Home Penyakit dan KelainanDiare Minum 6 Jenis Teh Ini Sanggup Atasi Diare Lho

Minum 6 Jenis Teh Ini Sanggup Atasi Diare Lho

by Erlita

Minum 6 Jenis Teh Ini Sanggup Atasi DiareTeh pada dasarnya kaya akan antioksidan dan perlu juga diketahui bahwa beberapa jenis teh memiliki juga kandungan efek diuretik yang memang seharusnya dihindari untuk diminum sewaktu sedang diare. Meski begitu, beberapa jenis teh di bawah ini justru mampu membantu menghentikan diare sekaligus menghidrasi tubuh yang sempat kekurangan cairan.

  1. Teh Jahe

Jahe bukan hanya bisa diandalkan ketika sedang masuk angin atau hanya saat cuaca dingin. Nyatanya, teh jahe adalah minuman yang juga bisa Anda manfaatkan ketika sedang diare. Diare adalah salah satu jenis gangguan sistem pencernaan, maka meminum beberapa iris jahe yang diseduh segelas air panas bisa membantu meredakan gangguan tersebut.

Karena membawa efek astringent, Anda yang meminum teh jahe pun mampu menghilangkan segala kelembaban berlebih yang terjadi pada saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi teh jahe ini, Anda pun akan dibantu untuk mencerna makanan secara lebih baik dan lancar serta mencegah berbagai masalah peradangan.

  1. Teh Hijau

Antimikroba ada di dalam teh hijau selain sifat antioksidan yang tinggi. Karena sifat antimikroba cukup tinggi, maka berbagai macam infeksi penyebab diare dapat diatasi secara alami. Hanya saja, sebagai solusi diare, Anda sebaiknya menuangkan air dingin lebih dulu, baru tambahkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam cangkir yang sudah ada kantong teh hijau atau daun teh hijaunya supaya daun tehnya tak terbakar karena air panas.

  1. Teh Daun Raspberry

Jika Anda bisa dengan mudah memperoleh teh daun raspberry, maka tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai obat diare. Walau khasiatnya tak sebesar teh hijau dan teh jahe dalam mengatasi diare, namun teh ini cukup menolong dalam menjadi penenang bagi pencernaan Anda.

Namun bagi Anda para wanita hamil yang mengalami diare, minum teh daun raspberry tidak dianjurkan sebelum kehamilan mencapai trimester ketiga. Pada kondisi hamil tua, tak masalah mengasup teh daun raspberry dan malah menjadi menguntungkan untuk proses persalinan Anda nantinya.

  1. Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam pun bisa Anda pertimbangkan dan gunakan sebagai solusi diare yang alami. Teh hitam diyakini mampu mengatasi gangguan pencernaan yang sedang Anda alami. Hanya saja bagi Anda yang senstif terhadap kafein, di dalam teh ini ada kandungan kafein sehingga Anda perlu menghindari konsumsinya saat sudah sore menjelang malam supaya tak memicu gangguan tidur.

  1. Teh Peppermint

Efek penenang alami ditawarkan oleh teh peppermint sehingga bagi Anda yang mengalami IBS (irritation bowel syndrome) sehingga terjadi diare sebagai gejalanya, minumlah teh peppermint, baik itu teh dingin atau panas konsumsilah sesuai selera. Seduhlah daun peppermint secukupnya jika ingin menikmatinya panas atau hangat-hangat.

  1. Teh Kamomil

Teh jenis ini tak hanya berguna sebagai cara mengatasi stres saja, sebab beberapa hasil studi menyebutkan bahwa teh ini sanggup meredakan diare serta menghilangkan gejala-gejala gangguan pencernaan lain yang menyertai. Ini berkat adanya sifat antiradang dan penenang alami yang ditawarkan oleh teh ini. Karena tak mengandung kafein, maka mengonsumsinya malam-malam pun boleh-boleh saja karena tak akan menyebabkan insomnia.

Dalam menambahkan rasa pada teh-teh tersebut, Anda boleh tambahkan bahan lainnya seperti kayu manis, madu murni, lemon, baking soda atau daun mint. Selama diare melanda, salah satu jenis teh tersebut bisa Anda nikmati 3-5 cangkir per hari di mana Anda bisa mengonsumsinya setengah cangkir per jam. Selain itu, perhatikan juga makanan untuk penderita diare apa yang baik dan tidak baik supaya lebih cepat pulih.

You may also like