Home Penyakit dan KelainanAlergi Ini 6 Tanda Alergi Bawang Putih, Kondisi yang Diidap Jin BTS

Ini 6 Tanda Alergi Bawang Putih, Kondisi yang Diidap Jin BTS

by Erlita

Alergi makanan memang bisa bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah alergi bawang putih. Rupanya, kondisi semacam ini dapat juga menyerang salah satu personel boy band asal Korea Selatan yang kini tengah hits, Jin BTS. Pria kelahiran tahun 1992 bernama lengkap Kim Seokjin ini belum lama menceritakan bagaimana ia mengalami reaksi alergi.

Melansir dari Koreaboo, Jin menulis di Weverse dengan mengatakan kalau dirinya menglami gatal-gatal di seluruh tubuhnya sehingga ia memutuskan untuk menjalani tes alergi. Cukup mengejutkan, sebab dokter yang menanganinya justru memberi saran bahwa ia perlu mengurangi konsumsi bawang putih; padahal kita tahu di Korea sendiri bawang putih adalah penambah rasa yang penting dan selalu ada di berbagai hidangan.

Jin sendiri mengalami kebingungan mengenai menu apa yang dapat ia nikmati tapi tak ada kandungan bawang putihnya. Kondisi alergi bawang putih sendiri termasuk langka, hanya saja ketika seseorang sekalinya punya reaksi alergi pada bumbu dapur ini, entah itu dalam kondisi mentah atau matang bawang putih bisa memicu beberapa gejala.

Alergi bawang putih sendiri menurut Healthline adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam pengidentifikasian zat yang terdapat di dalam bawang putih dan menganggapnya sebagai zat berbahaya bagi tubuh. Karena kekeliruan oleh sistem imun tubuh, antibodi yang dihasilkan tubuh malah melawan zat di bawang putih itu.

Bagi yang memiliki alergi terhadap bawang putih seperti Jin, reaksi atau keluhan gejala dapat terjadi entah itu 2 jam usai menyentuh ataupun menelan bawang putih. Inilah beberapa tanda alergi bawang putih yang perlu diwaspadai:

  1. Kulit Melepuh

Irisan bawang putih mentah diketahui mampu mengobati luka terbuka, namun seperti sebuah kasus seorang wanita di Inggris yang mengobati luka menganganya dengan bawang putih malah justru memicu lepuhan dan sensasi terbakar di luka tersebut. Jika hal ini terjadi di bagian luka, sebenarnya alergi bawang putih juga dapat mengancam diri karena dapat menjadi faktor penyebab munculnya lepuhan di kulit.

  1. Gatal-gatal

Seperti reaksi alergi pada umumnya, gatal-gatal di kulit dapat terjadi. Seperti kondisi yang dialami oleh Jin, gatal-gatal ini dapat menjadi tanda bahwa kulit mengalami peradangan sebagai reaksi dari kandungan pada bawang putih. Sulfur adalah kandungan bawang putih yang umumnya memicu keluhan-keluhan tak menyenangkan karena senyawa ini memang paling kuat sehingga paling sering menyebabkan eksim atau ruam.

  1. Kembung, Mual dan Muntah

Gejala lainnya yang tidak menyenangkan pada kasus intoleransi bawang putih adalah perut yang terasa kembung. Bahkan ada pula yang akan merasa mual hingga muntah-muntah cukup mencium aromanya atau usai menelan bawang putih tersebut.

  1. Mulut Kesemutan

Mulut kesemutan juga dapat menjadi tanda bahwa kita mengalami alergi terhadap suatu makanan, termasuk juga bawang putih. Jika sehabis mengonsumsinya atau bahkan mulut hanya menyentuh saja kemudian timbul rasa kesemutan disertai beberapa gejala lain yang cukup mengganggu, segera ke dokter untuk pengobatan ya.

  1. Kram Perut atau Diare

Selain masalah perut kembung dan mual serta muntah, perut juga dapat mengalami kram akibat memakan bawang putih. Jika merasakan hal ini kemudian disusul diare serta gejala-gejala lain yang tak wajar dan tak nyaman, segera hentikan konsumsi dan coba periksakanlah ke dokter.

  1. Sesak Nafas

Ada pula pada beberapa kasus yang reaksi alerginya sampai mengalami sesak nafas, kemungkinan karena menghirup aroma bawang putih atau juga bisa karena memakannya. Dan karena bawang putih masuk dalam golongan allium, penderita gejala juga bisa saja mengalami alergi makanan lain dalam golongan yang sama dengan bawang putih.

Seperti Jin, ketika tanda alergi bawang putih nampak mencurigakan dan mengganggu, segera ke dokter untuk mendeteksi apa penyebabnya. Jika memang benar positif menderita alergi bawang putih, hindari konsumsinya ya agar tidak membuat gejala semakin serius.

You may also like