18 Obat Flek Paru-paru Alami Termujarab

6421

Flek paru-paru juga dikenal sebagai sebuah kondisi yang dinamakan TBC alias tuberkulosis di mana ini adalah jenis penyakit infeksi yang cukup umum di Indonesia. Flek paru-paru termasuk di dalam infeksi kronis di mana kuman Mycobacterium tuberculosis-lah yang menjadi penyebabnya dengan menyerang bagian jaringan paru-paru manusia. Lalu, adakah obat flek paru-paru ampuh namun dijamin alami?

(Baca juga: cara mencegah tbc)

  1. Lada Hitam

Flek paru-paru perlu diatasi dengan solusi obat yang benar dan salah satunya adalah lada hitam. Sifat anti-inflamasi di dalamnya akan membantu supaya paru-paru dibersihkan secara sempurna dan meringankan nyeri di dada. Goreng saja 8 hingga 10 lada hitam dengan mentega dan masukkan juga bubuk asafetida, barulah dikonsumsi 3 kali sehari 1 dosis setelah dingin.

  1. Daun Kemangi

Selain menjadi obat bau mulut yang alami dan ampuh, Anda bisa mengambil daun kemangi sebanyak 15 lembar untuk dicampur bersama garam dan jintan hitam masing-masing ½ sendok teh. Kombinasikan seluruh bahan dan tambahkan sedikit ekstrak lemon. Konsumsulah sehari 2 kali dan setelah 45-60 hari barulah terasa efektivitasnya.

  1. Jahe

Gingerol di dalam jahe sangat bermanfaat untuk yang menderita flek paru-paru walau memang efek samping jahe juga turut diperhatikan juga. Komponen tersebut sangat baik untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab flek paru-paru. Supaya mudah, Anda cukup membuat teh jahe saja yang ditambah pula dengan parutan jahe segar ke dalamnya, lalu minumlah rutin.

(Baca juga: penyebab tbc)

  1. Minyak Cengkeh

Satu lagi bahan alami untuk dijadikan obat flek paru-paru efektif, yakni minyak cengkeh. Jenis minyak ini bisa Anda ambil secukupnya dan tambahkan dengan beberapa potongan gula batu. Setelah beberapa menit, larutan bisa langsung Anda konsumsi; minumlah sehari beberapa kali agar hasilnya maksimal.

  1. Kayu Manis

Obat alami lainnya yang mudah dan patut Anda coba adalah kayu manis dan Anda bisa coba menggunakan yang sudah dalam bentuk bubuk. Campurkan 1 bagian kayu manis bubuk tersebut bersama dengan 15 gram permen gula, 8 bagian vanshlochan, 4 bagian ficus religiosa dan juga 2 bagian kapulaga hijau.

Segala bahan yang telah disiapkan bisa coba untuk dicampurkan  hingga merata dan setelah jadi, jilatilah bubuk tersebut bersama dengan mentega. Apabila tak ada mentega, boleh juga dengan madu murni yang jelas lebih sehat. Asalkan setiap hari dilakukan rutin, manfaat bisa didapat hanya dalam 2-3 bulan.

  1. Lemon

Anda bisa coba untuk menggunakan buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sebagai obat flek paru-paru. Ambil saja segelas air hangat dan kemudian masukkan perasan 1-2 buah lemon ke dalamnya. Setelah tercampur, minumlah secara rutin setiap hari karena ini akan membantu kondisi paru-paru jauh lebih baik.

(Baca juga: gejala awal tbc)

  1. Bawang Merah

Untuk masalah paru-paru yang mengalami tuberkulosis, Anda juga bisa memanfaatkan bahan dapur seperti bawang merah. Konsumsilah bawang merah mentah atau konsumsi ekstraknya secara rutin setiap setengah jam sekali. Namun perhatikan juga efek samping bawang merah terhadap kesehatan tubuh Anda apabila terlalu berlebihan dalam konsumsi.

  1. Mangga

Buah mangga yang kaya akan vitamin C ini juga bisa dijadikan obat ampuh dalam menyembuhkan flek paru-paru. Anda bisa secara sederhana membuatnya sebagai minuman jus dan tambahkan madu murni ke dalamnya. Konsumsilah sehari 2 kali secara rutin dan dalam 2 bulan biasanya akan terasa efektivitasnya sesuai harapan Anda.

  1. Jus Nanas

Supaya flek paru-paru menjadi lebih cepat membaik, Anda bisa juga mencoba mengobati dengan jus nanas. Minumlah 1 gelas jus nanas dan jangan lupa juga tambahkan dengan lada bubuk dan madu serta garam sedikit ke dalamnya. Larutan siap diminum sehari sekali selama beberapa bulan dan Anda akan merasakan sendiri hasil efektifnya.

(Baca juga: gejala batuk tbc)

  1. Jeruk

Buah jeruk mengandung komponen penting bagi tubuh, termasuk juga mineral esensial yang akan membantu agar energi tubuh kembali naik. Bahkan paru-paru juga ikut terlindungi dari infeksi sehingga Anda dapat menjaga kesehatannya dengan baik. Ekspektorasi pun dapat Anda ringankan dengan mengonsumsi buah jeruk ini.

Dalam menggunakannya sebagai obat ampuh bagi flek paru-paru, silakan untuk mengambil jus jeruk segar sebanyak 1 gelas dan tambahkan juga sedikit garam berikut juga madu murni 1 sendok makan. Campur dengan mengaduknya rata dan sesudah itu Anda minum; konsumsi sehari 2 kali akan membantu penyembuhan flek paru-paru jauh lebih cepat.

  1. Bawang Putih

Memilih bawang putih sebagai obat flek paru-paru yang efektif juga merupakan pilihan bijak karena pada dasarnya di dalam bumbu dapur ini ada kandungan antioksidan. Bahkan asam sulfur dan sifat antibakteri pun ada di dalam bawang putih sehingga mengonsumsinya dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh paling alami.

Supaya flek paru-paru cepat sembuh, Anda bisa tambahkan 10 tetes jus atau ekstrak bawang putih ke dalam segelas susu panas. Minumlah sebelum tidur setiap malamnya, tapi sebaiknya jangan diminumi air putih setelahnya. Hanya saja, konsultasikan dengan dokter apakah kondisi kesehatan Anda benar-benar baik untuk mengonsumsi bawang putih karena herbal ini bisa menjadi penyebab perdarahan.

  1. Indian Gooseberry

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi sangatlah tinggi di dalam Indian gooseberry dan hal ini dapat menjadi keuntungan bagi para penderita flek paru-paru. Nutrisi di dalamnya pun berperan penting untuk menambah energi pada tubuh manusia dan meningkatkan fungsinya secara sempurna.

Untuk menggunakannya sebagai obat tuberkulosis, sebaiknya Anda ambil 3 buah Indian gooseberry dan keluarkan bijinya barulah ekstrak jusnya diambil. Setelahnya, tambahkan pada ekstrak jus tersebut 1 sendok makan madu murni. Campurlah secara merata dan konsumsi setiap pagi sebelum sarapan. Tersedia juga Indian gooseberry dalam bentuk bubuk dan juga mentah yang bisa juga Anda pilih untuk konsumsi rutin.

(Baca juga: ciri-ciri tbc)

  1. Ginseng Amerika

Kaya akan mineral dan nutrisi, ginseng bisa dijadikan obat alami ampuh juga dalam menyembuhkan masalah paru-paru, seperti tuberkulosis. Resistensi tubuh akan menjadi meningkat untuk melawan beberapa infeksi dan penyakit. Cara penggunaannya yang mudah pun menjadi keuntungan bagi Anda yang tak mau begitu repot dalam acara meramunya.

Dalam sehari, Anda bisa mengonsumsi herbal satu ini 3 kali dan ginseng ini juga aman serta terekomendasi bagi anak-anak yang menderita tuberkulosis. Hanya saja, sebaiknya memang Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter dan tanyakan apakah kondisi kesehatan Anda memungkinkan untuk mengonsumsi ginseng. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari efek samping yang bisa saja terjadi.

  1. Minyak Zaitun

Bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun sangat bernutrisi dan amat baik digunakan sebagai obat alami bermacam-macam penyakit, tak terkecuali jenis-jenis penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Cukup dengan menggunakan minyak zaitun sebagai ganti minyak goreng biasa, Anda akan merasakan manfaatnya yang sangat besar bagi pemulihan paru-paru Anda.

  1. Teh Hijau

Polifenol di dalam teh hijau cukup tinggi sehingga memang herbal ini banyak digunakan sebagai penyembuh beragam penyakit. Sebagai antioksidan yang kuat, maka teh hijau mampu menjadi pembasmi bakteri yang memicu timbulnya flek paru-paru di dalam tubuh Anda. Daya tahan tubuh pun ikut meningkat berkat sejumlah komponen bioaktif di dalamnya.

Cukup seduh sejumlah daun teh hijau secukupnya di dalam secangkir air. Setelah beberapa menit bisa saring lebih dulu sebelum mengonsumsinya. Sehari, Anda dianjurkan meminumnya 2-3 kali supaya lebih terasa efektivitasnya dalam menyembuhkan paru-paru Anda. Teh hijau dalam bentuk kapsul juga bisa dikonsumsi kalau memang tak tersedia daun teh hijau.

(Baca juga: cara penularan tbc)

  1. Mint

Sebagai obat herbal, mint juga sangat baik efeknya bagi tubuh dan Anda bisa mencoba untuk memberikan nutrisi bagi paru-paru melalui herbal ini. Campurkan saja jus mint 1 sendok teh bersama dengan vinegar malt murni 2 sendok teh, madu murni 2 sendok teh dan jus wortel ½ cangkir. Bagi menjadi 3 untuk diminum sehari 3 kali setiap hari.

  1. Barberry

Agak kurang familiar mungkin bagi beberapa dari kita, namun barberry adalah jenis buah yang juga dapat diandalkan bila ingin menyembuhkan flek paru-paru secara alami. Untuk membunuh bakteri penyebab dari flek paru-paru, Anda kiranya juga bisa mencoba menggunakan barberry. Anda cukup mengonsumsinya langsung setiap hari 10-15 buah supaya bisa memberikan efektivitas tinggi dalam proses kesembuhan. Gejala flek paru-paru pun sangat bisa dikurangi dengan bantuan herbal ini.

  1. Pisang

Buah yang biasanya dikonsumsi sebagai penambah asupan kalium ini memiliki manfaat segudang, termasuk mampu mengobati flek paru-pari. Selain kalium, pisang juga menjadi sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi di mana kalau dimakan mentah-mentah juga lebih bagus efeknya bagi kesehatan tubuh.

Sebagai obat flek paru-paru, silakan buat jus pisang 1 gelas untuk dikonsumsi setiap hari. Sebagai alternatifnya, lumatkan 1 buah pisang dan tambahkan air kelapa 1 cangkir berikut juga madu murni 1 sendok teh serta yogurt ½ cangkir. Setelah diblender dengan baik, Anda bisa meminumnya sehari 2 kali demi hasil terbaik.

(Baca juga: pencegahan tb paru)

Demikian sejumlah rekomendasi obat flek paru-paru alami paling baik yang bisa Anda coba di rumah. Tanpa harus khawatir akan efek samping yang berbahaya, Anda bisa mengonsumsi salah satu dari beberapa pilihan obat alami tersebut. Namun memang tetap disarankan untuk melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter apabila Anda punya kondisi kesehatan lain selain flek paru-paru.