Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang Sering Sakit Pinggang – Penyebab, Diagnosa dan Pengobatan

Sering Sakit Pinggang – Penyebab, Diagnosa dan Pengobatan

by Erlita

Sakit pinggang yang dalam istilah medis dinamakan dengan lumbago merupakan sensasi nyeri yang terjadi di tulang lumbar antara cakram, saraf tulang punggung, jaringan otot dan juga organ tubuh yang berada di sekitarnya. Beberapa penderita sering sakit pinggang terjadi karena mekanisme gaya hidup tidak baik seperti duduk dalam waktu lama dan tidak diimbangi dengan olahraga, mengangkat barang yang terlalu berat atau kecelakaan yang membuat pinggang dan area sekitar menjadi cedera.

Sakit pinggang sendiri dibagi menjadi 3 tahap dengan gejala sakit pinggang yang berbeda-beda yakni akut yang biasanya terjadi selama beberapa hari, sakit pinggang sub akut yang terjadi antara 4 hingga 12 minggu dan juga sakit pinggang kronis yang terjadi lebih dari 12 minggu.

Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab sakit pinggang terbagi menjadi 2 jenis sakit pinggang yakni mekanis dan juga medis. Untuk penyebab sakit pinggang mekanis terjadi karena pengikisan struktur serta daya tahan pinggang meliputi sendi, otot, cakram, saraf dan juga tulang serta faktor usia. Sedangkan sakit pinggang karena kondisi medis bisa terjadi karena masalah batu ginjal, osteoporosis dan beberapa jenis penyakit lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit pinggang yang umum dialami.

  1. Cedera Tulang Belakang

Cakram yang robek atau terselip terjadi saat seseorang terjatuh atau terpelintir yang membuat cakram menekan saraf tulang belakang dan menimbulkan sakit pinggang belakang seperti tertusuk atau sensasi terbakar di bagian pinggang sampai kaki.

  1. Radikulopati

Radikulopati merupakan inflamasi atau saraf tulang belakang yang mengalami penekanan yang terjadi di saat cakrap terselip kemudian menekan saraf tulang belakang terlalu berlebihan. Bagian tubuh yang dipenuhi dengan saraf akan tertekan dan menimbulkan rasa kesemutan, penyebab sakit sebelah kanan dan bahkan sampai mati rasa.

  1. Keseleo

Keseleo adalah cedera yang menyebabkan tendon atau otot mengalami tekanan yang terjadi karena posisi duduk tidak benar, terpeleset, mengangkat beban terlalu berlebihan dan peregangan otot yang terlalu berlebihan. Jika keseleo yang terjadi ada dalam tahap parah, maka bisa saja membuat ligamen menjadi robek.

  1. Sakit Ginjal

Sakit pinggang bisa terjadi karena masalah pada organ ginjal seperti batu ginjal yang ditimbulkan karena makanan penyebab batu ginjal, infeksi saluran kencing dan juga komplikasi ginjal lainnya. Semua masalah ginjal tersebut akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian pinggang bawah sebelah kanan atau kiri. Gejala dari sakit pinggang karena ginjal meliputi timbulnya sakit saat sedang kencing akibat kristal ginjal dan juga muntah.

  1. Tegang Pada Otot

Sakit pinggang sebelah kanan bisa terjadi karena ketegangan otot yang bisa disebabkan karena banyak hal seperti mengangkat beban terlalu berat, salah dalam melakukan gerakan olahraga dan berbagai penyebab lainnya.

  1. Penyakit Degeneratif Tulang Belakang

Sakit pinggang umumnya terjadi pada saat cakram daerah lumbar atau tulang belakang manusia dari mulai terurai sampai hancur seluruhnya. Penyakit degeneratif tulang belakang yang paling sering terjadi adalah pengapuran tulag yang umumnya terjadi pada usia lanjut atau karena obesitas.

  1. Lumbar Disc Syndrome

Ini merupakan salah satu penyebab dari sakit pinggang sebelah kanan yang terjadi karena postur tubuh tidak baik saat mengangkat suatu beban sehingga fungsi diskus tulang rawan bagian belakang tubuh akan berkurang. Saat celah diskus tulang rawan mengalami penyempitan, maka tulang akan terdorong dan membuat tulang atau saraf punggung menjadi tertekan lalu menimbulkan rasa sakit di sekitar pinggang, sering kesemutan dan juga mati rasa.

Diagnosis Sakit Pinggang

Untuk tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga bertanya tentang aktivitas sehari hari penderita serta riwayat kesehatan untuk mencari faktor pemicunya. Pemeriksaan meliputi kemampuan motorik, refleks serta sensorik dengan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Pemindaian: Pemindaian yang dilakukan meliputi foto rontgen, CT scan dan MRI untuk melihat struktur otot, tulang dan juga ligamen.
  • Pemeriksaan myelogram: Untuk menguatkan hasil pemindaian dengan cara menyuntikan cairan berwarna khusus lewat saluran tulang belakang sebelum menjalani pemeriksaan radiologi untuk memeriksa keadaan cakram yang juga bisa dilakukan dengan pemeriksaan diskografi.
  • Pemeriksaan kepadatan tulang: Dilakukan untuk emmeriksa kepadaran struktur dari tulang, kelainan sendi dan juga metabolisme tulang.
  • Ultrasonografi: Dilakukan untuk memeriksa keadaan otot, ligamen dan tendon dengan lebih detail lewat gelombang suara.
  • Pemeriksaan Darah: Dilakukan untuk melihat apakah terjadi peradangan, infeksi dan juga kondisi seperti arthritis dengan cara pemeriksaan darah lengkap seperti laju endap darah [LED] dan juga protein C reaktif.

Pengobatan Sakit Pinggang

Sebagian besar sakit pinggang di beberapa bagian tertentu biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika disebabkan karena infeksi atau masalah pada organ tubuh maka dibutuhkan pengobatan lebih lanjut yang bisa dilakukan dengan tindakan medis ataupun menggunakan bahan bahan alami seperti berikut ini.

  1. Pengobatan Jenis Terapi

Sakit pinggang bisa disembuhkan dengan cara melakukan salah satu dari jenis terapi sakit pinggang berikut ini.

  • Terapi fisik: Dilakukan untuk menguatkan otot, meningkatkan kemampuan pergerakan serta kelenturan dan memperbaiki postur tubuh.
  • Manipulasi tulang belakang: Dilakukan untuk mengatur dan menstimulasi tulang belakang dan jaringan sekitar yang harus dilakukan oleh dokter bersertifikasi.
  • Taksi: Dilakukan dengan memakai beban untuk menarik struktur tulang belakang supaya seimbang.
  • Biofeedback: Dilakukan dengan memakai elektroda untuk memantau pernafasan, denyut jantung, kekuatan otot dan juga suhu kulit yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.
  • Transcutaneous electrical nerve stimulation [TENS]: Dilakukan dengan cara menanamkan elektroda pada saraf bertenaga baterai di area pinggang yang sakit untuk memblokir sinyal listrik yang mengalami masalah di sisten saraf tepi.
  • Nerve block: Jenis terapi yang dilakukan dengan cara menekan sampai mematikan stimulasi saraf bermasalah memakai bius lokal suntik, botulinum toxin dan bisa juga steroid di bagian nyeri.
  • Suntikan steroid epidural: Terapi jangka pendek untuk meredakan rasa sakit di bagian pinggang.
  1. Tindakan Medis Sakit Pinggang

Apabila terapi yang dijalani belum berhasil untuk menyembuhkan sakit pinggang, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan operasi dimana sakit pinggang juga diikuti dengan masalah tidak bisa menahan kemih atau penurunan fungsi saraf.

  • Disektomi: Dilakukan untuk meredakan tekanan pada saraf tulang belakang karena cakram terjepit dengan cara mengangkat sebagian kecil dari kanal tulang belakang atau lamina.
  • Nukleoplasti: Dilakukan untuk mengangkat bagian dalam dari cakram dengan memakai alat khusus seperti tongkat yang nantinya akan dipasang lewat jarum. Alat ini dilengkapi dengan gelombang radio yang berguna untuk menghangatkan sekaligus mengecilkan jaringan tulang belakang.
  • Ablasi: Berguna untuk interupsi komunikasi saraf lewat gelombang radio dengan cara menanamkan jarum khusus yang sudah dipanaskan.
  • Foraminotomi: Membersihkan atau memperbesar bagian foramen atau titik akhir saraf kanal tulang belakang yang dilakukan dengan cara mengangkat sebagian kecil tulang di sekitar saraf yang mengalami tekanan atau hambatan.
  1. Pengobatan Alami Sakit Pinggang

Obat alami sakit pinggang sangat baik dilakukan khususnya bagi penderita yang tidak ingin menempuh jalan medis atau melakukan beberapa terapi.

Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman herbal yang mengandung flavonoid, minyak atsiri dan saponin yang sangat ampuh untuk mengatasi sakit pinggang.

  • Rebus 30 gram daun mahkota dwea, 30 gram temulawak, 25 gram daun baru Cina dan 500 ml air.
  • Rebus sampai tersisa setengahnya saja dan minum secara teratur sampai sakit pinggang sembuh total.

Jahe Merah

Jahe merah memiliki beberapa kandungan efektif untuk menyembuhkan sakit pinggang seperti shogaol, zingeron dan juga ginggerol.

  • Rebus 25 gram jahe merah, 25 gram temulawak hitam, 30 gram akar sawi langit, 30 gram daun mahkota dewa dengan 600 ml air.
  • Rebus hingga tersisa setengahnya dan minum secara rutin.

Buah Takokak

Buah takokak yang bentuknya hampir menyerupai leunca sangat baik untuk menghilangkan sakit pinggang dengan cara yang sangat mudah.

  • Rebus 100 gram buah takokak dengan 10 gram adas, 30 gram rambut jagung dan 20 gram jahe merah dengan 600 ml air.
  • Rebus hingga tersisa setengahnya da minum selagi hangat secara teratur.

Akar Ilalang

Akar ilalang juga sangat efektif digunakan untuk obat sakit pinggang alami dan sangat mudah ditemukan dimanapun.

  • Rebus akar ilalang secukupnya dengan air sampai mendidih dan saring lalu minum selagi masih hangat sebanyak 2 kali sehari hingga sembuh.

Sering sakit pinggang yang terkadang dianggap remeh ini ternyata bisa menjadi indikasi terjadinya sebuah penyakit yang menyebabkan kondisi tersebut sehingga harus lebih diperhatikan dan dicari lebih jauh yang menjadi penyebabnya agar tidak berkembang semakin parah dan bisa membahayakan tubuh.

You may also like