Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Jenis Sakit Pinggang dan Penyebabnya

ads

Jika anda tengah mengalami beberapa gangguan ataupun keluhan kesehatan terkait sakit pinggang, maka tak ada salahnya anda mulai baca beberapa daftar kemungkinan yang bisa saja menjadi penyebab timbulnya sakit yang tengah anda derita. Mari langsung saja simak daftarnya berikut ini:

1.Nyeri piringan atau cakram sendi

Jenis sakit pinggang yang satu ini sering dikaitkan lantaran kurang idealnya berat badan sebagai penyebab paling utamanya. Kemudian piringan ataupun cakram sendi utamanya pada punggung bagian bawah menjadi tertekan dengan seiring pertambahan waktu yang lebih lama. Lebih lanjut lagi yakni tulang belakang beserta serabut syaraf di daerah tersebut mau tidak mau juga akan terdampak.

Beberapa ciri khas yang menyertai jenis sakit pingang yang satu ini yakni:

  • Keluhan kekakuan utamanya pada area punggung bawah
  • Kekejangan yang ikut muncul pada area otot sekitarnya
  • Bisa juga disertai sensasi mati rasa apabila serabut syaraf di area tersebut ikut terserang

Topik selanjutnya: Obat Herbal Nyeri Sendi

2.Nyeri permukaan atau selubung sendi

Penyebab utama dari jenis sakit pinggang yang satu ini biasanya berhubungan dengan kurang hati-hatinya penderita dalam me-menej beban yang diberikan pada bagian punggung atau pinggangnya. Bisa saja karena digunakan untuk aktifitas yang berlebihan dan dalam jangka panjang. Utamanya saat piringan atau cakram sendi juga mulai bermasalah maka akan sangat mungkin masalah kesehatan tersebut kemudian menyebar pada selubung ataupun permukaan sendi kita.

Beberapa ciri khas yang menyertai jenis sakit pinggang yang satu ini yakni:

  • Pada kondisi terparah manifestasi sakit ini bisa sampai menyebabkan pada keretakan bagian sendi
  • Pembiaran terus menerus tanpa mendapat penanganan tepat hanya akan semakin memperparah gejala yang telah ada tersebut
  • Bisa juga disertai dengan sensasi kesemutan ataupun mati rasa
  • Rasa sakit bisa mulai sangat menyerang apabila penderita kurang istirahat dari aktifitas berdiri yang terlalu lama dipaksakan

Topik selanjutnya: Obat Radang Sendi

3.Penurunan fungsi sendi

Jenis sakit pinggang yang satu ini bisa dibilang sebagai permasalahan kesehatan yang dapat terjadi secara natural. Sesederhana hanya karena umur lah yang menjadi penyebab penyakit ini menyerang beberapa orang menjelang usia tua ataupun mulai berumur. Memang menimbulkan rasa sakit di sekitar pinggang namun karena terjadi lantaran peristiwa alamiah maka jenis sakit pinggang satu ini tidaklah terlalu butuh penanganan serius ataupun termasuk dalam daftar penyakit yang sangat membahayakan.

Topik selanjutnya: Penyebab Radang Sendi

Sponsors Link

4.Sakit tulang belakang

Jenis sakit pinggang yang satu ini bisa menyerang biasanya pada semua tingkat usia baik remaja maupun berumur. Utamanya menyerang mereka yang mengabaikan asupan nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tulang. Namun sakit yang mendera juga berdampak pada sekitaran otot tegang pada daerah punggung bawah ataupun mendekati sekali daerah pinggang. Jika dibiarkan terus berlanjut tanpa penanganan tepat maka sistem tulang belakang akan mengalami pelemahan fungsi dan sangat terbuka kemungkinan untuk menimbulkan potensi timbulnya beragam cidera yang lebih lanjut.

Topik selanjutnya: Penyebab Sakit Tulang Belakang

5.Salah posisi sendi

Hal ini mungkin terjadi saat penderita tertimpa cedera. Yang mana memungkinkan area tulang belakang khususnya bagian bawah akhirnya mengalami semacam keretakan ataupun mendekati perpecahan yang memaksa piringan sendi meleset dari tempatnya semula dan melampaui batas posisi sehingga menciptakan perletakan yang tidak tepat. Gejala yang muncul adalah adanya rasa nyeri dapat disertai juga dengan peradangan di sekitar area cidera tersebut. Dan yang paling mungkin maka gangguan syaraf terjepit pun dapat menyertai karena letak tulang belakang yang tak terpisahkan dengan rangkaian syaraf.

6.Penyempitan tulang belakang

Ada beberapa hal yang entah dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak berhati-hati, usia atau bahkan cidera tertentu yang bisa saja menyebabkan manifestasi pada timbulnya kelainan pada perkembangan sistem tulang belakang. Secara abnormal rangkaian tulang belakang ataupun sambungan syaraf di sekitarnya mengalami penyempitan yang tentu saja dapat menimbulkan keluhan nyeri pada penderita serta berkurangnya kinerja normal dari sistem tulang belakang tersebut.

Topik selanjutnya: Tanda-tanda TBC Tulang Belakang

7.Radang sendi tulang belakang

Biasanya populer juga dengan sebutan osteoarthritis. Munculnya keluhan nyeri pada area pingang menjadi pertandanya. Gaya hidup yang kurang sehat dan cenderung sembarangan bisa menjadi pemicu utama. Peradangan akan menyerang pada bagian persendian tulang belakang. Diet untuk beberapa jenis makanan yang umumnya mengandung purin tinggi yakni megurangi mengkonsumsinya juga terbukti dapat mengurangi keluhan yang diderita.

Topik selanjutnya: Penyebab Kelainan Tulang Belakang

sponsored links

8.Tumor tulang belakang

Ada serangkaian jumlah sel abnormal yang bertumbuh di dalam sistem tulang belakang lah yang menjadi penyebab utamanya. Bisa dikarenakan gaya hidup ataupun keturunan juga berpengaruh sebagai pemicunya. Ada kemungkinan sel abnormal tersebut tumbuh secara lambat ataupun jinak namun tak menutup kemungkinan pula menjadi liar dan sering disebut juga sebagai kanker tulang belakang. Selain muncul gejala nyeri maka penampang sistem tulang belakang pun akan terlihat tidak biasa seiring dengan perkembangan sel abnormal tersebut.

Topik selanjutnya: Bahaya Retak Tulang Belakang

9.Osteomyelitis

Sakit punggung bawah mendekati pinggang yang satu ini merupakan jenis penyakit infeksi. Yakni lebih spesifiknya munculnya gangguan sistem tulang belakang lantaran disebabkan oleh serangan sekelompok bakteri yang terus berkembang di dalam tulang belakang itu sendiri.

10.Retak tulang belakang

Jenis sakit pinggang satu ini biasanya erat kaitannya disebabkan karena adanya trauma taupun cidera. Dampak yang terjadi bisa berupa patahan atau mungkin justru menimbulkan nyeri hebat lantaran ketidaksempurnaan posisi yang diciptakan akibat trauma tersebut berefek pada terjepitnya susunan syaraf di sekitar tulang belakang.

Topik selanjutnya: Kelainan Tulang Belakang

11.Gangguan ginjal

Beralih sedikit dari ragam persendian tulang, yakni ada gangguan kesehatan jaringan organ yang berkaitan erat dengan jenis sakit pinggang. Ya sakit ginjal ataupun yang terhubung dengan saluran kemih juga berkontribusi besar menandai sebagai penyebab munculnya keluhan sakit pinggang pada banyak penderita. Gangguan ginjal bisa saja diakibatkan lantaran penyakit yang mengawalinya layaknya manifestasi dari diabetes ataupun munculnya batu ginjal lantaran arthritis dan bisa juga lantaran munculnya infeksi di dalam saluran kemih tersebut.

Topik selanjutnya terkait gangguan ginjal: Cara Mengobati Batu Ginjal Perbedaan Sakit Pinggang dan Ginjal Obat Ginjal Mengecil Obat Herbal Batu Ginjal

12.Kondisi khusus

Sakit pinggang mungkin tak akan jauh dari cidera, salah posisi waktu beristirahat atau justru kurang duduk dan terlalu lama memaksa berdiri serta pula tidak bijak dalam membawa beban pada tubuh secara punggung bawah ataupun pinggang adalah daerah yang vital sebangai penopang. Dalam kondisi tertentu semisal pada wanita tengah hamil besar misalnya maka keluhan nyeri pinggang pun akan muncul secara alamiah tanpa perlu juga dikondisikan sebagai gangguan kesehatan berbahaya. Namun ada kasus juga bagi para pekerja lapangan dengan beban berat semisal para pekerja pada wilayah pembangunan untuk senantiasa bijak juga dalam bekerja dan tetap menjaga kehati-hatian serta keselamatan kerja sebagai prioritas utama.

Topik selanjutnya: Bahaya High Heels

Dan berikut adalah beberapa tips yang pastinya bisa anda coba sebagai opsi untuk meringankan gejala sakit pingang anda sembari anda berkonsultasi kepada ahli medis anda:

  • Pada proses paling pertama muncul keluhan nyeri ada baiknya anda gunakan kompres air es yang dingin untuk membantu anda meredakan rasa nyeri juga kekagetan rangkaian jaringan pada punggung bagian bawah anda.
  • Sedangkan dalam jangka waktu yang lebih lama anda bisa gunakan kompres air hangat demi membuat area yang terasa nyeri tadi bisa menjadi lebih santai sehingga keluhan anda dapat berangsur membaik.
  • Untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri anda juga bisa meminum Advil atau jenis obat acetaminofen.
  • Beberapa terapi pengobatan seperti akupuntur ataupun rajin berlatih yoga juga biasa disarankan demi kesembuhan keluhan yang anda derita.
  • Dan untuk tetap berada pada jalur yang tepat, di samping mencari ragam pengetahuan secara mandiri anda sangat dianjurkan untuk lebih aktif berkonsultasi juga pada para ahli medis yang pastinya lebih memiliki kompetensi di bidang kesehatan, terlebih jika keluhan yang anda derita tergolong tidak ringan dan telah memakan waktu yang tidak sebentar untuk proses pemulihannya.

Topik selanjutnya terkait pengobatan sakit pinggang: Obat Tradisional Sakit PinggangObat Herbal Sakit Pinggang

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 03:44 Oleh :
Kategori : Sakit Pinggang