Untuk Jaga Kesehatan Mata, Ini Lho 4 Latihan Mata Patut Dicoba

321

Untuk Jaga Kesehatan Mata, Ini Lho 4 Latihan Mata Patut DicobaBila latihan fisik seperti olahraga lari, jogging, renang, bersepeda dan Yoga saja penting bagi tubuh, maka ada latihan yang juga bisa dilakukan untuk jaga kesehatan mata. Agar mencegah ciri-ciri mata tidak sehat serta supaya otot mata terjaga tetap kuat dan tingkat penglihatan bisa optimal, berikut ini latihan untuk mata yang bisa dipraktekkan di manapun.

  1. Jam Imajiner

Satu lagi latihan mata yang bisa coba dilakukan, yakni menciptakan jam imajiner dan kita dapat fokus menatap pusatnya. Gerakkan mata fokus ke angka jam imajiner, tapi kepala harus tetap dalam kondisi diam tak bergerak. Ulangi cara ini 12 kali dalam setidaknya sekali latihan meski memang cukup melelahkan di akhir, tapi setelah selesai tutup mata sejenak untuk mengistirahatkannya.

  1. Buat Alfabet dengan Mata

Cara ini sangat simpel untuk dilakukan, apalagi kalau sedang ada waktu senggang. Duduk atau berdirilah di depan sebuah dinding, lalu fokuskan penglihatan di sana, tepatnya di bagian tengah. Setelah mata sudah berhasil fokus ke depan, mulailah gerakkan bola mata membentuk alfabet satu demi satu.

Bahkan jika ingin membentuk kata huruf per huruf dan membuat cerita pun boleh-boleh saja, sehingga latihan mata berjalan agak lama jadinya. Namun saat menggerakkan mata, kepala harus tetap ada di tempatnya alias tidak ikut bergerak. Manfaat bagi mata jauh lebih besar ketika kita bisa bentuk huruf dengan mata yang ukurannya juga besar.

  1. Buka Tutup Mata

Cara ini juga tergolong paling sederhana, yakni dengan memejamkan kedua mata erat-erat dan hitung 5 detik lamanya. Setelah 5 detik berlalu, mata boleh dibuka kembali, lalu ulangi tutup mata dan istirahatkan selama 5 detik lagi. Begitu saja seterusnya dan ulangi beberapa kali tapi tidak sampai berlebihan; langkah ini pas juga dijadikan cara mengatasi mata kering lho.

Latihan mata satu ini lebih direkomendasikan kepada orang-orang yang pekerjaannya hampir selalu ada di depan layar komputer. Mata akan jadi lebih gampang lelah, maka latihan mata seperti ini adalah yang paling dibutuhkan setidaknya sejam sekali demi mengistirahatkan penglihatan kita. Melakukan secara konsisten dan rutin akan memberikan manfaat besar.

  1. Relaksasi Mata

Setelah mencoba beberapa latihan mata yang terekomendasi di atas, cara ini adalah yang bisa dilakukan paling akhir. Supaya otot mata bisa lebih rileks dan tak terlalu kelelahan, gosok-gosokkan kedua tangan sampai hangat, pejamkan kedua mata, lalu kedua telapak tangan yang sudah hangat bisa ditaruh di kedua mata terpejam. Langkah ini juga dapat diterapkan sebagai cara menyembuhkan mata kabur yang alami.

Jika ingin lebih maksimal, gunakan saja handuk hangat yang diletakkan mengompres kedua mata yang dipejamkan, disusul dengan handuk dingin. Untuk merelaksasi mata, tidak dianjurkan untuk memijat mata ya. Kalaupun ingin memijat, pijatlah bagian pipi, dahi dan leher, sementara bagian mata cukup kompres dengan handuk hangat dan dingin bergantian.

Dalam cara menjaga kesehatan mata dengan latihan mata ini, hendaknya tak memberikan tekanan dalam bentuk apapun pada mata. Bagi para pengguna lensa kontak, lepas dulu dan taruh lensa kontak yang dipakai sebelum melakukan olahraga mata agar tak menjadi penyebab sakit mata atau iritasi. Cuci tanganlah lebih dulu sebelum menyentuh area mata; selamat mencobanya dan kiranya bisa bermanfaat banyak.