Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 24 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Secara Alami

24 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Secara Alami

by Mei Riska

Cara mengatasi bibir pecah pecah sering dicari oleh banyak orang tidak peduli pria maupun wanita, muda maupun tua. Semua orang memiliki resiko untuk terkena bibir pecah-pecah. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita semua tahu bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah tersebut. Bibir merupakan organ yang menunjang penampilan seseorang, terutama wanita. Jika wanita yang mengalami bibir pecah-pecah, penampilan wanita tersebut menjadi tidak menarik lagi atau wanita akan kurang percaya diri dengan penampilannya. Sama halnya dengan pria. Tidak hanya itu saja, jika bibir kering dan pecah pecah tidak segera diatasi bisa menyebabkan anda terkena infeksi. Infeksi itu bisa terjadi ketika bibir yang pecah-pecah itu mengelupas kemudian menjadi berdarah. Luka di bibir itu bisa memicu infeksi. Berikut ini adalah cara mengatasi bibir pecah pecah yang bisa dilakukan oleh pria maupun wanita :

  1. Tomat

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bibir pecah pecah adalah menggunakan tomat. Tomat selama ini memang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu tomat bisa digunakan untuk mengatasi kulit bibir yang sedang pecah-pecah. Berikut ini adalah cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan tomat :

  • Ambil sepotong tomat yang masih segar.
  • Oleskanlah tomat itu ke bagian bibir anda yang pecah-pecah.
  • Anda bisa melakukan gerakan itu ke bibir anda dengan gerakan memutar.
  • Kandungan vitamin C yang ada pada tomat itu bisa digunakan untuk mengatasi maslaah bibir yang pecah-pecah.
  • Lakunlah secara teratur. Anda bisa melakukan cara itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Jangan berhenti melakukan cara tersebut sampai bibir anda kembali lembab. ( Baca : Kandungan gizi tomat )
  1. Madu

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah adalah dengan mengoleskan madu alami ke atas permukaan bibir anda. Madu selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti kulit kering dan kulit kusam. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika sekarang ini anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam produk kecantikan dengan bahan dasar madu. Anda bisa melakukan cara ini sesering mungkin, namun akan lebih efektif jika anda melakukan cara ini saat sebelum tidur. Saat tidur kulit akan diregenerasi, dengan mengoleskan madu ke permukaan kulit bibir. Sel di atas kulit bibir anda akan semakin cepat diregenerasi sehingga sel kulit mati yang menyebabkan bibir pecah bisa segera terganti.

Baca : Manfaat madu untuk penderita batu ginjalManfaat madu untuk penerita insomniaKhasiat madu untuk penderita kista

  1. Mentega

Sebagai cara mengatasi bibir pecah pecah lainnya adalah dengan menggunakan mentega. Mentega merupakan bahan yang selama ini sering digunakan untuk membuat kue, namun siapa sangka jika mentega ini bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi bibir pecah pecah. Cara mengatas bibir pecah pecah menggunakan mentega pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan mentega ke kulit bibir anda yang kering dan pecah-pecah. Mentega mengandung minyak yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Akan lebih efektif jika anda mengoleskan mentega ini sebelum tidur.

Baca : Perbedaan mentega dan margarin

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak esensial yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit bibir yang pecah-pecah. Minyak kelapa ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan dan juga kecantikan. Minyak kelapa yang anda gunakan selain bisa digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang rontok dan menghitamkan rambut. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan minyak kelapa ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke atas kulit bbir anda sebelum tidur. Lakukanlah secara rutin agar bibir yang pecah pecah bisa segera hilang dan bisa segera diatasi.

  1. Minyak Zaitun

Minyak esensial yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir pech pecah lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Selama ini minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit misalnya saja adalah kaki pecah-pecah dan bibir kering. Cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan minyak zaitun ini pun cenderung mudah, anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ini setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Kandungan dalam minyak zaitun bisa melembabkan kulit bibir anda sehingga jika kulit bibir anda lembab, bibir yang pecah pecah itupun bisa diatasi dengan cepat.

