39 Makanan dan Minuman yang Bikin Gemuk dengan Cepat

Kegemukan seseorang pada dasarnya bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan, namun makanan apa yang diasup juga turut menjadi faktor penting dalam kenaikan berat badan. Banyak dari kita yang belum begitu tahu apa saja makanan dan minuman yang bikin gemuk bila dikonsumsi agak sedikit banyak atau terlalu sering dan ini dia daftar yang dapat disimak.

  1. Burger

Bukan hal yang patut membuat kita heran ketika burger disebut sebagai makanan yang bisa bikin gemuk karena memang makanan ini merupakan salah satu jenis junk food. Waspadai bahaya makanan cepat saji seperti burger karena kandungan lemak jenuh sekaligus garamnya yang tinggi yang berperan meningkatkan risiko obesitas.

  1. Es Krim

Banyak orang dari segala usia menggemari es krim, namun tahukah bahwa es krim merupakan produk olahan susu yang tentu saja mengandung lemak tinggi sehingga dapat membuat badan lebih cepat gemuk. Tak hanya lemak, es krim juga mengandung gula tinggi sehingga peningkatan berat badan dapat dengan mudah terjadi.

  1. Salad Dressing

Salad memang makanan sehat karena terdiri dari sayur-sayuran, namun bila kita terbiasa memberikan salad dressing berupa krim, maka akibatnya tentu adalah penambahan berat badan. Perlu diketahui bahwa salad dressing adalah makanan yang mengandung lemak trans tinggi, MSG, sirup jagung, hingga banyak gula.

  1. Keju

Selain es krim, keju juga merupakan produk olahan susu yang tak hanya menawarkan asupan protein tinggi melainkan juga lemak tinggi. Ada 20,3 gram per 100 gramnya, jadi hati-hatilah dalam konsumsi keju karena bahan makanan ini walau memberikan kalsium bagi tubuh, juga bisa memengarhi metabolisme tubuh yang menjadi lambat sekaligus arteri yang tersumbat.

  1. Nasi Putih

Dengan kandungan 129 kalori pada 100 gram nasi putih, sekaligus juga fakta bahwa nasi putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, tentunya makanan ini akan dengan mudah bikin gemuk. Bila tak ingin cepat gemuk, ada baiknya untuk segera mengganti nasi putih dengan konsumsi rutin akan nasi merah.

  1. Kentang

Kentang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih karena kalori dan karbohidratnya lebih rendah dari nasi, namun tetap saja tak dapat dipungkiri kalau kentang juga memiliki jumlah kalori dan karbohidrat tinggi. Bukan hanya kentang utuh sendiri yang akan memberikan dampak kenaikan berat badan pada tubuh, melainkan juga makanan-makanan olahan dari kentang seperti misalnya:

  • Kentang goreng
  • Keripik kentang
  1. Mentega

Salah satu makanan yang juga akan memberikan pengaruh kegemukan pada tubuh adalah mentega di mana sebenarnya bahan makanan ini cukup sering dipakai untuk memasak maupun membuat kue. Rasa masakan dan kue akan lebih gurih dan nikmat dengan mentega, namun hati-hati kalau terlalu sering mengonsumsinya karena bisa membuat gemuk.

  1. Mayones

Ada banyak kandungan lemak di dalam mayones, jadi bagi yang sering menggunakan mayones, waspadai betul akan peningkatan berat badan. Kegemukan dapat menjadi akibatnya karena mayones terbuat dari minyak dan telur. Bila pun ingin mengonsumsinya, batasi dan lebih disarankan untuk memakainya sedikit saja.


  1. Gorengan

Masyarakat Indonesia rata-rata tak bisa lepas dari yang namanya gorengan, namun perlu diingat bahwa gorengan merupakan jenis makanan yang akan memicu kegemukan serta berbagai masalah kesehatan serius. Kenali bahaya mengkonsumsi gorengan sehingga kita bisa membatasi konsumsinya dan tak terlalu sering memakannya demi menjaga berat badan dan kesehatan.

  1. Sereal Manis

Sarapan dengan sereal manis mungkin adalah sebuah kebiasaan bagi banyak dari kita karena bagi yang tak begitu gemar sarapan nasi, sereal dapat juga menambah energi pada pagi hari. Hanya saja, hindarilah sereal yang manis karena kadar gula dapat meningkat cukup tinggi dalam tubuh. Ketika karbohidrat dan gula di dalam tubuh ters meningkat, kegemukan adalah akibatnya.

  1. Daging Merah

Daging merah kita tahu adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga memang jenis daging ini tak begitu direkomendasikan bagi yang tekanan darah dan kadar kolesterolnya cepat naik. Waspadai juga lemak jenuh di dalamnya yang bakal bikin gemuk dengan mudah.

  1. Donat

Roti satu ini memang menggiurkan dan mengenyangkan di saat yang sama, namun perlu diingat juga bahwa donat adalah makanan dengan karbohidrat, gula dan lemak tinggi. Pastikan untu tak memakannya terlalu sering, apalagi berlebihan apabila tak ingin cepat gemuk.

  1. Mie/Pasta

Mie maupun pasta merupakan jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi sehingga tak salah lagi bahwa makanan-makanan ini akan membuat tubuh gampang gemuk apabila dikonsumsi sering-sering. Batasi asupannya dan seimbangkan dengan sayuran maupun buah-buahan secara cukup. Walau enak dan mudah dalam memasaknya, perlu juga mempertimbangkan efek buruknya bagi tubuh.

  1. Biskuit

Makanan berupa biskuit, terutama produk kemasan memang merupakan camilan yang asyik dan nikmat bukan? Tapi juga perlu diingat, biskuit kaya akan karbohidrat serta gula atau garam tinggi sehingga sebaiknya tak terlalu banyak mengemil biskuit agar tidak mudah naik berat badan kita. Sesekali saja tak masalah, namun bila berlebihan berat badanlah yang akan menerima dampaknya.

  1. Buah dan Sayuran yang Mengandung Fruktosa

Buah serta sayuran tak selalu memberikan efek baik bagi tubuh kita dan menyehatkan maupun menjaga berat badan dengan baik. Ada sejumlah contoh buah dan sayur yang memiliki kandungan tinggi fruktosa sehingga asupannya sebaiknya tak terlalu berlebihan, dan buah-buah yang dimaksud di sini antara lain:

  • Semangka
  • Mangga
  • Apel
  • Asparagus
  1. Sosis Ayam dan Sapi

Makanan olahan dari daging hewan tertentu, seperti sosis tentunya banyak yang menggemari dan mungkin Anda salah satunya? Sosis ayam dan sapi rupanya mengandung lemak jenuh tinggi. Ada baiknya untuk menghindari sosis bila tak ingin tubuh cepat gemuk.

  1. Roti Tawar Putih

Banyak orang mengatakan bahwa roti gandum adalah yang jauh lebih baik dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan bukan? Hal ini benar adanya karena roti tawar putih justru memiliki kandungan karbohidrat serta susu tinggi yang akan meningkatkan berat badan dengan mudah bila terlalu banyak memakannya.

  1. Kacang-kacangan

Makanan penambah berat badan cepat lainnya adalah kacang-kacangan di mana sebenarnya bila dikonsumsi dengan takaran tepat maka hasilnya akan baik dan menyehatkan tubuh. Hanya saja, konsumsi berlebihan mampu menjadikan tubuh cepat gemuk karena kandungan lemaknya yang tinggi. Jenis kacang-kacang inilah yang patut diwaspadai dan dikonsumsi secara cukup:

  • Kacang hijau
  • Kacang tanah
  • Kacang almond

  1. Alpukat

Buah dengan kandungan vitamin E dan lemak ini memang baik bila dikonsumsi secara berkala, tapi tentunya tak begitu berdampak baik bagi berat badan kita kalau dikonsumsi sering-sering. Lebih-lebih alpukat akan menjadi peningkat berat badan super cepat jika kita sering mengonsumsinya dalam bentuk jus yang diberi susu kental manis coklat.

  1. Nugget

Praktis dan enak adalah dua kata yang paling tepat untuk nugget bukan? Anak-anak hingga orang dewasa tentu setuju bahwa nugget ini nikmat dan cepat penyajiannya, namun di dalam makanan ini lemaknya sendiri saja sudah sekitar 50 persen dengan karbohidrat yang kadarnya lebih banyak daripada protein. Karena harus digoreng sebelum mengonsumsinya, tentunya kandungan minyak dan lemaknya akan jauh lebih banyak sehingga tak perlu dipungkiri lagi bahwa nugget adalah salah satu makanan yang bikin gemuk.

Minuman yang Bikin Gemuk

Selain jenis-jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, ada pula sejumlah minuman yang mampu membuat berat badan bertambah cukup cepat kalau dikonsumsi terus-terusan, yakni:

  • Minuman soda
  • Kopi instan
  • Susu whole fat
  • Madu
  • Sirup jagung tinggi fruktosa
  • Agave nektar
  • Yogurt non-Greek
  • Smoothies
  • Teh tinggi gula
  • Jus buah tinggi gula

Demikianlah daftar makanan dan minuman yang bikin gemuk dengan cepat untuk diwaspadai. Konsumsi pada kadar yang tepat tentunya tak akan berbahaya namun segala yang berlebihan mampu meningkatkan berat badan. Ingat bahwa kegemukan adalah pemicu dari banyak gangguan kesehatan serius, maka perhatikan setiap asupan makanan dan minuman harian Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya