9 Efek Samping Menelan Pasta Gigi Bagi Kesehatan

2406

Pasta gigi memang baik digunakan untuk merawat gigi kita, karena sangat bahaya gigi berlubang jika dibiarkan, apalagi gigi berlubang akan dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat sakit sekali, jika gigi sudah berlubang tentu anda memerlukan cara untuk mengobati sakit gigi berlubang salah satu caranya adalah dengan melakukan sikat gigi yang rutin, untuk sikat gigi tentu memerlukan pasta gigi, dan yang paling menjadi salah kaprah adalah ketika pasta gigi ini malah dianggap akan lebih membuat nafas segar bila menelannya, sehingga nafas segar dapat tersa dari dalam, sedangkan untuk pasta gigi sejatinya akan menjadi sangat berbahaya ketika ditelan. Berikut adalah bahaya menelan pasta gigi

Pasta gigi yang ditelan ketika setelah menggosok gigi akan mengakibatkan berbagai bahaya yang akan menyerang tubuh. Diantara bahaya dari menelan pasta gigi adalah sebagai berikut

  1. Badan menjadi kejang-kejang

Pada dasarnya pasta gigi adalah salah satu kelengkapan untuk membersihkan gigi agar gigi tidak berlubang, namun ternyata dengan menelan pasta gigi, tentu badan akan menjadi kejang-kejang. Meskipun rasa segar didapatkan ketika menelan sikat gigi tetapi bila ini dilakukan secara terus menerus maka akan membuat tubuh merespon dengan kejang-kejang. Hal ini terjadi karena tubuh menerima benda asing yang tidak baik untuk tubuh.

baca juga: kejang-kejang saat tidur

2. Diare

Selain menyebabkan kejang-kejang seperti yang dijelaskan di atas maka akan menyebabkan diare pula. Apapun yang anda makan dan itu menjadi asing bagi tubuh terutama pencernaan maka akan menyebabkan diare. Diare yang dialami ini disebabkan karena sifat pasta gigi yang tidak singkron dengan pencernaan. Meskipun demikian masih saja ada orang yang menelan pasta gigi dan tidak terjadi apa-apa baik itu diare ataupun kejang-kejang. Mungkin ini karena kekebalan tubuh yang dimiliki lebih kuat dari biasanya. Tentunya karena asupan yang baik pula yang membuat pencernaan lebih kebal dengan hal-hal yang asing.

baca juga : diarebahaya diare akut

3. Nafas menjadi sulit

Tak hanya mengganggu pencernaan, tetapi juga mengganggu kerongkongan yang digunakan untuk bernafas. Pasta gigi mengandung beberapa kandungan yang berbahaya yang tidak sepantasnya ada di dalam tubuh kita, apalagi sampai kandungan berbahaya itu masuk dan mengalir bersama di dalam darah. Bukan hanya sulit untuk bernafas bahkan hampir semua gangguan akan mengganggu tubuh dan juga metabolisme anda.

baca juga : sesak nafascara mencegah sesak nafas secara alami

4. Mulut merasa asin

Mulut akan terasa asin seperti ketika anda tidak sengaja memakan sabun, pasti mulut anda akan terasa asin. Meskipun ini tidak berbahaya, karena hanya membawa efek rasa pada mulut saja. Namun ketika terus-terusan bahkan dapat membuat efek-efek yang lebih buruk lagi.

5. Detak jantung yang melambat

Pasta gigi yang tertelan, baik tertelan langsung ataupun tertelan dengan wujud busa setelah sikatan tetap akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Bila di atas tadi sudah di jelaskan menelan pasta gigi akan membuat pernafasan akan terganggu. Dengan pernyataan itu sudah jelas pasti akan membuat detak jantung menjadi lambat. Detak jantung yang lambat akan mempengharuhi sistem tubuh  sehingga sistem yang berada di dalam tubuh akan menjadi lambat pula, dengan demikian ada baiknya anda menghindari menelan pasta gigi dari pada semua bahaya akan anda rasakan.

baca juga : ciri-ciri penderita jantung koroner

6. Gemetar dan mengalami shock

Selain itu, gematar dan rasa shock juga akan dirasakan pada anda yang kerap kali meminum atau menelan sisa pasta gigi yang anda gunakan untuk menyikat gigi. Gemetar dan shock ini terjadi akibat gerak jantung yang lambat sehingga kestabilan tubuh juga akan berkurang dan menjadi lambat pula.

7. Mual dan muntah

Tubuh yang gemetar dan shock akan dapat membuat perut menjadi mual sehingga akan merangsang pada pencernaan yang akan membuat anda selalu merasa ingin muntah dan gangguan perut lainnya. Perut yang mual dan rasa ingin muntah ini disebabkan karena daya tahan dan metabolisme pada tubuh mengalami penurunan fungsi sehingga menyebabkan  tubuh menjadi gemetar yang tentu merangsang perut dan sistem pencernaan yang membuatnya merasa tidak nyaman atau dalam kata lain membuat rasa mual dan ingin muntah.

baca juga: penyebab sering mual setelah makan

8. Merasa lemah dengan tiba-tiba

Sebenarnya kalau dibilang secara tiba-tibapun tidak demikian, tentu ada tanda-tanda sebelumnya, seperti tubuh yang gemetar sehingga membuat lemah, atau perut yang sakit sehingga menjadikannya lelah. Tapi memang bisa dibilang tiba-tiba, karena terkadang efek-efek signal kecil-kecil itu tidak terasa sehingga akan merasa lemah tiba-tiba.

  1. Kematian

Yang terakhir adalah kematian, meskipun relative jarang, tetapi ini mungkin saja terjadi kalau dilihat dari ke delapan point di atas dalam penjelasannya menunjukan bahwa bila menelan pasta gigi yang dilakukan secara terus menerus akan dapat menuju pada kematian.

Itulah sembilan bahaya yang harus kamu ketahui mengenai bahaya menelan pasta gigi, baik dalam keadaan utuh maupun keadaan sudah menjadi busa. Dengan demikian ada baiknya menghindari menelan pasta gigi sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada tubuh anda.