Baca : Penyakit yang bisa menyebabkan rambut rontokBahaya rambut rontok berlebihan

  1. Mentimun

Siapa yang tidak kenal dengan mentimun, selama ini mentimun banyak digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Timun bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, untuk kecantikan timun bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Ternyata irisan mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah. Cara mengatasi bibir yang pecah-pecah menggunakan irisan mentimun sangat mudah sekali, yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil setengah buah mentimun yang segar.
  • Cuci bersih kemudian kupas.
  • Setelah dikupas anda bisa memotong timun tersebut.
  • Gunakanlah irisan mentimun itu untuk memijat bibir anda yang kering dan pecah-pecah.
  • Timun ini mengandung banyak air sehingga kandungan air yang ada di timun bisa melembabkan kult bibir anda yang pecah-pecah. ( Baca : Cara menurunkan darah tinggiPantangan darah tinggi )
  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit tidak perlu diragukan lagi, selama ini lidah buaya dipercaya bisa digunakan untuk mengatais mslaha kulti terutama kulit yang kering dan pecah pecah. Selain berguna untuk mengatasi masalah kulit, daging lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut. Rambut yang rontok dan tipis bisa disuburkan kembali menggunakan lidah buaya. Berikut ini adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah menggunakan lidah buaya :

  • Ambil satu bauh lidah buaya berukuran sedang.
  • Cuci lidah buaya tersebut kemudian potong lidah buaya menjadi dua bagian.
  • Gosokkan daging lidah buaya yang berwarna putih itu ke bagian kulit bibir anda yang kering, kemudian pijat secara lembut bibir anda menggunakan daging lidah buaya tersebut.
  • Diamkanlah selama 5 menit agar ekstra lidah buaya yang ada di daging lidah buaya itu meresap ke dalam kulit bibir anda.
  • Setelah kering, bilaslah bibir anda menggunakan air dingin.
  • Daging lidah buaya itu bisa melembabkan bibir anda sehingga kulit bibir anda yang pecah-pecah bisa dihilangkan menggunakan daging lidah buaya tersebut.
  • Lakukanlah cara ini secara teratur, agar bibir pecah pecah anda segera menghilang dan kulit bibir anda kembali lembab.
  1. Jangan Menggunakan Lipstik

Cara lainnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir pecah pecah adalah menghindari lipstik. Kandungan kimia yang ada di lipstik bisa memperparah kondisi kulit bibir anda. Kimia pada lipstik bisa membuat kondisi bibir anda semakin kering dan semakin pecah pecah.

  1. Lipgloss

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah adalah dengan menggunakan lipgloss. Anda bisa mencoba menggunakan lipgloss cair untuk anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir pecah pecah anda. Lipgloss ini bersifat melembabkan sehingga kulit bibir yang kering dan pecah bisa diredakan menggunakan lipgloss ini.

  1. Minyak Goreng

Minyak goreng yang masih baru bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah. Jangan pernah menggunakan minyak jelantah untuk mengatasi bibir pecah pecah yang anda alami. Minyak goreng yang lembab bisa membuat bibir pecah pcah anda menjadi lembab sehingga sifat kering pada bibir anda bisa dihilangkan menggunakan minyak tersebut.

Baca : Efek samping makanan yang digorengBahaya makanan yang digoreng

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Penyebab bibir kering dan pecah pecah yang sering dialami oleh masyarakat luas aadalah kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh manusia tersebut. Akibatnya kelembaban di jairngan kulit menjadi berkurang. Elastisitas kulit pun menjadi berkurang jika cairan yang ada di dalam tubuh berkurang. Dampak lain jika tubuh kekurangan cairan lainnya adalah kulit akan menjadi kering dan kusam. Dengan mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh dipercaya bisa digunakan untuk melembabkan jaringan yang ada di kulit sehingga kulit yang kering dan pecah pecah bisa dihindari dan dihilangkan. Dalam sehari setidaknya anda mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari.

Baca : Cara diet air putihAkibat kurang minum air putih

  1. Jeruk

Jeruk yang mengandung banyak vitamin C ini memiliki banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk mengobati sariawan, jeruk ini bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan vitamin C yang ada di jeruk tersebut dipercaya bisa digunakan melembabkan kulit bibir yang pecah-pecah. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan jeruk ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk itu secara langsung tanpa perlu diolah. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah anda membutuhkan mengkonsumsi jeruk sebanyak 4 buah jeruk dalam seharinya. Bagi anda yang bosan dengan mengonsumsi jeruk secara langsung, ana bisa mengolahnya menjadi jus. Untuk jus anda bisa mengkonsumsi jus sebanyak dua gelas per harinya.

Baca : Obat sariawanPenyebab sering sariawan

  1. Wortel

Cara lain yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir pecah pecah adalah dengan mengkonsumsi wortel. Selain kaya dengan kandungan vitamin A dan juga kandungan beta karoten, wortel dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan wortel ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil satu bauh wortel dengan ukuran sedang.
  • Cuci bersih wortel tersebut.
  • Kupas wortel tersbeut kemudian parut wortel itu.
  • Saat wortel benar benar sudah halus, anda bisa menjadikan wortel itu sebagai scrub alami untuk menggosok bibir anda yang terkena pecah-pecah.
  • Bibir yang pecah pecah ini akan menghilang seiring waktu.
  • Cara ini tidak bisa menghilangan bibir pecah peca secara instan. Minimal tiga hari, anda bisa membuat bibir pecah pecah anda menghilang.
  1. Gula

Cara alami untuk menghilangkan bibir pecah pecah lainnya adalah dengan menggunakan scrub dari gula. Gula pasir yang digunakan untuk memaniskan makanan maupun minuman ini bsia digunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah secara efektif. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan gula adalah sebagai berikut ini :

  1. Mawar

Selama ini mawar hanya digunakan sebagai bahan untuk kecantikan saja, namun siapa sangka jika mawar bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah. Bunga mawar ini bisa digunakan untuk menjaga kelembaban bibir agar tetap terjaga. Cara menjaga kelembaban bibir anda menggunakan bunga mawar adalah sebagai berikut ini :

  • Cuci bunga mawar yang masih segar, terutama bunga mawar yang masih berkelopak.
  • Rendam kelopak bunga mawar itu 3 jam lamanya di dalam air rendaman susu.
  • Remaslah kelopak bunga mawar itu sampai hancur sampai menjadi pasta mawar.
  • Oleskanlah pasta mawar ke atas kulit bibir anda yeng kering dan pecah pecah. Cara ini akan lebih efektif jika dilakukan saat malam hari sebelum tidur.
  1. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir pecah pecah adalah dengan menghentikan kebiasaan menjilat bagian bibir anda menggunakan lidah. Hal ini sering dialami oleh orang yang menganggap bibirnya kering sehinga membasahinya menggunakan air ludah yang ada di lidah. Air liur yang digunakan untuk membasahi bibir anda akan membuat bibir anda semakin kering dan pecah pecah sebab air liur akan mudah sekali menguap. Saat air liur menguap, kondisi bibir yang kering dan pecah pecah akan semakin lebih kering dibandingkan biasanya.

  1. Tabir Surya

Untuk melindungi bibir anda yang pecah pecah anda bisa melindungi bibir anda menggunakan tabir surya. Tabir surya ini bisa dengan mudah anda temukan pada lip balm. Perbedaan lip balm dan lipgloss adalah lip balm ini bentuknya mirip lipstik, namun setelah dioleskan ke bibir lip balm ini akan melembabkan bibir meskipun tidak selembab lipgloss. Lip balm yang mengandung tabir surya bisa anda gunakan untuk proteksi bibir anda agar tidak semakin bertambah kering dan pecah pecah.

  1. Hindari Pemicu Alergi

Cara mengtasi bibir pecah pecah lainnya adalah dengan menghindar pemciu alergi. Pemicu alergi ini beragam tergantung dengan jenis alergi yang dialminya. Alergi yang dialami bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah pecah. Tidak hanya itu saja, pemciu alergi juga bisa membuat kondisi bibir kering dan pecah pecah anda semakin bertambah parah.

Baca : Cara mengatasi alergi obatAlergi telurCara mengatasi alergi pada anak

  1. Bernapas Melalui Hidung

Cara mengatasi bibir pecah pecah lainnya yang bisa anda coba adalah dengan membiasakan diri bernapas melalui hidung. Banyak orang yang suka membiasakan dirinya bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut ini bisa membuat kondisi bibir pecah pecah menjadi semakin parah. Alasannya adalah saat menghembuskan napas menggunakan mulut, kandungan CO2 akan menerpa kulit bibir anda. Kandungan CO2 yang anda hembuskan itu akan semakin membuat kulit bibir anda semakin kering dan pecah pecah.

  1. Membatasi Makanan yang Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas dengan cabai secara berlebihan bisa menyebabkan bibir anda semakin pecah-pecah dan akan mudah mengenai iritasi yang ada di bibir. Rasa perih akan bisa mengenai bibir kering yang pecah pecah tersebut, kondisi akan semakin parah jika di bibir itu ada luka dengan kondisi kulit yang terbuka.

  1. Hindari Obat-obatan

Agar kondisi bibir pecah pecah anda tidak semakin parah ada baiknya anda menghindari mengkonsumsi obat-obatan. Alasannya adalah obat-obatan tertentu akan menyebabkan kondisi kulit semakin kering, kulit yang kering itu akan membuat kondisi bibir semakin kering. Obat-obatan tertentu seperti obat anti depresi, obat alergi, oba asma dan obat penghilang nyeri bisa memperparah kondisi bibir kering dan juga bibir pecah pecah yang anda alami. Jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut anda bisa memikirkan untuk mencoba obat herbal atau obat alternatif yang tidak ada bahan kimia di dalamnya.

Baca : Gejala depresiCiri ciri depresiCara mencegah depresi

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah. Orang yang mengalami bibir pecah pecah ada baiknya menata ulang makanan yang dikonsumsinya, ada baiknya mencukupkan gizi 4 sehat dan 5 sempurna. Makanan yang dikonsumsi oleh orang yang mengalami bibir pecah pecah ada baiknya mengkonsumsi sumber vitamin B, sumber zat besi dan juga asam lemak yang sifatnya essensial. Buah dan sayur sangat dibutuhkan oleh bibir yang sedang mengalami pecah pecah. Tidak ada salahnya untuk orang yang mengalami bibir pecah pecah juga mengkonsumsi multivitamin untuk menunjang kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya.

  1. Hindari Menggigit Bibir

Kebiasaan buruk lainnya yan bisa menyebabkan bibir menjadi pecah pecah adalah memiliki kebiasaan menggugt bibir. Bagi orang yang mengalami bibir pecah pecah sebaiknya menghindari kebiasaan ini. Memang menggigit bibir akan membuat bibir anda tampak merona, namun siapa sangka jika kebiasaan satu ini justru akan membuat bibir anda mengalami berbagai macam masalah salah satunya adalah mengalami bibir pecah pecah. Menggigit bibir bisa menyebabkan lapisan pada bibir menjadi terkelupas sehingga jika sudah terkelupas berbagai macam masalah bisa mengenai bibir tersebut.

