8 Manfaat Membacakan Buku pada Balita Para Orangtua Wajib Tahu

97

Beberapa orangtua mungkin berpikir bahwa apa gunanya membacakan buku bagi anak apalagi yang masih usianya sangat muda, toh mereka masih belum bisa mengerti isi buku tersebut. Padahal ya, manfaat membacakan buku pada balita atau bahkan bayi baru lahir itu banyak lho. Dilansir dari SixWise, Nancy Verhoek-Miller sebagai ahli pendidikan anak dari Mississippi State University mengatakan kalau tak ada yang terlalu cepat untuk membacakan buku pada anak, maka simak manfaatnya.

  1. Mempersiapkan Anak Membaca Buku

Memang anak balita belum sepenuhnya memahami isi buku yang dibacakan oleh orangtuanya, namun sebenarnya ia bakal mengingat nada suara dan irama kita saat membacakan isi buku tersebut lho. Ketika ada banyak kata yang kita perdengarkan padanya, kesiapannya untuk membaca buku sendiri makin meningkat.

  1. Membentuk Bonding Antara Anak dan Orangtua

Membacakan buku secara rutin pada anak juga merupakan cara mempererat hubungan/kedekatan (bonding) antar anak dan orangtua lho. Hal ini disampaikan oleh Mary Ann Abrams, MD dari Reach Out and Read’s Medical Director di mana balita maupun bayi baru lahir akan merasa lebih tenang ketika mendengar suara kita saat membacakannya buku. Tak hanya para ibu, para ayah juga bisa melakukannya dan sangat dianjurkan.

  1. Mempersiapkan Anak Sekolah

Balita yang rutin diperdengarkan suara orangtuanya dalam membacakan buku untuknya sama saja dengan mereka menyiapkan diri untuk sekolah. Seperti kita tahu, di sekolah mereka perlu mendengarkan apa yang guru katakan dan memerhatikannya, maka membacakan buku sejak dini dapat melatih anak juga lho.

  1. Mengenalkan Bahasa dan Kosa Kata Lebih Luas

Membacakan buku pada anak juga sama dengan mengenalkan bahasa kepadanya, membuat perkembangan bicaranya lebih cepat, sekaligus membuat kosa katanya jauh lebih luas. Jadi, jangan kaget kalau si kecil mampu mengucapkan kata-kata baru apabila orangtuanya rutin membacakannya buku cerita.

  1. Mengembangkan Imajinasi, Kreativitas dan Rasa Ingin Tahu Anak

Saat membacakan anak balita kita buku cerita, hal ini dapat membantu mengembangkan imajinasinya, kreativitas hingga rasa ingin tahunya. Jangan heran kalau akhirnya rasa ingin tahu balita kita makin besar, sering bertanya, daya khayalnya makin tinggi, dan makin kreatif.

  1. Menumbuhkan Minat Baca

Ketika membacakan buku pada anak balita itu dilakukan sebagai rutinitas, percaya tidak percaya minat bacanya sedikit-sedikit akan tumbuh secara alami. Jadi, si kecil bakal bisa menikmati aktivitas membaca nantinya yang tentunya hal ini bakal ia rasakan sampai tumbuh dewasa.

  1. Mengenal Emosi dan Karakter yang Bervariasi

Membacakan buku cerita ke anak akan membuatnya tanpa sadar terhanyut ke dalamnya di mana ini bermanfaat baginya dalam proses pengenalan beragam emosi serta karakter dalam cerita. Cara anak membedakannya adalah berdasarkan suara saat kita membacakannya.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat lainnya bagi anak saat sering dibacakan buku oleh orangtuanya, tingkat kecerdasannya pasti bertambah. Menurut hasil suatu studi terbukti kalau dari lahir orangtua membacakan buku cerita pada anak, anak ini bakal punya kosakata lebih banyak, tahu cara bersikap di sebuah situasi, pandai mengekspresikan diri, percaya diri, memahami struktur kalimat hingga tata bahasa yang benar, dan meningkatkan kepintarannya.

Jadi bagi para orangtua yang suka membaca dan ingin membeli buku cerita untuk dibacakan bahkan saat bayi baru lahir, jangan ragu-ragu ya. Manfaat membacakan buku pada balita bisa berdampak baik pada perkembangan mental, emosional, kognitif, hingga perilakunya lho.