Home Featured Dikira Gigitan Serangga Biasa, Benjolan Makin Besar Rupanya Tanda Leukemia

Dikira Gigitan Serangga Biasa, Benjolan Makin Besar Rupanya Tanda Leukemia

by Erlita

Mike Balla adalah seorang pria yang pada kakinya terdapat benjolan bengkak dan sakit di mana ia kira benjolan tersebut hanyalah gigitan nyamuk atau serangga pada umumnya. Lama-lama bukannya mengempis, benjolan malah makin besar saja dan bengkaknya ini menimbulkan ketidaknyamanan pada diri pria yang tinggal di Ohio, Amerika Serikat ini.

Mike memutuskan akhirnya menemui dokter untuk memeriksakan benjolannya, sebab beberapa minggu bengkak tersebut terus ada dan membesar. Dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa ada kemungkinan benjolan disebabkan oleh infeksi gigitan serangga. Antibiotik diberikan dengan harapan mampu menyembuhkan, namun resep antibiotik pun tak mempan membuat benjolan atau bengkak itu hilang.

Setelah itu, ia berkali-kali sudah memperoleh pengobatan yang sama tak berhasilnya seperti yang pertama, namun kemudian ia dirujukkan ke unit gawat darurat untuk melakukan pemeriksaan. Seorang dokter di sana menunggu hasul konsultasi dari ahli onkologi; onkologi sendiri merupakan sub-bidang medis yang menangani soal kanker dan perawatannya.

Dilansir dari Live Science, Mike sendiri mengatakan apakah pasiennya tidak salah atau tertukar karena setelah melihat hasil pemeriksaan ia cukup kaget. Dirinya hanya memiliki gigitan serangga yang terkena infeksi pada bagian kakinya, hanya saja hasilnya mengatakan lain, yakni tes darah menunjukkan ia positif menderita leukemia myeloid akut.

Leukemia myeloid akut ini merupakan jenis kanker sel darah serta sumsum tulang yang perkembangannya bisa sangat pesat. Gejala umum dari leukemia myeloid akut antara lain adalah:

  • Nyeri pada tulang
  • Tubuh jadi cepat lelah
  • Mudah berdarah
  • Mudah mengalami memar
  • Rentan terhadap infeksi

Memang diakui pula oleh seorang ahli hematologi di The Ohio State University Comprehensive Cancer Center, Dr. Alice Mims bahwa gejala leukemia dengan benjolan mirip gigitan serangan sangatlah jarang ditemui. Walau cukup langka, ada potensi kanker masuk ke dalam kulit lebih dulu barulah gejala akan nampak seperti bengkak atau benjolan akibat digigit serangga.

Karena perkembangan kanker ini sangat cepat, diharapkan setelah didiagnosa memang pasien harus segera memperoleh penanganan yang tepat. Saat ini Mike sendiri tengah dalam prosedur transplantasi sumsum tulang dan kemoterapi, lalu dirinya mengimbau kepada semua orang untuk tak menunda melakukan pemeriksaan diri ke dokter ketika terdapat gejala tak wajar (walau tampak normal awalnya) di salah satu bagian tubuh supaya cepat terdeteksi dan tertangani.

You may also like