  1. Minyak Jarak

Cara mengatasi bibir pecah secara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bibir pecah yang anda alami adalah dengan menggunakan minyak jarak. Minyak jarak ini merupakan minyak yang bisa didapatkan dari ekstrasi buah jarak. Cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan minyak ini sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan minyak jarak ke permukaan bibir yang pecah pecah. Saat mengoleskan minyak jarak itu, anda juga bisa memijat lembut bibir anda. Kemudian didiamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit anda bsa membasuh bibir anda menggunakan air hangat. Lakukanlah cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari agar bibir pecah pecah anda segera menghilang.

Penyebab Bibir Pecah Pecah dan Kering

Cara mengatasi bibir kering yang pecah pecah akan lebih baik dan efektif jika kita tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika kita tidak tahu apa yang menyebabkan bibir kering pengobatan tidak akan efektif sebab cara mengatasi bibir pecah pecah yang efektif adalah dengan menghilangkan penyebabnya, sedangkan cara pencegahan yang efektif adalah dengan menghindari penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab bibir menjadi pecah pecah dan kering :

  • Kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk itu bisa berupa kebiasaan menjilat bibir, membasahi bibir menggunakan air liur kemudian kebiasaan menggigit bibir bagian bawah.
  • Polusi udara. Banyaknya polusi udara yang ada di sekitar kita ini menjadi penyumbang terbesar seseorang mengalami bibir pecah pecah dan kering. Zat poutan yang ada di polusi udara bisa membuat kelembaban bibir menjadi berkurang. ( Baca : Bahaya polusi udara )
  • Pola makan yang buruk. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asin dan terlalu pedas bisa menjadi penyebab seseorang mengalami bibir kering dan pecah pecah. Selain bisa menyebabkan perut menjadi mulas dan hipertensi, sebaiknya mulai saat ini kita membatasi mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asin. Hal itu dikarenakan makanan pedas dan asin itu bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan.( Baca : Bahaya garam bagi penderita hipertensiBahaya konsumsi garam berlebihan )
  • Perubahan suhu. Cuaca yang ekstrim seperti saat ini menjadi pemicu seseorang bisa mudah sekali mengalami bibir kering dan pecah pecah. Perubahan suhu yang tiba tiba bisa menyebabkan bibir menjadi tidak bisa beradaptasi. Tidak hanya itu saja, perubahan suhu juga bisa dialami oleh orang yang awalnya tinggal di pedesaan dengan hawa sejuk kemudian dia harus pindah di perkotaan dengan udara yang panas. Orang tersebut pun rentan mengalami bibr kering dan pecah pecah.
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Kekurangan nutrisi menjadi penyebab mengapa bibir bisa menjadi pecah pecah.
  • Alergi. Alergi ini bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, merah dan bentol-bentol. Alergi ini pun bisa dipicu oleh kosmetik yang mengandung bahan kimia berbaaya atau bahan yang memicu alergi. ( Baca : Bahaya merkuri pada kosmetik )
  • Dehidrasi. Dehidrasi  merupakan penyebab umum mengapa bibir menjadi kering kemudian pecah pecah.( Baca : Bahaya dehidrasi )
  • Pola hidup tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum kopi dan mengkonsumsi alkohol adalah penyebab bibir menjadi pecah pecah. ( Baca : Kopi bagi penderita penyakit liverKopi untuk penderita anemiaKopi bagi penderita ginjal )
  • Pasta gigi. Pasta gigi yang didalamnya mengandung banyak detergen menjadi pemicu mengapa bibir menjadi kering dan pecah pecah. Kandungan detergent pasta gigi yang menempel di bibir bisa menyebabkan kelembaban bibir menjadi berkurang sehingga bibir menjadi pecah pecah. ( Baca : Bahaya menelan pasta gigiEfek samping menelan pasta gigi )

Itulah berbagai macam cara mengatasi bibir pecah pecah yang bisa anda lakukan di rumah. Sebelum anda melakukan cara mengatasi bibir pecah pecah tersebut sebaiknya anda menganalisa terlebih dahulu penyebab dari bibir pecah pecah yang anda alami sebab tiap orang memiliki penyebab bibir pecah pecah yang berbeda beda.

You may also like