Sponsors Link

22 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh – Alami dan Medis

Sponsors Link

Obat untuk sakit pinggang umumnya dicari oleh orang yang sudah setengah baya dikarenakan kemampuan otot sendi dan juga tulangnya mulai berkurang. Semakin bertambah usia seseorang kadar kalsium di dalam tubuhnya semakin berkurang sehingga banyak keluhan di bagian tulang dan juga sendi. Kadar kalsium di tulang perlu ditingkatkan saat usia sudah menginjak di atas usia 30 tahun. Penelitian yang dilakukan di dunia menyatakan bahwa sakit pinggang ini merupakan penyakit umum yang sering dialami setelah sakit kepala. Sakit pinggang ini bisa disebabkan oleh faktor usia, gangguan sendi dan juga adanya gangguan di bagian tulang belakang. Namun gaya hidup yang salah saat ini bisa membuat orang yang masih muda pun berpotensi untuk terkena sakit pinggang.

ads

Obat Medis

Saat ini banyak sekali obat untuk sakit pinggang secara medis yang bisa anda temukan di apotek maupun di toko obat. Selain bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang secara cepat, obat untuk sakit pinggang secara medis menggunakan obat kimia ini juga praktis artinya anda tidak perlu membuat obat ini dengan mencampurkan berbagai macam komposisi bahan. Berikut ini adalah obat sakit pinggang medis yang bisa anda temukan di apotek atau toko obat :

  1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat kimia yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, terbukti banyak penyakit yang bisa diatasi menggunakan obat ini. Ibuprofen merupakan obat dengan jenis anti inflamasi sehingga dari jenisnya saja kita sudah tahu fungsi dari obat itu untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya peradangan. Sakit pinggang akan bertambah parah sakitnya jika disertai dengan peradangan. Anda bisa mendapatkan obat ini tanpa menggunakan resep dokter, meskipun begitu anda harus tetap mematuhi dosis yang berlaku di obat tersebut.

  1. Naproxen

Obat lainnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan sakit pinggang yang anda derita adalah naproxen. Sama halnya dengan ibuprofen, obat ini juga termasuk dalam obat kimia anti inflamasi. Sama seperti namanya, obat kimia ini memiliki fungsi untuk mencegah peradangan dan menghilangkan peradangan. Tidak hanya itu saja, obat ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa sakit di pinggang anda. Anda bisa mengkonsumsi obat ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Muscle Relacants

Obat khusus yang bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang anda adalah muscle relaxants. Fungsi obat ini lebih spesifik yaitu untuk meredakan otot yang mengalami kejang serius dimana otot yang kejang itu akan menyebabkan orang mengalami sakit pinggang. Sayangnya obat kimia ini memiliki efek samping misalnya saja adalah membuat anda merasa mengantuk sehabis meminumnya. Bagi anda yang mengkonsumsi obat ini sebaiknya tidak mengendarai kendaraan seorang diri sebab akan sangat berbahaya jika dia mengendarai kendaraan dalam posisi mengantuk.

  1. Obat Antidepresan

Bagi orang yang mengalami sakit pinggang yang kronis anda bisa mengkonsumsi obat antidepresan dan harus disertai dengan resep dokter. Sebenarnya obat ini digunakan untuk mengobati orang yang mengalami stres atau depresi. Namun kandungan obat yang ada di antidpresan itu juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa akan sakit yang dihasilkan oleh sakit pinggang sehingga penderita tidak hanya terfokus pada rasa sakit yang dialaminya.

  1. Suntikan Anestesi

Bagi yang menderita pinggang kronis bisa meminta suntikan anestesi atau bius untuk menghilangkan rasa sakit di pinggangnya untuk sementara. Hal ini bisa dilakukan disamping pengkonsumsian obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien.Jenis suntikan yang bisa dilakukan kepada pasien sakit pinggang adalah suntikan sendi facet, sendi facet sendiri adalah sendi yang ada di bagian tulang belakang sehingga membuat tulang belakang tetap selaras dan sepadan.

  1. Obat Kodein

Obat yang memiliki dosis lebih tinggi dibandingkan dnegan ibuprofen adalah obat kodein. Mungkin obat ini sedkit asing di telinga anda dikarenakan masyarakat belum mengetahui secara luas apa itu obat kodein. Obat kodein sendiri merupakan obat yang berguna untuk mengatasi nyeri pinggang. Biasanya dokter akan merekomendasikan menggunakan obat ini jika sakit pinggang yang dialami sudah dalam kondisi berat. Obat ini juga sering dijadikan sebagai obat batuk, diare dan lain sebagainya. Sayangnya pengkonsumsian jangka panjang obat ini akan sangat berbahaya sebab kodein yang masuk ke dalam tubuh manusia akan diubah menjadi morfi. Pengubahan menjadi morfin itu ada di dalam hati manusia, hati yang disuruh untuk melakukan proses itu akan merasa terbebani sehingga lama kelamaan hati menjadi bermasalah dan timbullah penyakit sirosis hati.

Efek samping lainnya yang akan anda dapatkan saat mengkonsumsi obat ini adalah morfin pada obat ini akan menyebabkan pasien mengalami perubahan perasaan secara tiba-tiba seperti perasaan senang atau bahagia, gatal-gatal, mual disertai dengan muntah, mengantuk terus menerus, mulut kering dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat yang juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Jika mendengar kata paracetamol pikiran kita langsung mengarah ke penyakit demam atau panas. Padahal penggunaan paracetamol ini tidak hanya berkutat di panas atau demam saja namun lebih luas dari itu.

Paracetamol tergolong dalam obat analgesik dimana fungsinya adalah sebagai pereda rasa sakit bukan pereda demam. Sehingga rasa sakit pinggang yang anda derita akan sedikit menghilang atau berkurang ketika anda mengkonsumsi paracetamol dalam dosis yang telah dianjurkan. Dosis yang dianjurkan ketika mengkonsumsi obat ini adalah sekitar 500 mg dalam 6 jam sekali.

  1. Diazepam

Bagi orang yang mengalami sakit pinggang ekstrim atau berat dimana disertai dengan kejang otot, dokter akan memberikan obat diazepam untuk penggunaan yang singkat. Obat ini masuk dalam jenis obat benzodiazepine dimana fungsinya adalah mempengaruhi sistem syaraf otak manusia. Obat ini berhubungan langsung dengan syaraf otak sehingga jika dikonsumsi akan memberikan efek ketenangan. Orang yang diberikan obat ini akan lupa dengan rasa sakit yang dialaminya akibat pinggangnya tersebut. Obat ini tidak hanya diberikan oleh penderita sakit pinggang namun diberikan kepada orang yang memiliki kecemasan berlebihan, kejang-kejang, mengalami insomnia, pengobatan dari kecanduan alkohol dan juga untuk obat bius.

Obat Alami

sponsored links

Setelah mengetahui berbagai macam obat untuk sakit pinggang secara alami, kini saatnya kita mengetahui obat apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Yang namanya alami tentu tidak akan memiliki efek samping. Berikut ini adalah obat sakit pinggang secara alami yang bisa dengan mudah dibuat oleh orang yang mengalami sakit pinggang:

  1. Air Panas

Bagi anda yang mengalami sakit pinggang ringan anda bisa berendam di dalam air panas. Hal itu dkarenakan rasa panas yang anda gunakan untuk berendam akan merilekskan otot pinggang anda sehingga otot yang rileks akan membuat anda merasa lebih nyaman dan sakitnya akan berkurang.

  1. Botol Panas

Tidak hanya mandi di air panas saja yang bisa digunakan untuk obat alami sakit pinggang namun anda juga bisa memasukkan air panas ke dalam botol kemudian gunakanlah botol yang berisi air panas itu untuk mengompres pinggang anda yang terasa sakit.

  1. Akupuntur

Cara ini merupakan terapi yang bisa menjadi obat bagi orang yang mengalami sakit pinggang. Akupuntur selain bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia juga bisa digunakan sebagai obat untuk sakit pinggang. Peredaran darah yang tidak lancar di pinggang dan syaraf yang bermasalah akan menjadi normal kembali. Cara akupuntur ini adalah dengan cara menusukkan jarum ke titik titik di pusat tubuh. Ada beberapa sesi yang harus dilakukan orang yang mengalami sakit pinggang agar sakit pinggang yang dideritanya bisa segera menghilang. Akupuntur ini hanya bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang pada bagian bawah saja.

  1. Temulawak

Obat tradisional yang dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang adalah menggunakan temulawak. Selama ini temulawak dipercaya sebagai obat herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Temulawak dipercaya bisa digunakan untuk obat cacar air dan juga digunakan sebagai cara mengobati sakit maag. Untuk mengobati sakit maag menggunakan temulawak sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini:

  • Ambil satu buah rimpang temulawak dengan ukuran yang sedang.
  • Ambil satu genggam daun kumis kucing.
  • Siapkan satu liter air.
  • Cuci bersih semua bahan-bahan kemudian rebus semua bahan itu menggunakan satu liter air.
  • Rebus sampai air rebusan hanya menjadi setengahnya saja.
  • Minumlah air rebusan itu sebanyak satu kali dalam sehari dan jangan berhenti jika sakit pinggang anda belum mereda.
  1. Daun Landep

Pernahkah anda melihat daun landep ini?, jika pernah maka anda telah menemukan daun yang bisa digunakan sebagai obat untuk sakit pinggang. Selama ini pun daun landep dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Selain bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang, daun landep ini bisa digunakan untuk mengobati rematik. Jangan pernah menganggap remeh dari rematik ini sebab ada berbagai macam bahaya rematik yang tidak boleh disepelekan. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun landep ini pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil segenggam daun landep.
  • Cuci daun landep itu sampai benar-benar bersih.
  • Setelah bersih tumbuklah daun landep itu agar menjadi halus.
  • Setelah halus tambahkan dalam tumbukan daun landep itu air kapur sirih secukupnya.
  • Setelah ditambahkan air kapur sirih, kedua bahan itu diaduk agar berubah menjadi pasta atau adonan.
  • Pasta daun landep dan kapur sirih itu segera di balurkan ke bagian pinggang anda yang sakit, anda juga bisa sambil memijat-mijat bagian pinggang anda yang sakit. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Daun Sirsak

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirsak?, daun sirsak merupakan daun yang kaya akan manfaat. Selain bisa digunakan untuk mengobati kanker, tumor, sebagai obat keputihan karena jamur, daun sirsak ini pun bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang yang efektif. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun sirsak adalah berikut ini :

  • Ambil sebanyak 20 lembar daun sirsak yang masih segar kemudian dicuci bersih.
  • Siapkan 5 gelas air.
  • Rebuslah duan sirsak itu menggunakan 5 gelas air tersebut, kemudian sisakan air rebusannya meenjadi tiga gelas saja. Minumlah air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari masing-masing satu gelas.
  1. Daun Kecubung

Dalam mengobati sakit pinggang yang sederhana anda bisa menggunakan daun kecubung. Cara menjadikan daun kecubung ini menjadi obat untuk sakit pinggang sangatlah mudah, sama seperti daun-daun sebelumnya yang dijadikan sebagai obat untuk sakit pinggang. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat obat untuk sakit pinggang dari daun kecubung :

  • Ambil sebanyak 4 lembar daun kecubung, cuci bersih daun kecubung tersebut, setelah dicuci bersih tumbuklah daun kecubung itu agar menjadi halus.
  • Campurkanlah daun kecubung itu bersamaan dengan kapur sirih. Aduk agar daun kecubung dan kapur sirih tercampur secara merata. Jika sudah tercampur dengan rata adonan itu akan menyerupai pasta.
  • Oleskanlah adonan daun kecubung dengan kapur sirih itu ke bagian pinggang yang sakit. Mengoleskannya ke seluruh bagian pinggang yang sakit seperti saat anda mengoleskan balsam ke pinggang anda.
  • Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari agar sakit pinggang yang anda derita segera sembuh.
  1. Daun Pinang

Daun Pinang khasiatnya untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali penyakit yang bisa diobati menggunakan daun pinang. Daun Pinang selama ini dipercaya bisa digunakan sebagai cara mengobati radang tenggorokan dan bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Memutihkan gigi menggunakan daun pinang ini sudah dilakukan sejak dahulu kala sejak jaman nenek moyang. Dulu banyak yang memutihkan gigi dengan cara mencampurkan daun pinang untuk makan sirih. Cara mengatasi sakit pinggang menggunakan daun pinang adalah berikut ini :

  • Ambil 5 lembar daun pinang yang segar kemudian dicuci bersih.
  • Giling atau tumbuk daun pinang tersebut sampai benar-benar halus.
  • Saat sudah halus, campurkan tumbukan daun pinang itu bersama minyak kelapa.
  • Setelah dicampurkan secara merata, panaskanlah adonan itu di atas api kecil sambil sedikit diaduk-aduk agar tidak gosong atau hangus.
  • Gunakan bahan tersebut untuk mengompres bagian pinggang anda yang terasa sakit. Rasa hangat yang dihasilkan dari bahan yang dipanaskan itu akan membuat pinggang terasa enak dan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya.
  1. Biji Blustru

Mungkin anda sedikit asing dengan biji blustru ini. Biji blustru ini merupakan biji yang diambil dari tanaman blustru. Apakah anda tahu seperti apa penampakan tanaman blustru tersebut?. Blustru disebut juga ketela manis. Di Sunda blustru disebut dengan sebutan lapang oyom dan di Palembang disebut dengan hurung jawa. Secara fisik tanaman itu mirip dengan buah timun yang berwarna hijau dan lonjong.

Cara membuat obat untuk sakit pinggang menggunakan biji blustru adalah sebagai berikut ini :

  • Sangrai biji blustru tersebut sampai hangus.
  • Giling atau blender biji blustru yang telah hangus itu sampai benar-benar halus.
  • Saat sudah halus masukkanlah biji yang sudah dihaluskan itu ke dalam topples yang kedap udara.
  • Ketika akan menggunakannya, anda bisa mengambil sebanyak 10 gram biji blustru tersebut kemudian masukkan sebanyak setengah sloki arak.
  • Aduk secara merata tunggu sampai timbul endapan di dalam air tersebut.
  • Bubuhkan air endapan yang mengendap di bawah air itu untuk mengobati sakit punggung. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Kandungan arak bisa menyebabkan punggung terasa hangat, rasa hangat yang ada di punggung itu bisa membuat sakit pinggang yang anda derita berkurang.
  1. Halia

Mungkin anda sedikit asing dengan tanaman halia ini. Halia merupakan tanaman sejenis dengan tanaman jahe dan juga tanaman temulawak. Kita sudah tahu bahwa sejak jaman dahulu tanaman jahe dan juga tanaman temulawak memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan. Oleh sebab itu anda bisa menggunakan tanaman ini untuk mengobati sakit pinggang yang anda derita. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan tanaman halia adalah sebagai berikut ini:

  • Ambil sebanyak 4 – 8 rimpang dari tanaman halia.
  • Ambil asam jawa sebanyak tiga buah, anda harus mengambil asam jawa yang kondisinya sudah benar-benar masak.
  • Parutlah rimpang halia yang sudah bersih kemudian dicampurkan dengan buah asam jawa yang telah masak.
  • Oleskanlah ke bagian pinggang anda yang terasa sakit. Melakukan cara ini harus sebanyak dua kali dalam sehari agar sakit punggung yang anda derita segera menghilang dari tubuh anda.
  1. Tanaman Herba Sangitan

Pernahkah anda mendengar dan melihat tanaman herba sangitan?, tanaman herba sangitan memiliki ciri-ciri berupa daun menyirip dan selalu berjumlah gasal, anak daun memiliki tangkai dan setiap helainya memiliki bentuk elips memanjang. Tanaman ini juga memiliki bunga, bunga dari tanaman ini berwarna kecil dan juga kekuningan, bunga itu mengumpul membentuk payung yang majemuk dan bau dari buga itu harum. Jika anda pernah menjumpai tanaman ini atau memiliki tanaman ini anda bisa menggunakan tanaman herba sangitan untuk mengobati sakit pinggang yang anda derita. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan herba sangitan adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil sebanyak 15 gram sampai dengan 30 gram tanaman herba sangitan.
  • Cuci bersih tanaman herba sangitan kemudian dicincang secara kasar.
  • Rebuslah tanaman tersebut menggunakan 3 gelas air dan biarkanlah air tersebut menyusut menjadi setengahnya.
  • Saring dan saat air rebusan itu dingin minumlah air rebusan itu sebanyak satu kali dalam sehari. Pinggang yang sakit dan juga bengkak bisa diatasi menggunakan obat herbal ini.
  1. Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan jahe, jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Zat-zat yang ada pada jahe bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan dan tentunya bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan jahe adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil larutan alkohol dengan kadar 75 persen.
  • Iris tipis-tipis dua rimpang jahe berukuran sedang.
  • Cuci cabai rawit secukupnya dan bersihkan tangkai dari cabe rawit itu.
  • Buatlah larutan fermentasi menggunakan semua bahan-bahan tersebut dengan cara mencampurkan semua bahan-bahan itu dan didiamkan selama dua minggu.
Sponsors Link
  • Setelah dua minggu, gunakanlah larutan fermentasi itu untuk memijat dan mengurut pinggang anda yang sakit.
  • Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam sehari. Larutan fermentasi itu bisa memberikan rasa hangat sehingga sakit pinggang yang anda derita akan berkurang dan menghilang sedikit demi sedikit.
  1. Daun Mahkota Dewa

Selama ini daun mahkota dewa dipercaya bisa digunakan untuk mengasi berbagai macam masalah kesehatan. Daun mahkota dewa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil yang efektif namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun mahkota dewa ini pun sangat mudah sekalit yaitu sebagai berikut ini :

  • Hal pertama yang harus anda siapkan adalah bahan-bahannya. Anda harus menyiapkan sebanyak 20 gram daun mahkota dewa, 5 gram akar sawi langit, temu hitam secukupnya dan dua rimpang jahe merah.
  • Cara pembuatan obat sakit pinggang menggunakan bahan-bahan tersebut adalah dengan merebus semua bahan menggunakan empat gelas air kemudian sisakan air rebusannya menjadi dua gelas air saja. Minum selagi hangat sebanyak dua kali dalam sehari dengan meminum masing-masing satu gelas air rebusan. Lakukanlah secara teratur.
  1. Bawang Merah

Bawang merah tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak saja namun bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Dulu sampai sekarang bawang merah banyak digunakan sebagai cara mengobati masuk angin secara alami. Bawang merah pun kini bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan bawang merah adalah berikut ini :

  • Ambil tiga siung bawang merah dan dua siung rimpang jahe merah.
  • Parut semua bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus.
  • Saat sudah halus anda bisa mencampurkan minyak zaitun di parutan bawang merah dan parutan jahe tersebut.
  • Oleskanlah bahan tersebut ke bagian pinggang anda yang sakit, mengoleskan bahan itu ke bagian punggung anda bisa dengan sedikit pijatan.
  • Rasa hangat yang berasal dari bawang merah dan jahe merah itu bisa meringankan sakit pinggang yang anda derita.
  • Lakukanlah cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Anda juga harus melakukan cara ini secara teratur setiap harinya.

Tips Agar Sakit Pinggang Cepat Sembuh

Ada baiknya anda mengimbangi obat medis dan obat tradisional yang anda konsumsi dengan tips agar sakit pinggang menjadi cepat sembuh. Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan agar sakit pinggang yang anda derita segera sembuh :

  • Banyak istirahat. Ketika anda nyeri di bagian punggung dan juga pinggang anda sebaiknya anda harus banyak istirahat. Istirahat itu diperlukan untuk merilekskan otot yang ada di bagian pinggang maupun punggung anda, tanpa kita sadari ketika kita banyak membungkuk kita menggunakan otot bagian pinggang dan juga punggung.
  • Postur tubuh yang baik. Agar sakit pinggang yang anda derita segera sembuh anda harus melihat bagaimana postur tubuh anda dan postur duduk anda yang sering anda lakukan. Sudah benarkah posisi duduk anda dan postur tubuh anda?. Postur tubuh yang buruk dan posisi duduk yang salah akan berpengaruh terhadap tulang punggung dan otot pinggang yang ada di tubuh anda.
  • Mengatur ruangan kerja. Sakit pinggang akan semakin parah jika ruang kerja tidak ergonomis. Bagi anda yang sering sakit pinggang sebaiknya mulai melihat ruangan kerjanya. Sudah ergonomiskah meja kerjanya dan sudah benarkah posisinya?. Jika belum ubahlah tatanan ruang kerja anda terutama bagian meja dan kursi. Usahakan meja dan kursi itu tidak membuat anda memiliki postur tubuh yang salah dan posisi duduk yang salah.

Itulah beberapa macam obat dan tips yang bisa anda gunakan untuk mengobati sakit pinggang yang anda derita. Jika sakit pinggang anda masih terasa menyakitkan bahkan semakin bertambah parah setiap hari sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter. Sakit pinggang yang tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama merupakan tanda atau indikasi adanya penyakit ginjal di dalam tubuhnya oleh sebab itu sakit pinggang itu tidak bisa diatasi dengan obat sakit pinggang biasa.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, March 2016 / 01:34 Oleh :
Kategori : Sakit Pinggang