">

20 Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing pada Pria dan Wanita

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Ketika mengalami infeksi saluran kencing, memang pengobatan secara medis adalah yang paling banyak dicari ketimbang pengobatan herbal. Memang benar bahwa pengobatan medis banyak tersedia, hanya saja terkadang pengobatan secara herbal atau alami mampu menjadi pendukung manfaat obat medis sekaligus juga membuat penyembuhan jauh lebih cepat.

Karena infeksi saluran kencing dapat membahayakan kesehatan tubuh apabila dibiarkan, selalu ada risiko berat yang bisa terjadi di kemudian hari. Jika masih dalam tahap ringan, maka akan lebih mudah mengobatinya, namun untuk tahap yang berat, penyakit ini mampu menjadi pemicu komplikasi yang berat dan menyerang bagian ginjal. Berikut adalah daftar obat herbal infeksi saluran kencing untuk diintip.

(Baca juga: bahaya menahan kencing terlalu lamaantibiotik untuk infeksi saluran kemih)

  1. Jus Cranberry

Salah satu obat herbal yang aman bagi penderita infeksi saluran kencing adalah jus cranberry. Pengobatan alami ini memiliki kandungan monosaccharide dan fruktosa yang baik bagi kesehatan. Pengobatan untuk saluran kemih menggunakan cranberry ini sudah ada sejak tahun 1920-an dan memang pada cranberry ini juga sudah terbukti mempunyai senyawa untuk mengurangi gejala-gejala infeksi saluran kencing.

  1. Peterseli

Untuk infeksi yang terjadi pada saluran kencing, cobalah menggunakan peterseli sebagai obatnya. Untuk membuatnya, Anda cukup perlu mengambil beberapa daun peterseli dan campurkan ke dalam air secukupnya. Pastikan daun tersebut sudah Anda cuci bersih lebih dulu.

Setelah itu rebuslah dengan api sedang hingga mendidih selama beberapa menit hingga kandungan daun peterseli keluar dan pada umumnya hanya perlu menunggu sekitar 5 menit saja. Setelah diangkat, tuang ke sebuah cangkir dan tunggu dingin sebelum akhirnya boleh meminumnya. Melakukan metode pengobatan ini sehari 2 kali secara rutin akan membuat infeksi mereda.

  1. Blueberry

Selain cranberry, ada pula buah berry lainnya yang bisa diandalkan, yaitu blueberry. Seperti cranberry yang bisa dijus, jus blueberry pun menawarkan manfaat yang sama bagi penderita infeksi saluran kencing. Kandungan baik dalam blueberry siap untuk melawan bakteri pemicu infeksi saluran kencing; boleh juga jika ingin mengonsumsinya secara langsung setiap sarapan.

  1. Mentimun

Obat herbal lainnya yang paling sederhana dan mudah dibeli adalah mentimun. Karena kandungan air di dalam mentimun sangat tinggi, mengonsumsinya akan sangat membantu dalam melembabkan sistem kemih. Bahkan mentimun juga sangat baik dalam membuat rasa nyeri dan tidak nyaman di bagian kemih jauh lebih ringan secara alami.

(Baca juga: bahaya infeksi saluran kencingbahaya susah buang air kecil)

  1. Seledri

Selain mampu menjadi obat yang menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, seledri juga bisa dimanfaatkan oleh para penderita infeksi saluran kencing. Cukup kunyah-kunyah beberapa biji seledri secara rutin bisa menyembuhkan gejala infeksi pada saluran kencing Anda. Atau minum saja air rebusan daun seledri setiap hari supaya lekas membaik.

  1. Minyak Oregano

Infeksi saluran kemih juga bisa diatasi dengan minyak oregano di mana obat herbal ini diketahui memiliki sifat anti-bakteri tinggi. Bila ingin menggunakan jenis antibiotik alami, maka minyak oregano ini bisa diandalkan dengan meminumnya langsung atau mencampurkannya pada masakan Anda. Selain infeksi saluran kencing, minyak ini berguna dalam mengobati sakit telinga, flu babi, arthritis, sinus dan alergi.

  1. Bawang Putih

Walau ada bahaya bawang putih mentah, memakannya mentah-mentah justru adalah yang paling disarankan karena kandungan antibakteri dan antiviralnya akan mampu melawan bakteri dan infeksi pada saluran kemih. Penyembuhan juga dijamin jauh lebih cepat apabila rutin mengonsumsi bawang putih ini.

  1. Minyak Cendana

Minyak cendana adalah rekomendasi obat herbal untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing yang juga alami serta ampuh. Untuk menggunakannya, cukup ambil minyak cendana 5 tetes saja dan obati infeksi pada saluran kencing dengan meminumnya secara langsung atau dicampurkan pada segelas air. Mengonsumsi rutin akan membantu masa penyembuhan lebih cepat.

(Baca juga: penyebab wanita sering kencingpenyebab sering buang air kecil)

  1. Daun Lobak

Dalam mengobati infeksi di saluran kencing, bisa juga memanfaatkan daun lobak yang juga jelas alaminya. Cukup ambil daun lobak secukupnya dan bersihkan lebih dulu sebelum Anda bisa mengambil atau mengeluarkan jusnya. Jus daun lobak sebanyak 1 cangkir setiap hari bisa menyembuhkan infeksi dengan cukup cepat dan efektif.

