Home Featured Memasuki Usia Senja, Ini 11 Nutrisi Paling Dibutuhkan Tubuh

Memasuki Usia Senja, Ini 11 Nutrisi Paling Dibutuhkan Tubuh

by Erlita

Saat masuk usia senja alias usia lanjut, tentunya tubuh terasa lebih lemah, tak seproduktif dan sebugar dulu. Namun agar tidak kemudian menjadi lebih serius, penting untuk mengetahui apa saja nutrisi yang paling dibutuhkan agar tubuh tetap maksimal dan kondisi tetap baik saat menua. Ini lho berbagai nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh ketika lansia.

  1. Probiotik

Probiotik memang tidak hanya dibutuhkan oleh lansia, namun memang kesehatan usus terlebih harus dijaga baik-baik ketika umur makin bertambah seiring menurunnya juga daya tahan tubuh. Ketika rajin mengonsumsi yogurt atau sumber probiotik lainnya, terbukti bahwa sejumlah penyakit serius yang berhubungan dengan pencernaan di masa tua dapat dicegah lho.

  1. Kalsium

Tak salah lagi, tubuh perlu kalsium agar tulang tidak gampang keropos dan mengidap osteoporosis. Minum susu secara rutin dan juga yogurt adalah cara menjaga kesehatan tulang saat masuk usia senja, hal ini lebih dianjurkan bagi para wanita dengan risiko osteoporosis lebih tinggi. Namun jika memilih kalsium, pastikan sudah konsultasi ke dokter ya.

  1. Omega-3

Omega-3 tak hanya menjadi nutrisi wajib bagi ibu hamil, janin, bayi maupun anak-anak dalam masa perkembangannya. Lemak tak jenuh yang bisa di temukan di dalam sarden, tuna, salmon, makarel, biji rami, minyak kanola, kacang kenari, dan kacang kedelai. Namun bila ingin minum dalam bentuk suplemen, konsultasilah dulu dengan dokter.

  1. Serat

Selain probiotik, penting untuk memenuhi asupan serat secara cukup dari makanan-makanan kaya serat alami agar pencernaan tetap sehat dan berfungsi maksimal. Buah dan sayur segar sekaligus gandum utuh bisa coba dikonsumsi. Kacang-kacangan dan biji-bijian pun adalah asupan serat yang tepat.

  1. Magnesium

Memasuki usia lanjut, kadar gula darah dan tekanan darah menjadi sulit untuk stabil. Demi keseimbangan dan kestabilan gula darah sekaligus tekanan darah dan menghindari penyakit diabetes sekaligus tekanan darah tinggi, penuhi asupan magnesium secara cukup melalui konsumsi produk olahan susu, gandum utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan bayam.

  1. Folat

Sumber folat adalah jeruk, sereal, kacang-kacangan, serta berbagai macam sayuran. Folat makanan adalah nutrisi penting yang tubuh perlukan dalam upaya mencegah anemia kembali kambuh. Jadi jika memiliki riwayat anemia, ada baiknya saat masuk usia lanjut penuhi nutrisi ini dengan baik agar gejala anemia dapat diminimalisir.

  1. Kalium

Tak hanya kalsium yang diperlukan tubuh dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, mineral kalium juga penting lho. Bahkan kalium juga mampu menormalkan kadar tekanan darah serta meminimalisir potensi terkena batu ginjal. Sumber kalium yang bisa diasup sehari-hari antara lain adalah kentang (beserta kulit), plum, prune, dan juga buah pisang.

  1. Vitamin C

Usia lanjut juga rentan terkena gangguan kesehatan pada mata seperti katarak. Untuk menurunkan risiko katarak, asupan vitamin C itu penting yakni dengan mengonsumsi buah dan sayuran seperti paprika hijau, paprika merah, jeruk dan lainnya. Vitamin C juga menambah daya tahan tubuh, memperkecil potensi terkena kanker, dan menyembuhkan luka lebih cepat.

  1. Vitamin B12

Bagi yang usianya sudah lebih dari 50 tahun, vitamin B12 juga penting untuk diasup agar tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih supaya mempunyai sel-sel darah dan saraf yang baik. Makanlah sereal fortifikasi, ikan, susu yang lemaknya rendah, dan daging. Jika perlu mengonsumsi dalam bentuk suplemen, tanyakan dulu ke dokter sebelum meminumnya.

  1. Vitamin D

Asupan vitamin D itu juga penting karena vitamin inilah yang membantu agar penyerapan kalsium ke dalam tubuh lebih maksimal. Vitamin D yang terpenuhi juga bakal mencegah penyakit osteoporosis, melawan berbagai jenis penyakit autoimun, mencegah kanker, serta melawan penyakit seperti multiple sclerosis, artritis reumatoid hingga diabetes tipe 1. Sumber vitamin D paling mudah didapat adalah sinar matahari pagi hari.

  1. Vitamin B6

Mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh alami dan aman di usia yang makin tua? Asupan vitamin B6 perlu dicukupi dengan baik di mana proses metabolisme juga akan jadi lebih cepat karena vitamin ini. Konsumsilah brokoli, kacang hijau, kentang panggang, bayam, paprika, lobak hijau, asparagus, dan ubi jalar untuk memperoleh vitamin B6 ini.

Selain sejumlah nutrisi tersebut, badan bisa jauh lebih segar kalau mengonsumsi air putih sehari-hari secara cukup. Jadi, penuhi juga ya kebutuhan cairan tubuh dengan baik supaya tak mudah dehidrasi plus kulit tak gampang kering dan kusam.

You may also like