5 Manfaat Bawang Putih Bakar 6 Siung Per Hari Bagi Kesehatan

249

Mengonsumsi bawang putih diyakini bermanfaat tinggi untuk kesehatan karena dari zaman nenek moyang, bumbu dapur ini memang kerap dijadikan penghangat tubuh hingga obat berbagai penyakit. Antioksidan, vitamin B6, vitamin C, vitamin B3, zat besi, vitamin B1, kalsium, vitamin B2, asam folat, zinc, sodium, kalium, mangan, magnesium dan fosfornya sungguh terkandung di dalam bawang putih. Selain bisa dikonsumsi langsung, manfaat bawang putih bakar juga dapat coba diperoleh.

  1. Melawan Radikal Bebas

Pada 2-4 jam pertama usai mengonsumsi bawang putih yang dibakar ataupun dipanggang, ada sifat antikanker dari bawang ini yang mampu bekerja maksimal di dalam sistem tubuh. Tak hanya sifat antikankernya, antioksidannya pun sudah mulai bekerja melawan efek-efek radikal bebas yang berisiko membahayakan tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

4-6 jam setelah mengonsumsi bawang putih yang dibakar nutrisinya siap bekerja mendorong sel T di dalam tubuh untuk berfungsi lebih maksimal. Peran sel T ini adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh sekaligus pelawan penyakit sehingga mengonsumsi bawang putih bakar mampu bermanfaat dalam menjauhkan diri kita dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk juga menghilangkan kelebihan cairan sekaligus lemak.

  1. Membasmi Bakteri

Bukan hanya sifat antikanker dan antioksidan saja yang begitu besar kadarnya di dalam bawang putih. Nyatanya, antibakteri di dalamnya setelah 6-7 jam konsumsi akan mulai bekerja. Peran antibakteri tentunya adalah sebagai pembasmi bakteri dalam tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit infeksi bakteri.

  1. Menghilangkan Racun Tubuh

Bawang putih yang kaya nutrisi sekalipun dibakar atau dipanggang tak akan menurunkan kadarnya. Justru 6-10 jam mengonsumsi bawang putih bakar/panggang, manfaatnya begitu besar karena mampu menghilangkan racun dari tubuh, membuangnya secara sempurna. Fungsi sel jadi meningkat dan pastinya tubuh terlindungi dari oksidasi juga.

  1. Pembersihan dan Manfaat Lainnya

Dari 10-24 jam usai mengonsumsi bawang putih yang dibakar, berbagai macam manfaat lainnya bisa dirasakan lho. Kadar kolesterol tinggi akan kembali normal, meningkatkan libido, menambah fungsi kerja atletik, tekanan darah normal, mencegah kelelahan tubuh, menguatkan sendi dan tulang, serta membersihkan arteri sehingga mampu menurunkan risiko terkena jenis-jenis penyakit jantung.

Untuk dapat memperoleh manfaat bawang putih bakar secara maksimal, para ahli menganjurkan konsumsi 6 siung per harinya. Jadi demi tahu bagaimana hasilnya, selamat mencoba ya, dan semoga efektif dalam menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.