Badan Sakit Semua – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Seseorang yang terserang gejala badan sakit semua biasanya akan merasakan tubuhnya tidak nyaman dan jika berlarut larut maka akan mempermudah masuknya bakteri atau virus melalui udara karena pada kondisi tersebut seseorang akan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Gejala

Gejala badan sakit semua paling banyak diderita oleh orang dewasa tetapi tidak menutup kemungkinan anak anak juga bisa mengalaminya.
• Tubuh teras pegal dan linu
• Otot terasa kaku dan nyeri
• Terserang flu
• Nafsu makan berkurang
• Tubuh kelelahan (Chronic spastic syndrome)
• Persendian terasa nyeri
• Mudah mengantuk
• Kehilangan konsentrasi

Penyebab

Penyebab yang paling umum adalah :

1.Aktivitas berat
Aktivitas berat yang mengandalkan kekuatan otot tangan atau kaki dapat menjadi penyebab paling utama munculnya gejala badan sakit semua. Ketika tubuh terus menerus bergerak maka akan mempengaruhi kualitas otot dan saraf tubuh , Dimana pada kondisi tertentu otot dan saraf menerikma beban untuk terus bergerak . Kondisi tersebut mempermudah otot daan saraf terserang kelelahan , Cedera dan menyebabkan badan terasa pegal, Nyeri dan kaku (sakit).

2.Olahraga berlebihan
Olahraga yang terlalu lama dan berlebihan atau tidak disesuaikan dengan kondisi tubuh dapat mencederai otot dan saraf saraf pada tiubuh sehingga dalam kondisi yang sngat capek pada saat itulah otit akan menderita kaku, Tegang nyeri dan persendian ikut sakit.

3.Obat obatan
Pengaruh penggunaan obat obatan jangka panjang tanpa resep dokter misalnya jenis obat statin, Mampu mempengaruhi kekuatan otot dan menurunkan kualitas fungsi saraf seluruh tubuh, Akibatnya tubuh akan terserang pegal, Linu dan nyeri.

4.Kurang gerak
Tubuh yang kurang gerak misalnya terlalu lama duduk didepan layar komputer atau televisi (stagnant) dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancar, otot kaku, Persendian nyeri dan saraf saraf tubuh tidak berkembang. Akibatnya muncullah gejala badan sakit semua.

5. Gangguan psikologis
Seseorang yang terus menerus mengalami ketidakstabilan emosi atau stres dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah, Memblokir oksigen masuk dalam tubuh dan meningkatkan jumlah racun dalam tubuh sehingga dapat mempengaruhi kesehatan saraf, Otot, Persendian dan sistem pernafasan. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terkena gejala badan sakit semua yang muncul secara berulang.

6. Faktor usia
Usia yang terlalu tua cenderung mengalami gejala badn sakit semua karena pada usia doatas 50 tahun maka daya tahn tubuh secra alami akan mudah mengalami penurunan, Otot tidak sekuat dulu dan saraf serta persendian yang ada pada tubuh mengalami penurunan fungsi. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab paling dasar munculnya gejala badan sakit semua pada usia lanjut.

Penyebab karena suatu penyakit tertentu, Misalnya:

1. Infeksi
Jika didalam tubuh menderita infeksi akibat luka atau peradngan yang tak kunjung sembuh misalnya pada organ pencernaan, MAKA Bisa dipasytikan dapat mempengaruhi stamina dan daya tahan tubuh, Akibatnya badan akan tersaa sakit semua. Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa tubuh secara alami sedang melawan infeksi yang sedang terjadi agar tidak semakin meluas pada jaringan lain.

2.Anemia
Seseorang yang menderita anemia akut atau bertahun tahun akan mengalami pegal pegal dan nyeri otot pada semua bagian tubuh secara berulang. Kondisi ini dapat mudah muncul saat tubuh dalam kondisi capek atau kelelahan, Terlebih jika didalam organ tubuh tertentu sedang mengalami infeksi.


3.Gangguan organ ginjal dan hati
Ginjal dan hati atau salah satu dari keduanya sedang dalam kondisi yang tidak baik misaklnya terserang virus tertentu maka gejala badan sakit semua akan muncul dengan sendiri, karena ketika kedua organ tubuh tersebut luka atau infeksi maka akan mempengaruhi kondisi dan fungsi saraf dan otot otot tubuh, Sehingga tubuh akan tersa tidalk yaman, Mudah terserang masuk angin dan nyeri.