  1. Bayam

Salah satu jenis sayuran yang juga dipakai sebagai obat herbal oleh penderita infeksi saluran kencing adalah bayam. Untuk hasil terbaik, campurkan jus bayam sedikit bersama air kelapa secukupnya dan minumlah supaya mampu membuat infeksi jauh lebih ringan. Konsumsi rutin selama sakit akan mempercepat dan meningkatkan efektivitasnya.

  1. Goldenrod

Obat herbal lainnya yang juga paling baik adalah goldenrod. Karena infeksi pada saluran kencing menimbulkan yang namanya rasa nyeri di sistem kemih, maka goldenrod dengan sifat antijamurnya akan membantu menyingkirkan rasa sakit yang diakibatkan oleh infeksi tersebut. Ramulah dengan meminum air rebusannya secara teratur agar cepat pulih.

  1. Rambut Jagung

Kalau biasanya ketika hendak mengolah jagung kita akan membuang rambut-rambutnya, maka untuk penderita infeksi salurna kencing, hendaknya justru memanfaatkan rambutnya sebagai obat herbal. Rambut jagung bersifat diuretik sehingga mampu menurunkan risiko peradangan dan bahkan membantu mengobati masalah pembengkakan dan juga batu ginjal yang terjadi pada anak-anak.

(Baca juga: terapi infeksi saluran kemihobat infeksi saluran kemih)

  1. Couchgrass

Ada lagi tanaman super ampuh yang bisa dipercaya dalam mengobati infeksi pada saluran kencing, yakni couchgrass. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi inflamasi pada saluran kemih, uretra dan prostat. Bahkan tanaman dengan nama lain rumput grinting ini juga sangat baik dalam mengobati batu ginjal karena ada efek antibiotik alami di dalamnya.

  1. Lemon

Tak salah lagi, buah yang mengandung vitamin C tinggi ini siap untuk membantu Anda dalam menyembuhkan infeksi saluran kencing secara maksimal. Ambil jus lemon sebanyak 1 sendok teh dan campurkan ke dalam 180 ml air mendidih. Larutan kemudian bisa diminum ketika hangat supaya bisa menyembuhkan perdarahan dan sensasi terbakar akibat infeksi.

  1. Goldenseal

Ada lagi obat antibiotik herbal yang juga menawarkan manfaat luar biasa bagi para penderita infeksi saluran kencing, yakni goldenseal. Kandungan antiradang dan antibakterinya termasuk tinggi sehingga akan memudahkan dan mempercepat penyembuhan gejala-gejala infeksi saluran kencing, termasuk pendarahan yang terjadi pada penderita akibat infeksi.

  1. Yogurt

Pengobatan rumah, tradisional dan aman selanjutnya adalah yogurt. Di dalam yogurt ada kandungan acidophilus yang siap membantu mengurangi dan bahkan melawan infeksi pada saluran kemih secara efektif. Mengonsumsi yogurt tawar adalah yang paling dianjurkan karena manfaatnya bagi kesehatan lebih besar, dan bahkan mampu membantu Anda yang sedang dalam program diet.

(Baca juga: batu saluran kemihpantangan batu ginjal)

  1. Cuka Sari Apel

Tak perlu heran lagi kalau cuka sari apel dapat dimanfaatkan sebagai obat infeksi saluran kencing. Selain mampu menormalkan kembali tekanan darah dan juga kolesterol tinggi, cuka apel mampu menghilangkan sensasi terbakar dan juga gejala lain yang diakibatkan oleh infeksi. 1 sendok makan yang dicampur dengan segelas air putih bisa dikonsumsi setiap hari sampai benar-benar sembuh.

  1. Nanas

Buah satu ini mengandung sifat anti-inflamasi tinggi yang mampu menjadi penghambat bakteri penyebab infeksi. Karena mengandung sifat anti-inflamasi, maka mengonsumsi nanas setiap hari akan membuat masa penyembuhan dijamin lebih cepat. Masukkan buah ini ke dalam menu makanan harian Anda ketika infeksi mulai menunjukkan gejala.

  1. Jus Apel

Seperti kita tahu, buah apel adalah buah kesehatan dan di dalamnya terkandung kalium serta vitamin lainnya yang siap membasmi pertumbuhan bakteri apapun, termasuk bakteri penyebab infeksi di saluran kencing. Jus apel juga bisa dikonsumsi setiap hari sebagai obat efektif karena merupakan antibiotik alami.

  1. Daun Kumis Kucing

Ambil 30 gram kumis kucing yang daunnya masih segar atau siapkan 15 gram bila ingin memakai yang kering. Berikut juga tak lupa sediakan 15 gram bunga kenanga kering dan 20 gram akar alang-alang yang juga masih segar. Rebus semuanya bersama air 4 gelas dan didihkan sampai bersisa 2 gelas. Konsumsilah sehari 2 kali hingga menunjukkan tanda-tanda membaik, tapi kalau dalam 3 hari belum sembuh juga, langsung ke dokter saja.

(Baca juga: cara mencegah batu ginjalcara mencegah sakit ginjal)

Itulah 20 obat herbal infeksi saluran kencing yang patut untuk Anda lirik dan juga coba di rumah. Kiranya rekomendasi obat herbal ini bisa membantu Anda yang sedang bingung mencari solusi bagi infeksi saluran kencing yang dialami.

fbWhatsappTwitterLinkedIn