7 Penyebab Benjolan Sakit di Ketiak yang Berbahaya

11450

Mungkin anda pernah mengalami sebuah kejadian adanya benjolan di bagian ketiak. Kasus ini banyak dikeluhkan oleh orang karena memang cukup banyak orang yang mengalaminya. Sebenarnya keluhan ini tidaklah berlebihan karena benjolan yang terjadi di bagian ketiak bisa jadi adalah iritasi biasa atau karena adanya penyakit lain yang lebih serius seperti kanker dan tumor. Apalagi jika benjolan ini tidak segera sembuh dan menimbulkan rasa sakit hingga membuat aktivitas terganggu.

Benjolan di Ketiak bisa Menimbulkan Kanker

Benjolan di ketiak ini bisa jadi karena adanya pembengkakan di bagian kelenjar getah bening yang terletak di bagian ketiak baik di bagian kiri maupun di bagian kanan. Kelenjar getah bening ini sebenarnya berfungsi untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh namun, pada beberapa kasus malah didalamnya mengalami pertumbuhan sel yang tidak normal sehingga bisa menyebabkan kanker atau tumor. Nah, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui apa jenis benjolan yang terdapat di ketiak apakah merupakan infeksi atau merupakan benjolan ganas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa benjolan yang terjadi di bagian ketiak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat penyebab benjolan sakit yang ada di ketiak ini. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab dari adanya benjolan di bagian ketiak.

1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab yang paling utama dalam munculnya benjolan di ketiak. Infeksi dari bakteri ini kemudian dapat menyebabkan pembengkakan dimana orang awam menyebutnya sebagai bisul. Bakteri yang sudah menginfeksi kulit ini masuk melalui pori-pori dan bagian folikel rambut biasanya dikarenakan adanya bekas garukan di dalamnya. Jika bisul ini tidak segera diobati maka akan menjadi lebih parah dan mengandung banyak nanah sehingga bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat jenis antibiotik untuk mengobatinya bahkan mungkin juga akan melakukan prosedur operasi kecil untuk mengeluarkan nanah.

(Baca juga : cara menghilangkan bisulCara mengobati bisul)

2. Inveksi virus

Benjolan di bagian ketiak juga bisa dikarenakan oleh adanya virus yang menyerang tubuh diantaranya seperti virus HIV AIDS, herpes zoster atau bahkan cacar air. Sebenarnya benjolan ini terjadi karena kelenjar getah bening akan menangkap virus supaya tidak menyebar ke bagian organ lainnya namun jika virus cukup kuat maka justru akan membuat kelenjar getah bening ini membesar. Pengobatan benjolan di ketiak karena virus ini tidak memiliki cara pengobatan yang khusus, namun pasien bisa diberikan obat antivirus dan pereda rasa sakit, karena biasanya benjolan akan kempes dengan sendirinya.

3. Reaksi dari adanya alergi

Adanya reaksi alergi pada beberapa zat seperti yodium, penisilin, sulfa an obat-obatan lainnya juga bisa membuat membengkaknya kelenjar getah bening dan menyebabkan benjolan di bagian ketiak. Selain itu, bebarapa jenis vaksin juga telah diketahui bisa menyebabkan kondisi ini. untuk mengobati benjolan di ketiak karena adanya alergi ini cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab alergi kulit tersebut sehingga setelah itu bisa diketahui pengobatan apa yang pas dan sesuai dengan penyakit tersebut.

4. Lipoma

Lipoma merupakan kondisi dimana adanya lemak berlebih di dalam otot sehingga bisa menyebabkan benjolan di bagian ketiak. Lipoma ini biasanya dialami oleh orang yang sudah pada usia dewasa dan memiliki badan gemuk.

Untuk menghilangkan benjolan yang ada di bagian ketiak ini bisa dilakukan dengan cara prosedur sedok lemak atau menyuntikan steroid. Sebenarnya ini tidak bebahaya namun, jika memang dirasa bisa menjadi masalah pada penampilan maka tidak apa-apa jika ingin dihilangkan. (Baca juga : penyebab lipoma)

5. Kebiasaan mencukur bulu ketiak

Nah ini harus menjadi perhatian bagi para wanita yang sangat peduli pada penampilan dan sering mencukur bulu ketiak. Ketika bulu di ketiak dicukur maka secara tidak langsung ada beberapa bulu yang tumbuh ke dalam sehingga menyebabkan benjolan kecil di bagian ketiak.

6. Penggunaan antiperspirant

Antiperspirant atau deodorant ini memang kerap kali digunakan untuk cara menghilangkan bau badan, agar tubuh wangi sepanjang hari. Namun tahukah anda bila efek samping dari penggunaan deodorant ini adalah bisa menyebabkan adanya benjolan di bagian ketiak? Ya, ini memang benar adanya. Hal ini dikarenakan bahaya deodorant mengandung zat tertentu yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel di dalam kelenjar getah bening. Jika anda mengalaminya sebaiknya segera hentikan penggunaan deodorant tersebut.

7. Benjolan karena kanker

Ini yang paling membuat wanita ketakutan akan adanya benjolan di bagian ketiak yaitu benjolan karena adanya kanker. Adanya benjolan di ketiak merupakan salah satu indikasi adanya penyakit kanker payudara yang telah menyebar ke daerah ketiak. Gejalanya memang tidak terasa namun jika dibiarkan akan menjadi hal yang berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Demikian informasi mengenai penyebab benjolan sakit di ketiak. Ada beberapa benjolan di ketiak yang berbahaya atau tidak. namun sebaiknya anda tetap melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnose yang tepat pada benjolan tersebut.