Pepaya Bagus untuk MPASI Bayi, Ini 8 Manfaatnya

152

MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu sudah waktunya diberikan apabila si kecil sudah masuk usia 6 bulan. Salah satu menu MPASI yang penting diberikan adalah buah-buahan, tapi juga bukan sembarang buah ya. Untuk buah awal yang boleh bayi 6 bulan konsumsi ternyata bukan pisang maupun alpukat melainkan apel, pir, melon, dan tidak ketinggalan buah pepaya.

Belum banyak yang tahu kalau pisang dan alpukat justru sebaiknya diberikan kepada bayi yang usianya 7 bulan. Ini karena kedua buah tersebut ada kandungan asam lemak yang termasuk tinggi. Untuk pemberian buah pepaya sebagai menu MPASI, ternyata berikut ini lho manfaatnya bagi buah hati kita.

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan dan untuk itulah penting memberi MPASI dalam bentuk buah pepaya. Pepaya termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat dijadikan cara meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar tidak gampang kena infeksi dan penyakit lainnya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Agar si kecil pencernaannya lancar dan terhindar dari berbagai bentuk gangguan pencernaan semacam sembelit, beri saja buah pepaya yang sudah dihaluskan. Kandungan enzim papain di dalam buah ini akan membuat proses pemecahan struktur makanan kompleks terjadi lebih efektif. 2-3 ons pepaya adalah porsi yang dianjurkan untuk buah hati.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Agar kulit bayi terjaga kesehatannya dan kulit tetap halus, berbagai vitamin dari buah pepaya bisa diandalkan. Bahkan pemberian pepaya secara rutin tanpa berlebihan akan menutrisi tubuh sekaligus kulit bayi sehingga kulit mulusnya dapat para ibu jaga dengan baik, termasuk menurunkan risiko gangguan kesehatan kulit seperti ruam ringan maupun nyeri dengan sensasi terbakar.

  1. Menyehatkan Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata bayi bukan hanya memberinya asupan wortel lho. Pepaya juga kaya akan vitamin A sehingga mampu menjaga kesehatan mata bayi dan meningkatkan fungsinya secara alami. Selain itu, memberi pepaya sebagai menu MPASI dapat mencegah mata bayi dari berbagai gangguan kesehatan mata juga.

  1. Menyehatkan Pembuluh Darah dan Jantung

Asam folat di dalam pepaya cukup tinggi yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung pada bayi. Fungsi folat sendiri adalah mendukung proses perubahan homosistein jadi asam amino agar homosistein tak menumpuk di dalam tubuh yang berakibat pada gangguan jantung dan pembuluh darah.

  1. Mencegah Kanker Usus Besar

Selain memang bermanfaat melancarkan pencernaan, pemberian pepaya bagi bayi 6 bulan ke atas adalah menjaga usus besarnya agar tidak gampang terkena kanker. Tingginya sifat antioksidan dari buah pepaya begitu juga kandungan serat mampu menurunkan risiko kanker kolon pada si kecil.

  1. Menurunkan Demam

Antioksidan serta vitamin di dalam buah pepaya sangat tinggi, maka jika anak misalnya terkena demam, pepaya adalah salah satu asupan MPASI yang tepat untuk menurunkan suhu badan yang tinggi. Selain itu, pepaya juga mampu menjaga daya tahan sel tubuh untuk meminimalisir rusaknya sel karena diserang infeksi.

  1. Mengatasi Sariawan

Bayi yang sariawan juga sebenarnya bisa diatasi dengan salah satunya memberi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, termasuk buah pepaya. Ketika iritasi terjadi pada kulit bagian dalam mulut bayi terjadi, sariawan adalah akibatnya dan untuk mengobatinya ibu cukup beri pepaya yang telah dilunakkan.

Menurut dr Frieda Handayani Kawanto SpA(K) dilansir dari laman Detik Health, buah bisa kita jadikan puree lebih dulu dan campurkan dengan ASI untuk camilan aman si kecil. Bahkan saat anak sudah tumbuh lebih besar, pepaya adalah salah satu jenis buah yang kita dapat jadikan finger food (makanan yang bayi bisa pegang sendiri tapi tetap mudah menggigit dan mengunyahnya).