Sponsors Link

11 Obat Alami Sakit Pinggang (#Super Cepat)

ads

Sakit pinggang bisa sangat mungkin untuk menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat, baik pada masyarakat kota dengan mobilitas yang cenderung monoton atau pula pada penduduk pedesaan yang terbiasa dengan aktifitas lapangan yang cukup berat. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab utama kenapa penyakit nyeri pinggang tersebut bisa melanda, mari langsung saja disimak daftar berikut ini ya:

Beberapa Penyebab Timbulnya Keluhan Sakit Pinggang:

  1. Buruknya posisi tidur dan juga material yang digunakan sebagai alas tidur
  2. Kesalahan saat bergerak atau pindah posisi dengan tiba-tiba tanpa memperhatikan badan yang kemungkinan belum siap dan terkejut sehingga menimbulkan serangan nyeri
  3. Penegangan otot lantaran buruknya sistem pemanasan ataupun latihan kelenturan otot kita sebelum melakukan aktifitas yang cukup menguras energi badan
  4. Penggunaan sepatu heels tinggi dapat memicu penimbulan tekanan berlebih pada area tulang belakang yang bisa menjalar sampai ke pinggang juga rasa nyeri yang ditimbulkannya
  5. Permasalahan tulang dan sendi. Bisa mulai dari pengapuran tulang atau juga karenaperadangan sendi. Keduanya dapat menyerang tulang dan sendi di sekitar area pinggang dan pastinya menimbulkan gejala nyeri yang mengganggu
  6. Faktor usia juga berpengaruh karena semakin lanjut usia seseorang maka otomatis terjadi pula penurunan kinerja anggota tubuhnya tak terkecuali jua bagian pinggang yang berperan begitu sentral dalam aktifitas keseharian baik ketika sedang duduk, tidur beristirahat maupun sedang berjalan.

Baca juga: Sakit Pinggang Belakang Jenis Sakit Pinggang Perbedaan Sakit Pinggang dan Ginjal Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Dan demi mengatasi rangkaian keluhan nyeri pinggang tersebut maka ada baiknya anda mulai mempertimbangkan beberapa opsi ramuan herbal alami nan aman berikut ini demi kesembuhan anda, selamat mencoba:

1.Daun pinang dan minyak kelapa

Obat sakit pinggang alami yang paling utama adalah daun pinang dan minyak kelapa. Pohon pinang menghasilkan biji buah yang biasanya sering dipakai para orang tua sejak zaman dahulu secara turun temurun sebagai pendamping saat tengah menyirih. Dan ternyata dari pohon pinang ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pereda sakit pinggang secara tradisional. Caranya yakni cukup dengan mengambil beberapa lembar daun pinang muda, bersihkan lalu ditumbuk hingga halus untuk kemudian dicampurkan dengan tetes minyak kelapa secukupnya. Nah kemudian ramuan daun pinang dan minyak kelapa tersebut bisa mulai digosokkan pada bagian pinggang yang biasa terasa nyeri.

Baca juga: Bahaya Minyak Goreng

2.Daun kecubung dan kapur sirih

Bunga kecubung biasa terkenal identik dengan racun berbahaya. Jika tanpa sengaja mengkonsumsi bunga kecubung maka efek yang ditimbulkan bisa berpengaruh pada kacaunya kesadaran seseorang, menyerupai mabuk dan disertai dengan rangkaian halusinasi. Namun berbanding terbalik dengan daun kecubung yang terbukti berkhasiat untuk menurunkan keluhan nyeri pada pinggang. Cara aplikasinya cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun kecubung untuk kemudian dicampur dengan kapur sirih secukupnya. Campuran racikan yang telah dibuat lalu dibubuhkan pada bagian pinggang yang tengah nyeri.

