16 Efek Samping Buah Pala yang Baik Bagi Tubuh

Buah pala merupakan salah satu buah khas dari Indonesia yang berasal dari kepulauan Banda di Maluku. Di zaman dahulu pala merupakan salah satu komoditi yang banyak dicari dan banyak diperjual belikan. Buah pala memang memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satu manfaat dari buah pala yang sering sekali digunakan adalah sebagai bumbu dan penyedap makanan. Pala merupakan jenis rempah – rempah paling dicari. Selain itu, efek samping buah pala yang baik dan bisa kita manfaatkan juga sangat banyak. Beberapa manfaat lain dari buah pala adalah :

  1. Obat Masuk Angin
    Salah satu manfaat dari buah pala adalah digunakan untuk mengatasi gejala masuk angin. Buah pala bisa kita gunakan sebagai obat masuk angin dengan cara merebus buah pala tersebut. Buah pala bisa menghangatkan badan dan meredakan perut yang kembung karena buah pala mengandung minyak atsiri.
  2. Menambah nafsu makan
    Jika anda merasa tidak nafsu makan, maka anda bisa menggunakan buah pala sebagai cara mengatasinya. Efek samping yang baik dari buah pala juga adalah bisa menambah nafsu makan. Di dalam buah pala mengandung enzim lipase yang akan membantu menambah nafsu makan.
  3. Menghilangkan insomnia
    Jika anda mengalami masalah insomnia, maka anda bisa menggunakan buah pala untuk mengatasi masalah insomnia anda ini. Di dalam buah pala terdapat senyawa kimia yang bisa menghilangkan masalah insomnia ini. Caranya pun cukup mudah. Kita hanya perlu mengkonsumsi air rebusan buah pala sesaat sebelum kita tidur.
  4. Menghilangkan rasa mual
    Di dalam buah pala terdapat sifat antiemetik yaitu sifat untuk menghilangkan rasa mual dan ingin muntah. Hal ini bisa kita manfaatkan apabilan kita sering merasakan mual dan ingin muntah, maka kita bisa menggunakan buah pala untuk meredakan masalah ini.
  5. Meredakan nyeri saat haid
    Sifat antiemetik yang ada pada buah pala juga selain bisa meredakan rasa ingin muntah juga bisa meredakan rasa nyeri yang muncul pada saat haid.
  6. Melancarkan sistem pencernaan
    Di dalam buah pala mengandung enzim lipase. Enzim lipase ini akan membantu mencerna makanan menjadi lebih halus sehingga akan menjadi lebih mudah dicerna tubuh. Mengkonsumsi pala sebelum makan akan melancarkan pencernaan dengan baik.
  7. Meredakan asam lambung
    Jika anda mengalami masalah dengan asam lambung, maka anda juga bisa menggunakan buah pala untuk meredakan asam lambung yang anda derita. Buah pala mengandung zat saponin yang bisa meredakan dan menurunkan asam lambung.Caranya cukup dengan mencampur buah pala yang sudah dihaluskan dengan air hangat lalu dicampur dengan buah pisang batu. Aduk hingga rata campurant tersebut lalu minum selagi hangat.
  8. Menyehatkan kulit
    Buah pala juga memiliki efek samping yaitu bisa menyehatkan kulit. Hal ini karena di dalam buah pala terdapat zat scolopetin yang bisa menghilangkan radang pada kulit. Buah pala juga membuat kulit menjadi halus, menghilangkan bekas cacar dan juga menghilangkan bekas bisul

  9. Menjaga kesehatan mulut
    Untuk menjaga kesehatan mulut baik menjaga agar mulut tidak bau ataupun menghindari dari berbagai macam penyakit gigi maka kita bisa memanfaatkan buah pala. Di dalam buah pala terdapat minyak atsiri yang bisa menghilangkan bau mulut dan juga meningkatkan kekuatan dari gigi dan ketebalan dari gusi.
  10. Mencegah leukimia
    Beberapa ahli juga menyebutkan jika di dalam buah pala mengandung senyawa kimia berupa metanol yang bermanfaat untuk mencegah kanker darah atau leukimia.
  11. Membuat tekanan darah menjadi normal
    Di dalam buah pala juga mengandung mineral dan kalium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Kandungan mineral dan kalium ini akan berfungsi untuk meregangkan pembuluh darah sehingga bisa mengurangi tekanan darah.
  12. Mengobati sakit gigi dan gusi
    Terdapat zat samak di dalam buah pala yang bisa membunuh kuman yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pala maka akan bermanfaat untuk menghilangkan sakit gigi dan juga infeksi gusi.
  13. Memperlancar peredaran darah
    Salah satu efek samping buah pala yang baik adalah dengan mengkonsumsi buah pala maka kita bisa membuat peredaran darah kita menjadi lancar. Di dalam buah pala mengandung kalium yang akan membuat pembuluh darah menjadi renggang. Ketika pembulu darah renggang, aliran darah pun akan menjadi lancar.
  14. Meningkatkan sistem imun tubuh
    Di dalam buah pala juga mengandung vitamin C. Salah satu manfaat jika kita mengkonsumsi vitamin C adalah akan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita.
  15. Menghilangkan bau badan
    Di dalam buah pala juga mengandung limonene yang bermanfaat untuk menghilangkan bau badan dan juga bau mulut. Selain itu, di dalam buah pala juga mengandung minyak atsiri yang bisa menghilangkan bau badan
  16. Mencegah Anemia
    Di dalam buah pala juga mengandung zat besi yang akan berfungsi untuk meningkatkan dan juga memperbaiki sel darah merah yang rusak.

Itulah beberapa efek samping buah pala yang sangat baik bagi tubuh kita.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat