5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jiwa untuk Semua Usia

112

Kesehatan jiwa tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik, bahkan jauh lebih penting untuk diperhatikan. Kesehatan jiwa akan mendukung fisik agar selalu sehat dan dapat beraktivitas dengan normal. Jiwa yang sehat dan pikiran yang jernih akan medukung seseorang untuk lebih produktif dan memiliki hubungan yang harmonis dengan orang lain. Karena itu sangat diperlukan cara mudah yang dapat dilakukan untuk selalu mempertahankan kesehatan jiwa oleh siapa saja, seperti berikut ini.

1. Bangun Hubungan yang Baik

Sudah semestinya kita membangun hubungan yang baik pada siapa saja, baik pada keluarga, teman ataupun tetangga. Mereka yang sering beraktivitas dengan kita dan ada di sekitar tentu akan mempengaruhi kualitas hidup kita juga. Karena itu, agar hati selalu tenang jagalah hubungan yang baik pada mereka dan sebisa mungkin hindari masalah yang membuat hubungan memburuk.

2. Lakukan Aktivitas Positif

Aktivitas yang positif dapat membuat seseorang sibuk dengan sesuatu yang bermanfaat, sehingga ia lupa dengan segala masalah dan tidak tertekan. Carilah hobi atau aktivitas yang disukai dan kerjakan dengan hati yang senang. Menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat apalagi jika bisa bermanfaat untuk orang lain akan membuat perasaan jauh lebih tenang, nyaman dan terhindar dari stres.

3. mempelajari Hal Baru

Jangan sampai rutinitas yang membosankan membuatmu tertekan hingga akhirnya menjadi stres dan mengalami perubahan perilaku. Agar kondisi kesehatan jiwa tetap stabil, cobalah untuk melakukan atau mempelajari hal baru. Hal ini akan membuat dirimu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk merasakan bosan atau stres. Bahkan dengan sesuatu yang baru akan memberikan pandangan baru terhadap hal lain, atau bahkan kemampuan baru yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri di kemudian hari.

4. Sering Berbagi

Tidak akan rugi jika kita sering berbagi dengan orang lain, apalagi kepada mereka yang membutuhkan. Tindakan ini akan menciptakan rasa empati, bersyukur dan menghargai apa yang dimiliki sehingga jiwa tidak akan merasa hampa. Kita bisa memberi dalam bentuk apapun, seperti uang, bahan sembako, pakaian, makanan bahkan tenaga dengan menjadi relawan dalam sebuah kegiatan sosial.

5. Menikmati Hidup Apa Adanya

Hal terpenting untuk menjaga kesehatan jiwa adalah ikhlas menerima diri apa adanya, tidak menuntut diri untuk menjadi seperti orang lain dan jalani hidup dengan pikiran yang tenang. Penerimaan diri dengan kondisi yang ada pada saat ini akan membuat pikiran lebih tenang, tidak tertekan dengan tuntutan hidup yang serba modern dan lebih bijak dalam menyikapi hidup sehingga jiwa selalu sehat.

Bila perlu, konsumsilah makanan sehat untuk kesehatan jiwa agar tubuh dan pikiran tidak teracuni dengan hal-hal yang buruk. Jadi, jangan sepele dengan kesehatan jiwamu dan lakukan salah satu atau semua cara di atas untuk menjadi pribadi yang sehat jiwa dan raganya.