12 Efek Samping Laser Bulu Ketiak Penting Anda Ketahui

849

Bagi banyak wanita, tampil cantik itu bebas bulu, maka tentunya bulu ketiak pun menjadi hal yang cukup mengganggu. Itulah mengapa dengan kemajuan teknologi pada zaman sekarang, para wanita yang khususnya berduit akan memilih menghilangkan bulu ketiak dengan laser ketimbang mengambil risiko bahaya akibat mencabut bulu ketiak. Namun, benarkah penggunaan laser untuk merontokkan bulu ketiak ini aman meski tak menimbulkan benjolan di ketiak? Efek samping laser bulu ketiak bagi kesehatan bisa disimak sebagai berikut.

  1. Kulit Ketiak Kemerahan

Laser memang merupakan teknologi super canggih di mana akan lebih mudah dalam menghilangkan bulu ketiak serta menghasilkan kulit yang benar-benar mulus tanpa sisa bulu. Hanya saja, tetaplah waspadai akan efek samping pada kulit ketiak Anda.

Beberapa hari pasca melakukan perawatan dengan laser memang bulu ketiak hilang dan hasil sepertinya memuaskan, namun pada beberapa kasus akan terjadi kemerahan pada kulit. Kulit yang memerah ini diduga adalah dari membengkaknya area folikel yang terjadi sebagai dampak dari perawatan dengan laser tersebut sehingga Anda perlu waspada terhadap hal seperti ini.

  1. Memar Ringan

Pada dasarnya, penggunaan laser sebagai penghilang bulu ketiak sudah sangat banyak digunakan dan rata-rata pun hasilnya bagus serta aman. Meski demikian, tetap ada beberapa bahaya yang harus kita tahu sebelum memanfaatkan teknologi kesehatan semacam ini. Memar ringan juga berisiko dialami pasien khususnya bila memang kulitnya tergolong sangat sensitif, namun nanti juga akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

  1. Penebalan/Pengerasan Kulit

Pada area kulit ketiak yang bulunya dihilangkan menggunakan laser, ada kemungkinan akan mengalami pengerasan atau penebalan di sana. Kemunculan efek seperti ini pada umumnya adalah beberapa hari sejak dari awal perawatan, namun nantinya akan menghilang sendiri lalu kembali normal apabila kondisi tak begitu serius.

  1. Iritasi dan Gatal

Penggunaan laser pada bagian ketiak untuk menghilangkan bulu ketiak dapat menimbulkan iritasi di kulit ketiak. Tak hanya kemerahan karena area folikel yang membengkak, iritasi ini pasti juga disertai dengan rasa gatal yang akan membuat Anda tak nyaman walau mungkin hanya akan dialami beberapa hari saja.

  1. Kulit Kering dan Panas

Bila sebelum-sebelumnya merupakan efek samping laser yang tergolong sementara dan bahkan akan hilang dalam beberapa hari atau seminggu, penggunaan laser yang frekuensinya tinggi maka akan mampu memperburuk kondisi kulit. Kulit bisa saja menjadi kering dan akan terasa sensasi panas di bagian ketiak.

  1. Hipopigmentasi

Warna kulit yang hilang atau berkurang merupakan suatu kondisi yang dinamakan dengan hipopigmentasi. Keadaan ini dapat dialami karena sel melanosit pada kulit berkurang dan bahkan laser bulu ketiak pun mampu memicu kondisi seperti ini. Kulit ketiak yang bulunya dihilangkan dengan laser pun akan menjadi nampak lebih terang bila dibandingkan kulit sekitarnya dan inilah yang menjadi penyebab bercak putih pada kulit.

  1. Perih Berlebih

Penggunaan laser untuk bulu ketiak juga mampu memunculkan rasa perih pada bagian kulit ketiak. Rasa perih ini bisa jadi adalah efek samping yang sudah pada tahap serius di mana rasa perihnya pun sangat tak tertahankan. Kesalahan perawatan dapat menjadi penyebab efek ini terjadi.

  1. Hiperpigmentasi

Selain hipopigmentasi, hiperpigmentasi dapat terjadi pada kulit ketiak yang dilaser. Bila hipopigmentasi membuat kulit yang terkena menjadi lebih terang, maka hiperpigmentasi membuat kulit menjadi lebih gelap pasca bulu dihilangkan. Ini karena produksi melanin terstimulasi oleh perawatan laser sehingga terjadilah pembentukan reaksi yang tampak sama dengan proses tanning atau hasil berjemur di bawah matahari. Cobalah mencari cara menjaga ketiak agar tidak hitam dan pastikan untuk mengatasi hiperpigmentasi ini setelah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Kesemutan dan Mati Rasa

Efek lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum menempuh laser bulu ketiak adalah adanya kemungkinan kulit ketiak menjadi mati rasa atau kesemutan pasca perawatan. Efek seperti ini termasuk yang paling umum dan juga tergolong normal serta ringan yang akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Demikianlah beberapa efek samping laser bulu ketiak mulai dari yang ringan hingga serius untuk Anda ketahui sekaligus waspadai. Pertimbangkan kembali akan efek-efek bahaya dari laser bulu ketiak sebelum mencoba menjalani perawatan dengan teknologi tersebut.