10 Obat Lambung Luka Tradisional Paling Ampuh

6576

Obat lambung luka merupakan racikan dari bahan alami yang dibuat untuk meredakan dan menyembuhkan luka pada lambung tanpa efek samping. Lambung luka dapat pula disebut sebagai tukak lambung yaitu luka dan iritasi yang muncul pada dinding lambung yang disebabkan karena telah teerjadi pengikisan dan penipisan permukaan lambung. (Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung)

Gejala Lambung Luka (Tukak lambung)

  • Nyeri lambung akibat luka yang tersiram asam lambung yang sedang naik, Maksudnya Luka pada dinding lambung berpotensi besar mengakibatkan naiknya asam lambung, Ketika asam lambung meningkat maka akan lalu luka dan membuat luka tersebut terasa sangat sakit. (Baca Juga: Gejala Sakit Lambung)
  • Nyeri pada lambung lebih sering muncul ketika amlam hari dan tidak heran jika seseorang yang menderita tukak lambung akan menderita kesulitan tidur.
  • Ketika perut masih dalam kondisi kosong terutama pada pagi hari, Maka intensitas rasa nyeri pada lambung akan semakin terasa sakit. Sebaiknya anda membiasakan diri untuk tidak terlambat makan agar terhindar dari peningkatan asam lambung. (Baca Juga: Tanda-tanda Asam Lambung)
  • Nyeri pada lambung dapat hilang sementara ketika sipenderita mengkonsumsi makanan atau obat pereda rasa sakit namun pada kenyataannya nyeri lambung akan muncul kemvbali setelahnya.
  • Nyeri lambung sering kambuh atau datang timbul tenggelam dengan rentang waktu yang tidak teratur. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang tidak bisa berkonsentrasi pada aktivitasnya karena nyeri lambung yabg timbul tenggelanm berpotensi menyebabkan stres dan tidak nafsu makan. (Baca Juga: Obat Asam Lambung Tinggi)
  • Ketika lambung dalam keadaan luka maka rasa nyerinya bisa menjalar mempengaruhi organ ulu hati. Ulu hati akan ikut nyeriu dan tubuh akan mengalami rasa yang tidak nyaman berkepanjangan.
  • Nafsu makan berkurang yaang menyebabkan tampilan wajah menjadi pucat sedangkan tubuh lebih mudah kelelahan walaupun sedang tidak melakukan aktivitas yang berat. Perut akan mual dan ada keinginan untuk muntah. (Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Akut)

Penyebab Lambung Luka (Tukak lambung)

  • Infeksi bakteri bernama bacteri Helicobacter Pylori yang baiasa melekat pada makanan atau minuman yang bias muncul akibat radikal bebas atau lingkungan yang tidak bersih (baca juga: Perbedaan Sakit Karena Virus dan Bakteri)
  • Mengkonsumsi obat anti-inflamasi non-stroid secara berlebihan yang justru meningkatakan resiko dinding lambung mudah mengalami luka, Iritasi dan peradangan hebat. Kondisi ini akan sukit disembuhkan dengan cepat jika yang mengalami adalah orang lansia.
  • Kebiasaan merokok atau merokok secara berlebihan selama bertahun tahun dapat meningkatkan resiko seseorang terserang lambung luka atau tukak lambung termasuk pada orang orang yang yang telah ada helicobacter pylori didalam tubuhnya akibat mengkonsumsi makanan yang tidak steril, Kandungan nikotin dapat mencederai dinding lambung lalu meracuni lambung dan meningkatkan asam lambung secara berlebihan. (Baca Juga: Bahaya Merokok bagi Alat Pernafasan)
  • Minuman beralkohol yang ada pada minuman keras dapat menggerus lapisan dinding dinding lambung dan meracuni aliran darah disekitarnya dan beresiko meningkatkan asam lambung.
  • Akibat pola makan yang buruk misalnya sering makan makanan yang berlemak, Kadar garam yang terlalu tinggi, Makanan yang pedas dan asam serta makanan yang mengandung gas yang beresiko menekan dinding lambung. (Baca Juga: Cara Cepat Gemuk dan Sehat)
  • Stres adalah penyebab terbesar munculnya penekanan pada dinding lambuung yang menyebabkan asam lambung lebih cepat naik. Ketika intensitas stres semakin berat maka seseorang akan mearsakan tidaak nafsu makan, Makan makanan menjadi sembarangan (tidak lagi memperhatikan tingkat nutrisi yang ada) dan sebagainya. (baca juga: Cara Menghilangkan Stres)

Solusi Terbaik Menangani Lambung yang Luka

Penanganan yang tepat untuk mengatasi lambung luka atau tukak lambung dapat dilakukan atas rekomendasi dokter yang terkait atau cara cara yang umum yang telah disetujui badan kesehatan setempat.

  1. Pemakaian antibiotik

Antibiotik jenis Axoxillin, Metronidazole dan Clarithomycin yaitu antibiotik yang biasa direkomendasikan dokter bagi orang orang yang menderita tukak lambung akibat Helicobacter pylori.
Baca juga: Jenis jenis antibiotik , Antibiotik Radang Tenggorokan di Apotik)

  1. Pemakaian penghambat pompa proton

Menggunakan penghambat pompa proton yang bermanfaat menurunkan asam lambung dan memblokir sel sel yang memperbanyak asam lambung. Lansoprazole adalah jenis Pompa proton yang disarankan dokter pada penderita lambung luka atau tukak lambung yang disebabkan oleh pemakaian obat anti inflamasi non-steroid secara berlebihan.

Baca Juga:

  1. Obat pemblokir reseptor

Obat pemblokir reseptor yaitu jenis obat lambung luka yang memiliki kemampuan menghadang dan menggagalkan produksi asam lambung agar tidak meningkat lebih tajam lagi.

  1. Pemakaian Alginat dan Antesida

yaitu dimana obat jenis antasida dapat menetralkan jumlah asam lambung berlebih didalam lambung dengan cepat. Sedangkan obat jenis alginat memiliki kemampuan hebat untuk meredakan dan menghilangkan rasa nyeri lebih cepat dari obat obatan lain didalam tubuh. Keduanya merupakan obat lambung luka dari jenis kimia.

Baca juga:

  1. Mengurangi kafein

Mengurangi minuman yang mengandung kafein termasuk kopi dan teh. Kafein yang berlebihan dapat menyebabkan dinding lambung luka dan memicu peningkatan asam lambung.

  1. Susu atau keju

Mengkonsumsi minuman adan makanan yang berbahan dasar keju dan susu atau kombinasi keduanya. Susu atau keju memiliki kemampuan menghalau efek buruk asam lambung yang sedang meningkat . Susu dan keju juga dapat menetralisir asam lambung agar dalam keadaan stabil. Susu atau keju merupakan obat lambung luka yang bisa diterapkan pada anak anak usia dini jika memang mereka alergi terhadap obat kimia.

Baca Juga:

  1. Hindari makan nasi berlebihan

Jangan makan nasi terlalu banyak atau berlebihan.Pengumpulan makanan didalam pencernaan dapat menimbulkan efek tekanan pada dinding lambung dan menyebablkan asam lambung naik. Makanlah nasi dan lauk pauknya dengan porsi yang kecil tetapi sering, Hal itu justru lebih baik karena dapat melindungi dinding lambung dari tekanan akibat terlalu kenyang.
Baca juga : Bahaya sering makan nasi berlebihan

  1. Tidak terlambat makan

Tidak terlambat makan adalah solusi paling mudah untuk terhindar dari lambung luka atau tukak lambung. Ketika seseorang terlambat makan maka lambungnya yang terbiasa menggiling makanan tepat waktu dan seharusnya telah bertugas mencerna makanan, Ternyata lambung masih dalam keadaan kosong. Kondisi ini beresiko menyebabkan lapisan dinding lambung mengalami luka, Iritasi lalu timbul peradangan yang justru memicu peningkatan asam lambung.

Baca Juga:

  1. Mempertahankan berat badan ideal

Menjaga berat badan tetap ideal agar terhindar dari kegemukan. Kegemukan adalah salah satu pemicu munculnya tukak lambung. Lemak berlebih yang ada pada jaring perut dapat menekan dinding lambung dan menyebabkan tekanan terus menerus sehingga menimbulkan peningkatan asam lambung.

  1. Waspada radikal bebas

Menjaga makanan dan minuman dari efek buruk radikal bebas yang didalamnya terdapat banyaka bakteri, Jamur dan mikrooreganisme lain yang menyebabkan lambung luka. Bakteri yang berbahaya yang dapat menginfeksi lambung adalah jenis bacteri pylori. (Baca jguga: Obat Keputihan karena Jamur)

Obat Lambung Luka

Tips cara memanfaatkan tumbuhan herbal yang ada disekitar kita untuk mengatasi masalah lambung luka atau tukak lambung

  1. Daun salam

Daun salam merupakan obat lambung luka yang efektif meredakan rasa nyeri dan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan lambung misalnya penyakit maag, Asam lambung naik atau tukak lambung akut.

Caranya: Ambilah 15 lembar daun salam, 3 ruas rimpang temulawak. Bersihkan kedua bahan alami ini kemudian rebuslah hingga mendidih dengan takaran air sebanyak 3 gelas. Biarkan sampai matang hingga menyisahkan air menjadi satu gelas saja. Minulah ramuan manjur ini 2 kali sehari secara teratur.

Baca Juga:

  1. Jahe

Obat lambung luka yaang mudah didapat dann telah terbukti dapat menyembuhkan tukak lambung adalah jahe. Jahe biasa atau merah sama sama memiliki kemampuan melindungi dinding lambung dari kerusakan.

Caranya: Ambilah 4 gram rimpang jahe , Cucilah hingga benr benar bersih lalu parutlah dan peras airnya yang bisa ditambahkan madu dan air lemon sedikit. Ramuan nikmat ini dapat dikonsumsi anak dan dewasa 2 kali sehari secara teratur .

  1. Pisang

Buah pisang mengandung zat yang dapaat melindungi dinding lambung dari luka akibat peningkatan asam lambung. Buah pisang dapat memperkuat jaringan permukaan lambung dan menstabilkan jumlah asam lambung. Makanlah buah pisang yang matang dari jenis pisang apapun setiap hari , Agar lambung tetap sehat. Zat kaliumnya mudah mengenyangkan perut tetapi tidak menyebabkan iritasi lambung.

Baca Juga:

  1. Kedelai sangrai

Kedelai kaya akan nutrisi yang selain baik bagi kesehatan otot dan saraf saraf tubuh , Kedelai juga baik untuk melindungi lambung dari luka yang muncul akibat meningkatnya asam lambung. Tak heran jika kedelai masuk sebagai makanan bergizi tinggi yang bisa dijadikan bahan dasar peracikan obat lambung luka.

Caranya: Ambilah kedelai sesuai keinginan, Lalu sangrailah sampai warna kedelai berubah kecokelatan. Sesudah matang angkat dan tumbuklah sampai halus. Kemudian seduhlah dengan air matang panas , Aduk hingga merata dan ampasnya jaatuh kebawah untuk kemudian diminum secara teratur yaitu 2 sampai 3 kali sehari.

  1. Biji pepaya

Biji pepaya dapat menyembuhka rasa nyeri dan mengeringkan peradangan dari dalam sehingga penyakit lambung luka atau tukak lambung mudah disembuhkan. Biji pepaya adalah salah satu obat lambung luka yang bisa dibuat untuk remaja dan dewasa.

Caranya: Jemurlah biji pepaya hingga mengering. Kemudian bisa ditumbuk sampai halus lalu di ayak atau disaring butiran ampasnya agar didapat bentuk biji yang telah halus tanpa ampas kasar. Bijio pepaya yang telah disaring dapat diseduh dengan air panas . Minumlah ketika masih hangat 2 sampai 3 kali sehari sampai peradangan pada lambung sembuh.

Baca Juga:

  1. Kunyit dan madu

Gabungan antara Kunyit dan madu merupakan obat lambung luka yang saangat ampuh mengatasi masalah lambung misalonya tukak lambung.

Caranya: Ambilah 3 ruas kunyit yang berukuran besar , Cucilah hingga bersih lalu parutlah untuk diambil sarinya.
air matang panas, Aduk dan peraslah lalu bisa ditambahkan madu secukupnya. Minumlah minuman sehat ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji yang masih muda ataupun yang sudah hijau tua adalah obat lambung luka yang manjur karena sama sama memikiki kemampuan dalam menghilangkan rasa nyeri pada jaringan perut dan dapat melindungi lapisan dinding lambung dariu luka

Caranya : Ambilah 10 lembar daun jambu biji cuci lalu rebuslah dengan takaran air sebanyak 1,5 liter dan rebuslah sampai mendidih dan menyisakan i liter air saja. Dinginkan lalu saringlah. Minuman herbal aman ini dapat ditambahkan dengan gula batu atau madu dan siap diminum 3 kali sehari.

Baca Juga:

  1. Mengkudu tua

Mengkudu adalah rajanya penyembuh termasuk penyakit atau masalah kesehatan yang berhubungan dengan akesehatan lambung, Musalnya penyakit maag dan tukak lambung.

Caranya: Ambil mengkudu yang telah masak , Kupas kulitnya dan bersihkan dengan air yaang merngalir agar getah dari mengkudu dapat dihilangkan. Mengkudu dapat dipotong potong lalu blernderlah daan setelah itu tambahkan madu untuk kemudian diminum 2 kali sehari.

  1. Daun dadap sarap

Daun dadap sarap adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh dipulau jawa dan sudah banyak dipakai untuk pembuatan obat lambung luka yang terbukti aman tanpa efek smping, Memiliki kemampuan menyembuhkan yang tinggi dan mampu melindungi jaringan yang lunak seperti dinding usus dan permukaan dalam lambung menjadi lebih kuat dan tidak mudah luka.

Caranya: Ambilah beberapa daun dadap sarap , Bersihkan lalu tumbuklah hingga halus. Ramuan ini tidak untuk di minum melainkan sebagai tapal pada perut yang sedang sakit akibat lambung sedang mengalami luka dan peradangan.

Baca Juga:

  1. Daun pencasuda

Daun pencasuda memiliki kemampuan dalam mengobati tukak lambung pada anak, Dewasa da orang lansia. Daun pencasuda sudah terbukti klinis sebagai obat lambung luka yang mampu mengatasi peningkatan asam lambung dan meredakan rasa nyeri pada bagian perut akibat nyeri lambung.

Caranya : Ambilah beberapa daun pencasuda lalu cucilah untuk kemudian di rebus dengan takaran air kira kira 3 sampai 4 gelas ukuran sedang. Setelah mendidih tunggulah air hingga menyisahkan satu gelas saaja. Dinginkah kemudian di saring. Minumlah setiap hari tetapi hanya 5 sendok saja setiap 2 jam sekali.