4.Gangguan saraf
Gangguan saraf yang dimaksud adalah adanya saraf yang terjepit, Saraf yang mengerut atau saraf saraf yang mulai mengendur akibat usia maka munculnya gejala badan sakit semua tidak akan dapat dihindari. Saraf berfungsi mengontrol kinerja otot sehingga jika otot tersebut dalam kondisi yang tidak baik maka badan akan terasa tidak enak ( sakit).

5.Penyakit rematik
Penyakit rematik adalah penyakit yang biasa menyerang persendian dan jaringan disekitarnya termasuk saraf dan otot. Dapat dipastikan bahwa seseorang yang menderita penyakit rematik maka gejala badan sakit semua akan dirasakan setipa hari terutama pada malam hari.

6. Kelainan jantung
Kelainan jantung dapat terdiri dari jantung lemah, Jantung bocor atau gagal ginjal dapat menyebabkan gejala badan sakit semua muncul tiba tiba terlebih pada orang yang telah lanjut usia. Jantung bertugas mewmompa darah, Ketika jantung kehilangan kemampouannya dalam mengatur laju jalan darah maka arteri dan pembuluh darah lainnya akan tersumbat, Akibatnya badan akan terasa tidak nyaman.

Penanganan
Gejala badan sakit semua dapat diatasi dengan membiasakan diri untuk melakukan beberapa cara dasar berikut ini.

• Peregangan otot disela sela kesibukan atau aktivitas sehari hari untuk mencegah ketegangan otot yang menjadi penyebab munculnya gejala badan sakit semua

• Berjemur matahari pagi karena cahayanya mampu memerangi bakteri didalam tubuh, Menyehatkan hati , Membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh

• Cukup istirahat dan kurangi merokok serta tinggalkan minuman beralkohol agar kondisi saraf dan otot otot tubuh senantiasa dalam kondisi stabil

• Banyak minum air putih untuk melancarkan peredaran darah yang biasanya akan menyeababkna badan terasa poegal dan nyeri ketika muncul dehidrasi

• Pastikan untuk bisa menguranfi stres atau kondisi suasana hati agar tetap nyaman dan stabil serta diiringi dengan melakukan meditasi atau yoga.

Pengobatan tradisional
Selain melakukan penanganan sedini mungkin untuk mencegah munculnya gejala badan sakit semua, Hendaknya anda memanfaatkan bahan bahan herbal alami yang ada disekitar untuk menunjang kesehatan tubuh anda dari hari kehari, Misalnya:

1.Jahe, Kunyit, Madu, Jeruk nipis
Minuamn yang dibuat dari bahan tradisional bermutu tinggi seperti jahe, Kunyit, madu dan perasan jeruk nipois terbukti dapat mengembalikan stamina tubuh dan mengurangi capek, Menyembuhkan pegal dan linu serta meningkatkan daya tahn tubuh.

2.Bawang merah dan minyak zaitun
Bawang merah yang dihancurkan lalu ditambahkan minyak zaitun secukupnya secara klinis mampu menghilangkan ketegangan otot dan memulihkan saraf saraf yang menegang akibat kelelahan . Kedua bahan herbal tersebut dapat dioleskan pada badan yang sakit sambil dipijat perlahan.

3.Kayu manis, Madu Dan lemon
Kayu manis dapat diseduh didalam segelas air panas matang lalu tambahkan madu dan perasan air lemon secukupnya. Ramuan sederhana tersebut mampu memulihkan otot yang menderita kaku dan tegang sehingga mempercepat pemulihan tubuh yang sedang lemas atau menyembuhkan pegal pegal, nyeri otot dan sendi.

4.Temulawak dan gula aren
Temulawak merupakan bahan tradisional yang mampu menyembuhkan nyeri otot, Persendian dan melancarkan peredaran darah dimana kondisi tersebut adalah salah satu biang keladi munculnya gejala badan sakit semua. Temulawak terkenal sebagai salah satu obat herbal pegal linu yang sudah dipakai ratusan tahun.

5.Minyak cengkih
Minyak cengkih mudah diperoleh ditoko obat atau apotik yang mana kegunaannya untuk mengatasi gejala badan sakit semua yang baiasnya banyak diderita kaum pria. Minyak cengkih dapat dioleskan padaa seluruh tubuh yang menderita pegal dan sakit.

6.Daun sirih dan sereh
Daun sirih dan sereh dapat direbus secara bersamaan dan airnya dapat digubakan untuk mandi. Manfaat kedua bahan tradisional terbut dapat mengembalikan kesegaran tubuh, Menghilangkan capek capek dan kelelahan tubuh serta menyembukan badan yang menderita sakit akibat kelelahan atau adanya infeksi dalam tubuh.
Baca juga: Efek samping daun sirih

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh