Mencegah Kanker Usus dengan Konsumsi Ikan Seminggu 3 Kali, Mitos atau Fakta?

242

Banyak orang tentunya tahu betul bahwa ikan adalah salah satu sumber makanan bernutrisi tinggi yang tak boleh dilewatkan, apalagi jika ingin menjaga kesehatan otak sekaligus sistem kardiovaskular. Karena asam lemak omega 3-nya yang tinggi, beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna pun dianjurkan untuk dikonsumsi.

Bukan hanya sebagai makanan yang baik untuk otak, ikan rupanya disebut sebagai makanan yang baik sebagai pencegah kanker usus lho. Makan ikan setiap hari apakah perlu untuk menghindarkan diri kita dari penyakit serius seperti kanker usus tersebut? Makan ikan tak perlu setiap hari, apalagi ikan laut, karena ada risiko ikan tersebut telah terkontaminasi oleh kandungan metal.

Namun menurut para ahli dari University of Oxford begitu juga dengan the International Agency for Research on Cancer (IARC) dilansir dari Metro, makan ikan yang terbaik dan terekomendasi sebagai pencegah risiko kanker adalah 359,1 gram per minggunya. Menurut hasil penelitian usai pengamatan pola makan dari 476.160 orang lewat kuesioner mengenai jenis ikan yang mereka konsumsi, rata-rata mereka yang teratur makan ikan punya risiko 12 persen lebih kecil kena kanker usus ketimbang mereka yang makan tak lebih dari seporsi ikan per minggunya.

Lalu jika yang baik itu makan ikan dengan porsi tersebut per minggunya dan seminggu 3 kali saja, apa jenis ikan yang paling tepat sebagai pencegah kanker usus? Salmon adalah yang paling baik karena ikan ini adalah makanan yang mengandung omega-3 tinggi di mana paling bisa menurunkan risiko kanker usus.

Konsumsi ikan beromega-3 tinggi sebanyak 123,9 gram akan sangat membantu, dan selain salmon, ikan makarel juga yang paling direkomendasikan karena kandungan lemaknya yang juga baik untuk tubuh. Asam lemak pada kedua jenis ikan tersebutlah yang dipercaya dan terbukti mampu melindungi usus dari peradangan dan perkembangan sel kanker.

Selain makan ikan seminggu 3 kali, gaya hidup yang tadinya kurang sehat dan seimbang perlu mulai diubah menjadi lebih baik, seperti:

  • Membatasi minuman beralkohol
  • Tidak merokok
  • Mengonsumsi makanan berkandungan serat tinggi
  • Melakukan olahraga rutin
  • Mengonsumsi gandum
  • Menjaga berat badan
  • Membatasi asupan daging merah
  • Menghindari daging olahan

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perubahan gaya hidup menurut direktur penelitian dan urusan eksternal di Bowel Cancer UK, Lisa Wilde dilansir dari laman Detik Health. Jadi jika ingin usus dan sistem pencernaan tetap sehat, jaga pola hidup, pola makan dan pastikan makan ikan yang tepat juga ya.