Ini 13 Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan Belum Banyak Orang Tahu

480

Umumnya, saat Anda hendak mengolah jagung, tentu bagian rambut jagung adalah yang siap dicabut dan dibuang hingga jagung benar-benar bersih dan bijinya bisa dimasak. Biji jagung memang dikenal memiliki kandungan nutrisi segudang, seperti kalium, protein, zat besi, karbohidrat, dan juga berbagai macam vitamin. Namun sebenarnya, Anda pun bisa mendapatkan manfaat rambut jagung bagi kesehatan.

1. Meredakan Pusing

Jika Anda mengalami sering sakit kepala, maka rambut jagung bisa diolah menjadi teh lalu dikonsumsi sebagai pereda rasa sakit kepala. Rambut jagung dikenal sebagai bahan alami yang bisa menenangkan saraf, menjadi cara melancarkan peredaran darah serta meredakan rasa kaku di bagian leher dan bahu yang menyertai rasa pusing.

2. Menurunkan Berat Badan

Rambut jagung pun adalah bahan alami yang bisa membantu Anda yang sedang mencari cara menurunkan berat badan. Ketika sedang menjalani diet, Anda bisa mengonsumsi teh yang terbuat dari rambut jagung di mana sifat diuretik di dalamnya akan menolong menguruskan badan tanpa efek samping berbahaya.

3. Mengatasi Otot Tegang

Untuk otot yang mudah tegang, entah karena salah posisi tidur, sakit kepala, olahraga dengan intensitas tinggi, atau penyebab lainnya, Anda bisa meminum teh rambut jagung supaya ketegangan di bagian otot bisa mereda secara alami. Karena kandungan kalorinya rendah, maka tentunya aman bagi tubuh dan bahkan bisa turut membuat keseimbangan kadar elektrolit terjaga dengan baik.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Para penderita diabetes tipe 2 pun dapat memanfaatkan rambut jagung sebagai pengontrol kadarnya. Saat kadar gula darah melonjak, maka untuk menetralkannya kembali Anda memerlukan rambut jagung yang bisa juga dijadikan cara meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus pengatur agar insulin terproduksi lancar.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Rambut jagung menawarkan sifat diuretik seperti yang disebutkan sebelumnya sehingga mengonsumsinya bisa membantu melancarkan buang air kecil. Sementara itu, ada pula kandungan antiseptik di dalamnya yang siap mencegah serangan infeksi dan berpengaruh baik terhadap saluran kemih.

Rambut jagung yang diolah menjadi teh lalu dikonsumsi rutin bisa menurunkan potensi infeksi radang, hingga iritasi di saluran kemih. Jadi bagi Anda yang memiliki risiko infeksi saluran kencing, minimalisirkanlah dengan rambut jagung ini. Meminum teh rambut jagung pun bisa membantu supaya pertumbuhan bakteri terhambat dan saluran kemih selalu terjaga baik kesehatannya.

6. Melegakan Hidung yang Tersumbat

Saluran pernapasan yang kurang lancar dan mudah tersumbat, entah itu karena flu, sinusitis atau gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa memanfaatkan rambut jagung. Diolah menjadi teh lalu meminumnya akan membantu memberikan efek sifat ekspektoran yang siap menjadi pelega hidung yang tersumbat.

7. Menormalkan Kadar Tekanan Darah

Bagi para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, rambut jagung pun bisa diandalkan sebagai obat alami. Ini karena rambut jagung membawa kandungan flavonoid yang siap mengendalikan kadar tekanan darah agar tak terlalu tinggi. Peredaran darah yang kurang lancar pun akan kembali dibantu menjadi lancar lagi jika mengolahnya menjadi teh dan meminumnya teratur.

8. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Karena menawarkan sifat antiradang atau anti-inflamasi, rambut jagung juga dapat Anda gunakan sebagai obat nyeri sendi. Dengan mengolahnya menjadi teh, lagi-lagi rambut jagung akan berkhasiat tinggi dalam menurunkan risiko serangan peradangan di dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar keasaman tubuh dan nyeri sendi bisa sembuh alami.

9. Membantu Proses Pembekuan Darah

Keunggulan dari rambut jagung lainnya adalah adanya kandungan vitamin K tinggi di dalamnya sehingga jika mengonsumsinya, bahkan dalam bentuk teh sekalipun mampu membantu proses pembekuan darah. Kemampuan pembekuan darah diperlukan oleh tubuh agar darah dapat membeku di saat cedera sehingga tak terjadi perdarahan berlanjut.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Rambut jagung bermanfaat dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga terpercaya dalam menurunkan berat badan. Rupanya, rambut jagung juga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga otomatis bisa mengurangi potensi jenis-jenis penyakit jantung karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

11. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Selain menjaga kesehatan saluran kemih, rambut jagung yang diolah menjadi teh bisa juga Anda andalkan untuk membuang akumulasi racun pada ginjal secara efektif. Dengan begitu, Anda pun akan tercegah dari kondisi penyakit ginjal, termasuk juga batu ginjal yang mudah terbentuk ketika terdapat penimbunan racun di bagian ginjal.

12. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Produksi cairan pada pencernaan akan ditingkatkan ketika Anda mengonsumsi rambut jagung yang diolah menjadi teh. Ketika produksi cairan meningkat, kinerja sistem pencernaan bisa jauh lebih lancar juga. Dengan begitu, gangguan sistem pencernaan dapat Anda cegah dengan secara alami.

13. Mendetoksifikasi Tubuh

Rambut jagung mengandung kaya antioksidan sehingga siap untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh secara ampuh dan efektif. Dengan pembuangan racun alami ini, kinerja hati bisa jadi lebih lancar dan tak terbeban. Karena hal tersebut, risiko perlemakan hati dapat diminimalisir dan fungsi ekskresi pun lebih optimal.

Demikianlah daftar manfaat rambut jagung yang bisa Anda peroleh dengan mengolahnya menjadi teh. Sediakan seliter air dan sutra jagung 30 gram atau sekitar 3 sendok makan. Air tadi Anda didihkan lebih dulu (kecilkan api kompor), rambut jagung bisa dimasukkan. Angkat setelah sekitar 2-3 menit, dan airnya bisa disaring sebelum bisa mulai dikonsumsi rutin sehari 3-4 kali. Selamat mencoba dan kiranya bermanfaat untuk peningkatan kesehatan tubuh Anda.