Home Featured Kalau Tidak Ingin Cepat Tua, Hindari 12 Makanan Ini

Kalau Tidak Ingin Cepat Tua, Hindari 12 Makanan Ini

by Erlita

Merawat kulit dari luar tidaklah cukup untuk membuat kita selalu kelihatan awet muda. Kalau tidak ingin cepat tua, pastikan untuk menjaga pola makan secara sehat dan pilihlah makanan yang memang baik bagi tubuh. Berikut ini merupakan makanan-makanan yang sebaiknya dihindari atau setidaknya dibatasi demi tidak cepat tua karena apa yang kita asup setiap hari dapat berdampak ke kulit.

  1. Makanan Asin

Makanan asin atau yang tinggi kandungan sodiumnya dapat menjadi pemicu kita makin cepat tua. Asupan garam berlebih setiap hari tak akan baik bagi kulit dan bahkan mampu menyebabkan pembengkakan di wajah karena air akan tertahan oleh garam.

  1. Daging Merah

Daging merah memang tak salah lagi merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Tubuh pun perlu mendapatkan serat dari daging merah serta mineral-mineral penting, namun mengonsumsi terlalu sering dan banyak mampu menyebabkan lemak dalam daging yang kita asup mengendurkan kulit dengan mudah.

  1. Daging Olahan

Selain daging merah, daging-daging olahan juga perlu diwaspadai dan konsumsinya perlu kita batasi. Kaya akan penyedap rasa dan pengawet, bahan-bahan kimia ini tak baik bagi kesehatan. Karena juga rendah gizi, tentunya mengonsumsi daging olahan terlalu sering bisa berdampak buruk untuk kesehatan kulit sehingga cepat menua.

  1. Makanan Olahan Susu

Olahan susu memang kaya kalsium dan protein yang baik bagi tulang serta otot, namun tak semua orang cocok dengan makanan olahan susu karena mampu menyebabkan reaksi kulit. Psoriasis dan eksim adalah contohnya dan beberapa orang dewasa perlu membatasi asupan susu untuk mencegah cepat tua sekaligus meminimalisir risiko gangguan kesehatan kulit.

  1. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang adalah makanan yang mengandung lemak trans tinggi sehingga memang mampu mengancam kesehatan dan membuat tubuh kita cepat tua. Ini karena seringnya dijumpai minyak sayur terhidrogenasi pada makanan-makanan yang diolah dengan cara memanggangnya. Hindari makan makanan hasil panggangan terlalu sering ya.

  1. Makanan Karbohidrat Tinggi

Nasi putih, mie, roti, dan kentang adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di mana itu artinya ada kandungan gula yang juga tinggi. Kandungan gula serta lemak pada makanan-makanan inilah yang bisa mengendurkan kulit yang kalau tak dijaga dengan baik pasti mudah melar dan kulit jadi cepat tua.

  1. Makanan Manis

Bahaya makan manis tak sebatas bisa menyebabkan sakit gigi, tapi juga berisiko tinggi membuat kulit gampang kendur dan keriput karena mampu membuat elastisitas kulit menurun. Saat elastisitasi kulit hilang, ini karena kolagen dalam tubuh juga ikut turun kadarnya dan gula adalah alasan utama yang wajib diwaspadai.

  1. Gorengan

Makanan apapun yang digoreng dan dikonsumsi secara berlebihan bisa mengancam kesehatan. Bukan hanya masalah tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, melainkan kandungan minyak tinggi bisa membuat nutrisi tubuh banyak yang hilang. Kulit bisa cepat rusak dan tua karena lemak jahat terkandung di dalamnya ditambah lagi dengan risiko obesitas lho.

  1. Makanan Pedas

Makanan yang bikin kita cepat tua lainnya adalah makanan dengan rasa pedas. Menikmatinya sesekali sah-sah saja, namun jika berlebihan maka mampu menjadi penyebab pembuluh darah vena melebar, mengalami kemerahan serta pembengkakan. Jadi, makanan pedas bisa mulai dibatasi jika ingin menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut.

  1. Kafein

Minuman dan makanan berkafein berlebihan bukan hanya memicu hipertensi dan asam urat. Kulit juga dapat terganggu kesehatannya dan elastisitasnya. Inilah yang mampu menjadikan kulit lebih cepat keriput sehingga otomatis kita tampak lebih tua.

  1. Minuman Berenergi

Minuman energi adalah minuman yang diperlukan ketika memang aktivitas sedang padat dan seseorang mudah lelah. Namun seringkali saat tubuh normal-normal saja, banyak orang tetap meminum minuman berenergi karena diyakini membuat semangat meningkat, padahal minuman ini adalah minuman perusak enamel gigi karena mengandung asam tinggi.

  1. Alkohol

Minuman mengandung alkohol sangat rentan menyebabkan penuaan karena mampu menjadi pemicu gangguan tidur hingga masalah kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi. Karena kurangnya kualitas tidur, pigmentasi kulit jadi kurang merata, elastisitas kulit berkurang dan bahkan membuat keriput lebih cepat muncul.

Maka dari itu, perhatikan lagi makanan dan minuman yang diasup setiap hari. Makan makanan pedas, asin dan manis tentu boleh-boleh saja karena tubuh tetap memerlukannya. Namun, pastikan untuk tak berlebihan, dan imbangi dengan olahraga rutin, pengelolaan stres yang tepat, serta kualitas tidur yang cukup kalau tidak ingin menua terlalu cepat.

You may also like