7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Paling Ampuh

380

Tubuh memiliki suatu sistem pertahanan sendiri dalam mencegah penyakit baik dari bakteri atau virus. sistem imun bekerja setiap saat dengan beribu cara yang berbeda, tetapi tidak terlihat. Hal yang membuat tubuh menyadari benar menyadari kerja sistem imun adalah di saat sistem imun gagal karena beberapa hal.

Salah satu contoh yang mudah adalah saat kita digigit nyamuk, maka bagian yang digigit akan timbul merah, hal ini salah satu kerja sistem imun di kulit terhadap benda asing. Sistem imun sering disebut sistem kekebalan tubuh, pada beberapa kasus terdapat beberapa jenis jenis penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri.

Sistem imun setiap orang berbeda beda, namun setiap orang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya untuk mencegah terjadinya penyakit dalam tubuh. Berbagai cara meningkatkan kekebalan tubuh pada manusia sudah banyak diberikan, beberapa hal dibawah ini harus anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anda

1.Hindari Rokok

Menghindari rokok bukan hanya tidak merokok atau berhenti merokok, namun juga menghindari paparan asap rokok. Terdapat 74 bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan, terlebih lagi jika anda merupakan perokok pasif.

rokok dapat menurunkan daya tahan tubuh anda, rokok juga dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang yang dapat membuat sesak nafas. Menghindari rokok dan asap rokok dapat menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda memiliki anak anak dirumah pastikan anak anda terhindari dari asap rokok karena sistem imun pada anak yang belum terbentuk maksimal dapat menimbulkan penyakit yang lebih parah dari orang dewasa

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam sayur dan buah dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh anda. Vitamin c merupakan salah satu vitamin yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda, seperti vitamin E yang dapat meningkatkan jumlah sel T yang berfungsi untuk membunuh benda asing pada tubuh anda.

Kandungan tinggi vitamin C dapat anda dapatkan pada buah kiwi, konsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu anda meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antiuoksidan pada buah dan sayur juga merupakan hal penting sehingga dapat menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh, buah yang mengandung anti oksidan tinggi dapat anda temui pada buah blueberri

Vitamin A juga merupakan vitamin yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin ini juga banyak ditemukan pada buah dan sayur. Buah dan sayur juga banyak mengandung antioksidant, dimana antioksidant berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas.

Pada umumnya, anda boleh memakan segala jenis buah dan sayur, selama proses pengolahannya baik dan benar sehingga kandungan vitamin di dalamnya tetap dapat dikonsumsi dengan baik.

3. Tidur cukup, hindari begadang

Cara meningkatkan kekebalan tubuh anda dapat dilakukan dengan memberikan tubuh untuk meregenerasi sel sel yang ada di tubuh. tubuh meregenerasi sel sel di tubuh saat kita sedang tertidur, maka dari itu sangatlah  penting untuk menjaga waktu tidur tetap cukup.

waktu tidur sesuai kebutuhan adalah 7 jam dalam sehari, tidur cukup bukan hanya tidur 7 jam saja. Namun juga sesuai dengan jam tubuh. Tubuh mengenali waktu tidur adalah malah hari, jadi saat anda tidur 7 jam pada siang hari, namun begadang pada malam hari maka tubuh tidak mengenali proses istirahat tersebut.

Maka dari itu, kebiasaan sering begadang dapat menurunkan kekebalan tubuh anda karena tubuh tidak dapat memperbarui sel sel di dalam tubuh anda. sel-sel ditubuh anda menjadi lebih tua dan dapat menurunkan kekebalan tubuh anda. Maka dari itu berikan waktu tidur yang cukup dan sesuai dengan waktu tubuh.

4. Olahraga rutin

Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan, namun dengan olahraga rutin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga yang seperti apa sih? olahraga yang terbaik dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah olahraga aerobik.

aerobik adalah olahraga dengan pengaturan pernafasan yang dapat memberikan masukan oksigen ke dalam tubuh, olahraga aerobik ini terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. olahraga aerobik dapat anda lakukan selama 3 kali dalam seminggu.

Olahraga atau senam aerobic ini meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang membuat tubuh memberikan kompensasi pengeluaran antioksidan yang merupakan salah satu indikasi adanya kekebalan tubuh seseorang. Maka dari itu anda dapat melakukan olahraga secara rutin sebaga cara meningkatkan kekebalan tubuh

5. Konsumsi Madu

Apakah anda sudah mengkonsumsi madu secara rutin? atau pernahkah anda mendengar manfaat madu? Ya, madu sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. madu memiliki antioksidant dan antibakteri yang baik bagi tubuh.

antioksidant dan antibakteri ini baik untuk melawan infeksi bakteri, virus dan jamur pada tubuh. Madu yang harus anda konsumsi adalah madu asli, dengan mengetahui ciri ciri madu asli maka anda dapat membedakan mana madu yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Bagaimana cara konsumsinya? kapan anda harus mengkonsumsinya? konsumsi madu dapat dilakukan setiap hari, anda dapat konsumsi madu satu sendok setiap hari. Dalam konsumsi madu harus anda perhatikan untuk tidak diberikan pada anak dibawah satu tahun karena terdapat kandungan dalam madu yang belum dapat dicerna oleh anak dibawah satu tahun.

6. Jahe

Jahe sering kali dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh, atau saat sedang tidak enak badan, banyak sekali orang Indonesia yang menkonsumsi jahe. Ternyata jahe memang berguna sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh.

Jahe memiliki sesquiterpenes yang berguna untuk membunuh rhinovirus yang merupakan virus paling sering pada flu yang biasa. Maka konsumsi olahan jahe dapat membantu anda saat terserang flu. Untuk menjaga kekebalan tubuh, anda dapat membuat minuman jahe dengan dicampur teh atau dengan madu.

Konsumsu jahe setiap malam hari sebelum tidur sehingga akan membuat tubuh anda lebih rileks sebelum tidur dan juga dapat mengembalikan energi anda setelah selesai beraktivitas. jahe juga menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh anda.

7. Yoghurt

Konsumsi yoghurt terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Yoghurt memiliki kandungan lactobacilus reuteri yang terbukti dapat menghentikan replikasi virus saat kita sedang sakit. Namun tidak semua jenis yoghurt dapat anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsi yoghurt yang baik adalah yogurt dengan low-fat dan pastikan pada kemasan bahwa yogurt tersebut memiliki kandungan bakteri yang berguna untuk tubuh. Anda dapat mengkonsumsi yoghurt setiap hari, cukup satu yoghurt setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Itulah beberapa tips sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Meningkatkan kekebalan tubuh sangatlah penting untuk mencegah penyakit yang lebih serius. Mungkin anda tidak merasakan sistem kekebalan tubuh pada tubuh anda, namun setiap harinya tubuh mempertahankan diri dari segala penyakit yang dapat terpapar ke dalam tubuh. Maka dari itu menjaga konsumsi makanan, tidur, dan olahraga perlu anda perhatikan setiap harinya.