Intip 8 Manfaat Utama Daun Perilla Yang Banyak Orang Belum Tahu !

831

Manfaat Daun PerillaPernahkah Anda mendengar tentang daun perilla? Para pecinta makanan Korea mungkin pernah melihat daun perilla karena memang tumbuhan herba ini paling banyak dijumpai di Korea selain di Nepal, India dan Jepang. Banyak yang belum tahu tentang daun ini apalagi kandungan-kandungan baik di dalamnya, berikut intip komponennya:

Dengan berbagai komponen di dalamnya, hal ini menjadikan daun perilla tak hanya sekadar bisa dimakan tapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah daftar manfaat daun perilla bagi kesehatan yang banyak orang belum tahu.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Anda mudah terkena penyakit, walau penyakit-penyakit yang tergolong ringan, ini merupakan tanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang lemah. Maka sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh, Anda memerlukan daun perilla supaya bisa menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mengobati Sakit Mata

Jenis-jenis gangguan kesehatan pada mata seperti mulai dari mata merah, mata perih hingga mata gatal karena iritasi dapat Anda tangani dengan daun perilla. Obat mata alami ini bisa Anda andalkan apapun penyebab iritasi mata Anda begitu juga gejala dan keluhan lain yang dialami di bagian mata.

  1. Mengatasi Pembengkakan atau Infeksi

Daun perilla juga diketahui dapat menawarkan kandungan asam rosmaric di mana zat ini adalah yang bersifat baik dalam mencegah infeksi atau mengatasi masalah pembengkakan serta infeksi. Cukup gunakan ekstrak daun perilla supaya masalah infeksi bisa teratasi dengan alami dan baik.

  1. Mengurangi Risiko Radang

Daun perilla bermanfaat pula dalam mencegah risiko terkena peradangan sekaligus menjadi penyembuh alaminya jika memang sudah telanjur terkena radang. Radang tenggorokan adalah salah satu jenis kondisi radang yang dapat Anda coba atasi dengan mengonsumsi daun perilla karena ekstraknya berkhasiat sangat besar bagi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun herba satu ini telah diteliti oleh para ilmuwan Jepang di mana hasilnya termasuk mengejutkan karena di dalamnya terdapat sifat antimikroba yang ternyata sangat bagus untuk menjaga kesehatan mulut. Anda bisa jadikan daun perilla sebagai lalapan alias dimakan langsung ketika sudah dicuci bersih dan mengunyah-ngunyahnya mampu mengurangi risiko gangguan kesehatan mulut termasuk gusi berdarah.

  1. Mencegah Kulit Terbakar

Daun perilla yang ditumbuk halus lalu dibalurkan ke kulit akan menjadi pencegah bahaya sinar matahari di siang hari yang mudah membakar. Apabila Anda berkegiatan di luar ruangan cukup sering dan menjadi lebih sering terpapar sinar matahari yang bisa membakar kulit, segera gunakan daun perilla jika ada untuk mengatasinya.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Daun perilla adalah daun herba yang juga bermanfaat besar dalam mencegah penyakit stroke, yakni salah satu penyakit yang berhubungan dengan kesehatan otak dan saraf. Mengonsumsinya sebagai lalapan akan jauh lebih baik karena memberikan khasiat yang jauh lebih maksimal.

  1. Melegakan Saluran Pernapasan

Keuntungan lainnya dalam menggunakan daun perilla untuk dikonsumsi adalah mampu menjadi pembersih alami bagi saluran pernapasan yang terhambat atau terganggu. Itulah kenapa, para penderita flu, gangguan paru-paru, batuk, dan juga sesak nafas bisa memanfaatkan daun ini untuk melegakan dan meredakan segala gejala berkaitan dengan masalah pernapasan.

Untuk mendapatkan segudang manfaat daun perilla yang telah disebutkan, daun bisa Anda konsumsi mentah sebagai lalapan atau dijadikan salad nikmat. Biji perilla pun sangat berkhasiat apabila Anda mengunyahnya karena akan membantu mengatasi masalah bau mulut dan gangguan kesehatan mulut lainya. Sejauh ini, belum dijumpai adanya efek samping dalam penggunaan daun perilla sehingga Anda bisa mengandalkan daun ini secara aman.