Baca juga: Bahaya Kapur Sirih

3.Daun sirsak

Dewasa ini terkuak khasiat dahsyat daun sirsak untuk mengatasi zt karsinogen dalam tubuh yang biasa merangsang tumbuhnya sel abnormal bermanifestasi pada kanker berbahaya. Namun jauh sebelum tekhnologi berkembang pesat layaknya saat sekarang ini rupanya daun sirsak telah menjadi obat tradisional andalan para orang tua utamanya dalam mengobati keluhan gejala nyeri pada pinggang. Cara aplikasinya pun sederhana saja cukup merebus beberapa lembar daun sirsak dengan segelas air putih. Tunggu mendidih dan air rebusan menyusut sampai setengah takaran awal, tunggu sampai menghangat untuk kemudian diminum secara rutin demi mengurangi gejala yang timbul.

Baca juga: Efek Samping Daun Sirsak

4.Ramuan buah takokak

Bagi yan belum akrab dengan nama buah takokak, sebenarnya takokak tak berbeda jauh dengan bentuk buah leunca atau ranti. Pernedaannya hanyalah warna buah takokak yang cenderung lebih cerah dan memiliki penampang buah yang lebih keras jika dibanding dengan buah ranti yang cenderung kenyal. Dan sudah sejak dahulu kala ramuan buah takokak terbukti mampu meringankan gejala sakit pinggang yang dikeluhkan penderita.

Cara aplikasinya cukup dengan mencampur beberapa bahan alami berikut dengan takaran yang sesuai:

  • Sediakan 100 gram buah takokak
  • 30 gram rambut jagung
  • 20 gram jahe merah yang masih segar
  • 10 gram daun adas
  • 600 cc air putih

Selanjutnya yang harus dilakukan yakni adalah merebus seluruh campuran bahan alamiah di atas, tunggu mendidih dan air surut sampai tinggal setengah dari takaran semula. Matikan api dan tunggu ramuan sampai menghangat untuk kemudian diminum secara rutin demi efektifitas kesembuhan yang lebih optimal.

Baca juga: Kandungan Gizi Jagung

Sponsors Link

5.Ramuan bawang putih

Untuk meracik ramuan bawang putih demi pengobatan gejala nyeri pinggang maka haruslah disediakan terlebih dahulu beberapa daftar bahan berikut ini:

  • 120 gram jahe merah segar
  • 150 gram bawang putih
  • bubuk cabai secukupnya
  • alkohol 70% secukupnya

Cara meraciknya cukup campurkan keseluruhan bahan dan kemudian diamkan dalam wadah steril selama kurang lebih 2 minggu penuh. Jika waktunya telah mencukupi maka ramuan bawang putih telah siap untuk diaplikasikan sebagai ramuan obat herbal demi mengurangi nyeri pinggang yang sering kambuh-kambuhan.

Baca juga: Efek Menaruh Bawang Putih di Telinga

6.Akar ilalang

Sering disebut juga sebagai akar alang-alang yang biasanya sering disebut sebagai rumput pengganggu. Namun ternyata akar ilalang ini memiliki khasiat ampuh untuk membantu meredakan keluhan nyeri pinggang yang biasa mendera. Cara aplikasinya cukup mudah yakni hanya dengan membersihkan beberapa buah akar ilalang untuk kemudian direbus dengan air putih secukupnya. Tunggu mendidih dan jumlah air menyusut lalu matikan api dan tunggu sampai ramuan tersebut menghangat untuk kemudian diminum secara rutin demi kesembuhan yang optimal.

Baca juga: Terapi Air Putih

7.Daun bakung

Bunga bakung seringkali ditanam pada halaman rumah sebagai penghias halaman agar semakin asri. Namun ternyata daun bakung juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat tradisional bagi keluhan sakit pinggang. Caranya cukup dengan mengambil beberapa helai daun bakung yang bersih untuk kembudian dioles dengan minyak kelapa secukupnya. Lalu pangganglah lembaran daun tersebut di atas api hingga lembaran daun nampak layu, tunggu beberapa saat kemudian tempelkan daun bakung yang telah layu dan terolesi minyak kelapa tadi pada bagian pinggang yang nyeri sebagai pereda.

Baca juga: Bahaya Minyak Tanah Bila Diminum

8.Ramuan buah angco

Bagi yang belum familiar mendengar nama buah angco, sebenarnya buah satu ini tak berbeda jauh bentuknya menyerupai dengan buah kurma dan berasal utamanya dari negeri tembok raksasa ataupun China. Buah angco berkhasiat untuk membantu meredakan rasa nyeri yang menyerang di bagian pinggang.

Untuk meracik ramuan buah angco maka pertama-tama perlu disediakan beberapa bahan alamiah berikut ini:

  • 10 butir buah angco
  • 15 gram akar bawang merah yang masih segar
  • 3 butir buah sun boi
  • 600 cc air putih

Cara meraciknya cukup dengan mencampur seluruh bahan untuk direbus lalu tunggu hingga mendidih dan airnya menyusut sampai setengah dari takaran awal, matikan api lalu diamkan sejenak sampai ramuan menghangat untuk kemudian diminum secara teratur.

Baca juga: Efek Samping Bawang Merah

9.Ramuan jahe merah

Cara aplikasi ramuan jahe merah untuk mengobati keluhan sakit pinggang yakni adalah dengan mula-mula menyediakan bahan alamiah berikut ini:

  • 25 gram jahe merah
  • 30 gram daun dewa
  • 30 gram akar sawi langit
  • 25 gram temu hitam
  • 600 cc air

sponsored links
Cara meramunya cukup dengan sediakan bahan herbal di atas lalu dicuci sampai benar-benar bersih untuk kemudian direbus menggunakan air sampai mendidih dan pastinya menyusut sampai setengah dari takaran awalnya tadi. Kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin demi kesembuhan optimal. Senyawa shogaol, zingeron serta gingerol dalam rimpang utamanya jahe merah yakni sangat ampuh untuk mengatasi segala keluhan nyeri sehingga penyakit sakit pinggang anda pun dapat segera teratasi dengan sangat efektif.

Baca juga: Efek Samping Jahe

10.Ramuan akar beluntas

Obat alami sakit pinggang juga dapat menggunakan ramuan akar beluntas. Untuk membuat ramuan herbal alami pereda nyeri pinggang yang satu ini anda perlu menyediakan bahan-bahan sebagaimana tertera dalam daftar berikut ini:

  • 1 buah akar beluntas
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas temulawak
  • 1 ruas kencur
  • segelas air

Dan cara meraciknya yakni cukup bersihkan bahan herbal di atas lalu kemudian direbus dengan air sampai mendidih dan airnya menyusut sampai tinggal separuh takaran awal. Kemudian tunggu hangat dan minum ramuan tersebut secara rutin. Pada dasarnya tanaman beluntas memang termasuk pada tanaman herbal yang sudah sangat cukup dikenal oleh kalangan masyarakat. Akarnya utamanya berkhasiat untuk menghilangkan keluhan nyeri pinggang sedangkan di sisi lain tanaman beluntas juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala bau baik pada badan ataupun pada area mulut.

Baca juga: Obat Herbal Batu Ginjal

11.Daun dan akar tanaman kumis kucing

Untuk mengobati keluhan sakit pinggang selanjutnya anda juga bisa mulai mencoba menggunakan tanaman kumis kucing yakni utamanya menggunakan daun dan akarnya. Cara aplikasinya cukup dengan merebus beberapa lembar daun serta akar tanaman kumis kucing dengan segelas air sampai mendidih dan juga menyusut airnya. Kemudian angkat dan biarkan air ramuan tersebut selama kurang lebih 24 jam untuk kemudian anda minum keesokan harinya secara rutin demi kesembuhan optimal. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Efek Samping Daun Kelor

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 07th, January 2017 / 13:03 Oleh :
Kategori : Sakit Pinggang