah pepaya ataupun buah buah yang lainnya.

5. Mengkonsumsi sayur-sayuran

Tidak hanya mengkonsumsi buah-buahan yang berserat saja namun untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi prostat laser Anda juga perlu mengkonsumsi sayur-sayuran yang dapat membantu untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi prostat laser. Dengan mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang mengandung banyak serat akan membantu untuk melancarkan buang air besar. Memang mengkonsumsi banyak sayuran merupakan salah satu cara melancarkan buang air besar secara alami dan selain itu juga menyehatkan untuk tubuh.

6. Istirahat yang cukup

Hal yang dapat anda lakukan untuk perawatan pasca operasi prostat leser adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Selain itu hindarilah melakukan aktivitas yang berat seperti yang telah dijelaskan di atas ada penyembuhan pasca operasi prostat laser dapat berjalan dengan lancar. Dengan istirahat yang cukup ini pun dapat menembalikan fit nya tubuh dan tidak akan mudah merasa kecapek an tubuhnya.

Itulah beberapa hal mengenai operasi prostat laser resiko operasi prostat laser dan juga perawatan dari operasi prostat laser. Seiring dengan berjalannya waktu memang banyak teknologi-teknologi yang dapat digunakan untuk peralatan medis dan mempermudah dokter dalam penyembuhan berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit prostat. Adanya kemajuan teknologi ini perlu kita syukuri dan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan serta menambah wawasan anda tentang operasi prostat laser. Seperti yang telah dijelaskan diatas meskipun harga yang relatif mahal dari operasi prostat laser ini namun operasi prostat laser merupakan operasi yang praktis dan lebih cepat dibanding dengan operasi prostat biasa.