Semangka, Buah Rakyat Kaya Khasiat

215

Semua orang pasti sepakat bahwa kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga, dan tak satupun dari kita ingin mersaakan sakit. Untuk tetap sehat dan atau menjaga kesehatan, sebaiknya kita memperhatikan pola hidup yang seimbang, serta  pola makan dengan gizi berimbang pula.

Pola makan dengan gizi seimbang ini tentu tak harus mahal, dan hampir semuanya ada di sekitar kita. Seperti sayuran dan buah buahan untuk kecantikan dan kesehatan yang cukup mudah di dapatkan baik di pasar tradisional maupun pasar modern yang kini semakin menjamur di hampir semua kelurahan.

Mengkonsumsi buah buahan dengan teratur ternyata merupakan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit. Sangat banyak buah buahan yang mudah kita dapatkan, dengan harga yang sangat terjangkau. Seperti pepaya, pisang, jambu, dan semangka. Semangka, ternyata disamping harga yang relatif murah dibanding buah buahan lainnya, ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan.

Semangka  mampu untuk menjaga kesehatan karena di dalam semangka terdapat beberapa kandungan yang diperlukan tubuh untuk mengurangi resiko kanker prostat, untuk imunitas dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Adapun beberapa kandungan yang terdapat pada buah semangka antara lain adalah :

1. Lycopene

Lycopene adalah zat warna merah yang terdapat pada buah buahan seperti tomat dan buah buahanyang berwarna merah lainnya. Akan tetapi dari sekian banyak buah buahan, lycopene pada semangka adalah yang paling tinggi dan paling bagus, apalagi pada semangka merah. Lycopene inilah yang mampu menurunkan resiko kanker prostat jika kita mengkonsumsi buah semangka  secara rutin.

selain itu ada pula beberapa yang juga mengandung banyak lycopene. Salah sau contohnya adalah buah toat.

Lycopene pada buah semangka, juga sangat mudah diserap oleh tubuh. Hal ini karena buah semangka sendiri yang sifatnya bebas dari lemak dan sangat kaya air, dan cara mengkonsumi buah semangka adalah langsung dari buah segar, tanpa melalui proses pengolahan.

Sedangkan lycopene itu sendiri, disamping bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker prostat, ternyata lycopene merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk mencegah dan menetralisir radikal bebas yang dapat menjadi pemicu datangnya penyakit.

2. Sitrulin

Selain lycopene, pada buah semangka juga terdapat zat sitrulin. Sitrulin adalah jenis asam yang dipergunakan oleh tubuh untuk menghilangkan senyawa beracun seperti amonia. Dengan kata lain, sitrulin  berfungsi untuk mengoptimalkan pembuangan racun yang ada dalam tubuh. Sitrulin juga berguna untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sering buang air kecil.  Kandungan sitrulin pada semangka, sangat tinggi terdapat pada kulitnya. Selain manfaat sitrulin yang sudah tersebut diatas, zenyawa ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nitrat oxide sehingga mampu mencegah dan mengatasi masalah impotensi.

Kandungan sitrulin yang sangat tinggi pada semangka, juga bermanfaat untuk membantu sistem kekebalan tubuh, sehingga jika kita rutin mengkonsumsi semangka, niscaya akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

So, mari kita konsumsi buah yang kaya manfaat ini dengan rutin. Relatif tak ada efek samping, jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan.